Mengenal Domain .org serta Fungsi dan Kelebihannya

By 18 August, 2022

Ekstensi domain .org adalah salah satu ekstensi domain yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Mari simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini!

Ekstensi domain .org adalah salah satu ekstensi domain yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Ketika hendak membuat sebuah website, Anda akan membutuhkan ekstensi domain ini untuk digunakan di bagian akhir alamat website tersebut. Biasanya, ekstensi domain yang dipilih adalah yang mencerminkan dalam bidang apa website tersebut bergerak.

Apabila belum mengetahui apa itu ekstensi domain .org, maka Anda sudah datang ke tempat yang tepat. Melalui artikel ini, Anda akan disuguhkan oleh bahasan lengkap mengenai ekstensi domain .org, mulai dari pengertian, fungsi, serta kelebihannya. 

Apa Itu Domain .org?

Domain .org adalah salah satu ekstensi domain yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1985. Saat itu, ada tujuh ekstensi domain yang pertama kali diluncurkan, antara lain: Setiap ekstensi domain di atas memiliki artinya sendiri. Ekstensi domain .org sendiri memiliki arti organization, atau organisasi di dalam bahasa Indonesia. Ekstensi domain .org ini memang ditujukan khusus untuk digunakan oleh website milik organisasi non-profit atau nirlaba, atau website yang tidak masuk ke dalam kategori ekstensi domain lainnya pada saat itu.

Ekstensi domain .org ini merupakan domain terbuka yang dapat digunakan oleh siapa saja, di mana saja. Jumlah nama domain terdaftar di .org telah meningkat, dari yang awalnya kurang dari satu juta pada tahun 1990-an, menjadi sekitar sepuluh juta pada tahun 2012, dan tetap berada di angka yang stabil antara sepuluh dan sebelas juta sejak saat itu.

Pada tahun 2019, pemilik dari ekstensi domain .org, yaitu Public Internet Registry, akan dijual ke Ethos Capital yang merupakan shell company. Walaupun begitu, pada April 2020, penjualan tersebut diblokir oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) atas dasar bahwa transfer kendali domain ke perusahaan ekuitas swasta akan menciptakan "ketidakpastian yang tidak dapat diterima" untuk organisasi nirlaba yang mengandalkan ekstensi domain ini.

Ekstensi domain .org sendiri merupakan salah satu gTLD, atau generic Top Level Domain. gTLD adalah salah satu kategori domain tingkat atas, atau Top Level Domain (TLD), yang dikelola oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA) untuk digunakan dalam Domain Name System (DNS) yang ada di internet. Jadi, dapat dikatakan bahwa ekstensi domain .org ini adalah salah satu yang terbaik dan paling banyak digunakan di seluruh belahan dunia.


Apa Fungsi Domain .org Untuk Website Anda?

Pada dasarnya, fungsi dari ekstensi domain .org ini sama seperti ekstensi domain lainnya, yaitu untuk menunjukkan identitas website. Namun, setiap ekstensi domain memiliki fungsi khususnya tersendiri pada awal mereka diciptakan.

Ekstensi domain .org difungsikan khusus untuk digunakan oleh organisasi non-profit atau nirlaba saja, seperti lembaga amal, NGO, dan lain sebagainya pada masa yang lampau. Oleh karena itu, biasanya semua website yang menggunakan ekstensi domain .org akan dianggap dimiliki oleh organisasi nirlaba, yang tidak mencari keuntungan.

Walaupun begitu, seiring berjalannya waktu, ekstensi domain .org sudah dapat digunakan oleh siapa saja, seperti untuk bisnis. Namun, bisnis apa pun yang menggunakan ekstensi .org di website mereka akan kesulitan untuk mengungkapkan dengan jelas identitas mereka karena orang-orang masih menganggap website yang berakhiran .org adalah website nirlaba.


Apa Kelebihan Domain .org?

Sebagai salah satu dari Top Level Domain (TLD), ekstensi domain .org ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan ekstensi domain lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan domain .org yang perlu Anda ketahui.


1. Memiliki Kredibilitas yang Tinggi

Ekstensi domain .org ini memang pada awalnya dibuat khusus untuk organisasi nirlaba, jadi sudah banyak orang yang menganggap bahwa website yang berakhiran .org sudah pasti kejelasannya, dan bukan website abal-abal. Jadi, jika memang Anda ingin membuat website untuk lembaga-lembaga nirlaba, maka ekstensi domain .org ini adalah pilihan yang paling cocok.

Walaupun begitu, bisnis juga dapat memanfaatkan ekstensi domain ini untuk digunakan pada website mereka karena ekstensi domain .org dapat memberikan kredibilitas yang tinggi terhadap website. Pastikan saja untuk menuliskan dengan jelas identitas dari bisnis Anda di halaman utama website tersebut agar orang-orang tidak salah kaprah.


2. Lebih Dapat Dipercaya

.org adalah ekstensi domain yang paling sering diasosiasikan dengan lembaga amal dan lembaga nirlaba lainnya oleh orang-orang. Jadi, sudah jelas sekali bahwa website yang memiliki akhiran .org akan dianggap mengandung informasi yang berharga dan tidak bias. Orang-orang akan lebih percaya dengan apa yang ada di dalam website berakhiran .org dibanding yang memiliki akhiran kurang populer, seperti .xyz, .blog, atau yang lainnya.


3. Lebih Banyak Opsi Nama Domain

Walaupun merupakan salah satu ekstensi domain yang paling banyak digunakan, tetapi website yang berakhiran .org tidak sebanyak yang berakhiran .com, yang merupakan ekstensi domain paling banyak digunakan. Artinya, Anda akan memiliki lebih banyak opsi untuk mendapatkan nama domain yang diinginkan atau berkreasi membuat nama domain.


4. Lebih Aman

Pada tanggal 2 Juni 2009, Public Internet Registry (PIR), pemilik ekstensi domain .org saat itu, mengumumkan bahwa .org adalah gTLD pertama yang menandatangani DNS zone dengan Domain Name System Security Extensions (DNSSEC). Hal ini dapat mengatasi kerentanan sistem keamanan yang ada di dalam Domain Name System (DSN).

Baca Juga: Cek Keamanan Website dengan Alat-Alat Berikut Ini

Domain .org adalah salah satu ekstensi domain yang paling banyak digunakan, baik itu oleh organisasi nirlaba maupun bisnis. Apabila tertarik untuk membuat website dengan ekstensi domain .org, Anda dapat menggunakan jasa Domain dari Cloudmatika. Harga untuk penggunaan ekstensi domain .org juga murah, hanya 120 ribu rupiah per tahun saja. Hubungi Cloudmatika sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Whatsapp Chat Chat Kami Disini