Kenali Domain .net serta Kelebihan dan Biaya Untuk Memperolehnya

By 26 July, 2022

Domain .net adalah salah satu ekstensi yang tidak kalah populer di dunia internet. Tertarik memiliki domain ini untuk website Anda? Simak lebih lanjut di sini.

Domain .net adalah salah satu jenis domain populer di Indonesia. Walaupun masih kalah pamor dibandingkan .com, .net masih sering digunakan oleh pemilik website di Indonesia. Domain ini memiliki kelebihan tersendiri yang belum tentu ditemukan pada jenis domain lainnya.

Apakah Anda tertarik menggunakan domain .net untuk membuat website? Kenali lebih lanjut mengenai domain .net selengkapnya dalam pembahasan berikut ini.
 

Apa itu Domain .net?

Domain .net adalah nama domain untuk website yang dimiliki oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang teknologi jaringan. Istilah .net sendiri merupakan kependekan dari kata network, artinya jaringan.

Domain .net diciptakan pada 1985 bersamaan dengan ekstensi domain lainnya, yaitu .com, .gov, .mil, .org, dan .edu. Umumnya, website berdomain .net dirancang berupa situs ‘payung’. Alasannya, website ini dimanfaatkan untuk ‘memayungi’ beberapa website kecil yang ada dalam naungannya.

Saat ini, banyak perusahaan di luar industri teknologi jaringan mulai memanfaatkan .net untuk domain website-nya. Beberapa blogger juga memilih domain ini untuk meresmikan blog pribadi mereka menjadi sebuah website.

Ekstensi domain .net masuk dalam kategori generic top-level domain (gTLD). Kategori tersebut menandakan bahwa domain .net dapat digunakan secara bebas oleh seluruh pengguna internet, baik secara perorangan maupun organisasi atau perusahaan. Tidak ada syarat khusus dalam menggunakan domain .net untuk sebuah website.

Karena itu, penggunaan domain berekstensi .net tidak lagi identik dengan website yang berada dalam industri teknologi jaringan. Hampir semua website berdomain .net juga berasal dari perusahaan dengan industri yang berbeda, bahkan ada pengguna individu yang menggunakannya untuk blog mereka sendiri.
 

Apa saja Kelebihan Domain .net?

Tidak ada salahnya memilih domain dengan ekstensi .net untuk bisnis Anda. Cobalah melirik enam kelebihan di bawah ini sebelum Anda memutuskan untuk berlangganan domain .net.
 

1. Pemilihan Alamat Website Lebih Fleksibel

Domain .net masih kalah populer digunakan di kalangan bisnis daripada .com sehingga Anda bisa lebih fleksibel dalam menentukan alamat website. Masih banyak pilihan nama domain yang tersedia dan Anda dapat memilih alamat website sesuai keinginan tanpa khawatir apabila terjadi kesamaan dengan bisnis lainnya.
 

2. Mudah Didapatkan

Tidak ada syarat khusus dalam berlangganan domain .net untuk website Anda. Malahan, Anda dapat mendaftar banyak domain sesuai kebutuhan dalam waktu yang bersamaan. Individu pemilik blog pribadi pun bisa merasakan kelebihan ini karena mereka tidak harus mengeluarkan segudang persyaratan untuk mendaftarkan domainnya.
 

3. Masih Dianggap Kredibel

Ekstensi .net justru masih dianggap kredibel karena masuk ke dalam golongan Top Level Domain (TLD). Kualitas dan orisinalitas website Anda akan terbukti dengan adanya domain ini. Kepercayaan pengguna terhadap website Anda pun meningkat sehingga bisa mendatangkan traffic dalam jumlah yang memadai.
 

4. Dapat Diandalkan

Tingkat keandalan domain .net bisa mencapai 100%. Artinya, domain ini dapat dioperasikan dengan mudah untuk mengelola website Anda. Kemudahan ini tentunya akan membuat pengelolaan website Anda berjalan lebih lancar serta meminimalisir terjadinya hambatan.
 

5. Mudah Dikenali

Alamat website berakhiran .net lebih mudah diingat di benak pengguna internet. Pengguna domain berekstensi .net yang belum terlalu banyak pun memberikan kesan bahwa domain ini terdengar unik di telinga mereka. Alhasil, website Anda akan memiliki branding yang kuat sehingga mudah dikenali oleh masyarakat banyak.
 

6. Salah Satu Domain SEO-Friendly

Tidak hanya domain .com, Mesin pencarian atau search engine juga memasukkan website berdomain .net di ranking pertama halaman hasil pencarian (search engine result page - SERP). Alhasil, website Anda akan berpeluang mendapatkan lebih banyak pengunjung melalui kata kunci yang diketikkan dalam kolom pencarian search engine.
 

Berapa Harga Domain .net Setahun?

Makin tertarik berlangganan domain .net untuk website setelah membaca kelebihan di atas? Anda bisa menggunakan layanan pembelian domain dari Cloudmatika dengan harga yang murah untuk penggunaan website secara individu atau keperluan perusahaan.

Biaya berlangganan domain .net di Cloudmatika tidak mahal. Anda cukup membayar biaya berlangganan sebesar Rp125.000 per tahunnya ditambah PPN 11%. Jadi, total yang Anda bayar hanyalah Rp138.750. Cukup murah bukan? Anda bahkan bisa melakukan registrasi multi-year sehingga tidak perlu takut kelupaan untuk berlangganan kembali pada tahun berikutnya.

Anda juga akan mendapatkan beberapa fitur menarik, seperti subdomain tidak terbatas dan control panel yang mudah dioperasikan. Jangan khawatir apabila mengalami kesulitan karena Cloudmatika menyediakan layanan Customer Support (CS) gratis yang bisa diakses 24/7.

Domain .net adalah pilihan ekstensi web yang tepat untuk website Anda. Hubungi tim Cloudmatika segera dan bangun website Anda dengan layanan domain dari kami.