Mengenal Apa itu Domain .com serta Kelebihannya dari Domain Lain

By 26 July, 2022

Website unggulan di seluruh dunia sudah pasti menggunakan domain .com sebagai ekstensinya. Namun, pahamkah Anda dengan apa itu .com? Temukan jawabannya di sini.

Website berdomain .com cenderung merupakan situs populer dan hampir diakses oleh pengguna internet setiap harinya. Contohnya, media sosial yang sering diakhiri dengan .com sehingga mudah diketik acapkali pengguna ingin mengaksesnya. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya tentang apa itu .com yang sering disematkan di akhir web address?

Kendati sudah populer digunakan, peluang penggunaan domain .com di website bisnis atau organisasi Anda masih sangat besar. Belum lagi, kelebihan yang ditawarkan oleh .com membuat website Anda makin kredibel di mata pengunjung. 

Tertarik untuk menggunakan domain ini? Baca pembahasan di bawah ini selengkapnya untuk mengetahui kelebihan domain .com dibandingkan jenis domain lainnya.
 

Apa Itu .com?

Domain .com adalah ekstensi website yang menandakan bahwa perusahaan pengelolanya beroperasi di bidang komersial. Istilah .com sendiri merujuk pada kata commercial. .com termasuk dalam Top Level Domain (TLD) dan merupakan ekstensi paling populer dalam Domain Name System (DNS) di internet.

Baca Juga: Pengertian DNS, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya Pada Website Anda

Kepopuleran domain ini sudah tidak diragukan lagi. Data dari Alexa mengatakan bahwa 8 dari 10 website populer di seluruh dunia menggunakan domain .com sebagai akhirannya. Tidak heran banyak pengguna internet yang awam dan berpikir bahwa semua website kredibel harus menggunakan domain .com sebagai akhirannya.

Domain .com diciptakan pada 1985 dan termasuk dalam golongan domain pertama di dunia. Usia domain ini bahkan lebih tua daripada World Wide Web (WWW) yang muncul empat tahun kemudian. Selain .com, ada lima ekstensi domain lain yang tersedia di dunia internet, yaitu .net, .org, .edu, .gov, dan .mil.

Saat ini, website dengan ekstensi .com tidak melulu bergerak di bidang komersial. Hampir semua bidang website yang tidak melibatkan kegiatan perdagangan juga menggunakan domain ini. Alhasil, penggunaan domain .com saat ini terbilang luas dan fleksibel lantaran siapa pun bisa menggunakannya.
 

Apa Saja Kelebihan Domain .com?

Bukan tanpa alasan domain .com sangat populer di kalangan pengguna internet. Kelebihan yang dimilikinya membuat domain ini lebih unggul daripada seluruh jenis domain di dunia. Berikut ini adalah kelebihan domain .com yang perlu diperhatikan sebagai bahan pertimbangan Anda.
 

1. Sifatnya Global

Selain .com, Anda pasti sering mendengar alamat website .co.id saat browsing di internet. Dibandingkan .co.id, domain .com lebih unggul karena sifatnya lebih global. Domain ini malahan masuk dalam golongan domain yang dikelola secara internasional. Pengguna internet dari seluruh dunia saling terhubung secara virtual hanya dengan website berakhiran .com.
 

2. Mudah Diingat

Rata-rata pengguna internet yang awam lebih mudah menghafal alamat website berakhiran .com. Tidak heran mereka mengetik URL di address bar dengan domain tersebut, padahal website tersebut belum tentu berakhiran .com. Kelebihan ini bisa dimanfaatkan ketika hendak membangun website perusahaan sehingga pengguna internet lebih mudah menghafal alamat situs web Anda.
 

3. SEO-Friendly

Peluang website berakhiran .com untuk mendarat di halaman pertama hasil pencarian (Search Engine Result Page - SERP) lebih besar. Belum lagi sifat domain .com yang lebih global sehingga website Anda bisa muncul di mesin pencari dalam cakupan internasional. Peluang ini sangat menguntungkan apabila Anda berencana untuk melakukan ekspansi bisnis ke pasar internasional.
 

4. Mudah Didaftarkan

Tidak ada persyaratan khusus ketika Anda ingin mendaftarkan alamat website dengan ekstensi .com. Tantangannya hanyalah terletak pada pemilihan nama domain yang lebih unik tetapi mampu menggambarkan identitas bisnis atau organisasi Anda. Terlepas dari tantangan tersebut, prosedur pendaftaran domain .com juga bisa dilakukan dalam dua langkah, yaitu pilih nama domain dan lakukan pembayaran saat itu pula.

Baca Juga: Perbedaan Domain .com dan .co.id Untuk Website Anda
 

5. Identik dengan Website Bisnis

Website bisnis Anda akan dicap lebih resmi karena menggunakan domain .com. Domain ini tetap identik digunakan untuk keperluan komersial meskipun sudah sering diterapkan untuk bidang website lainnya. Tidak hanya itu, website Anda akan dipandang kredibel oleh pengguna internet. Mereka pun akan lebih percaya ketika ingin berkunjung atau bertransaksi di website Anda.
 

6. Fleksibel

Siapa bilang hanya website perusahaan yang bisa menggunakan domain .com? Blogger pribadi, komunitas, atau organisasi nirlaba pun dapat menggunakan domain ini untuk menambah kredibilitas website-nya. Itulah alasan domain ini sangat fleksibel sehingga penggunaannya tidak terbatas untuk keperluan komersial saja.
 

Berapa Harga Domain .com Per Tahun?

Satu lagi kelebihan domain .com yang jarang diketahui adalah biaya berlangganan yang sangat murah per tahunnya. Tidak heran domain ini sangat populer bahkan bisa dimiliki oleh wiraswasta yang baru terjun ke dunia bisnis.

Di Cloudmatika sendiri, biaya berlangganan domain .com per tahunnya hanya Rp120.000 dengan tambahan PPN sebesar 11%. Anda cukup membayar total sebesar Rp133.200 dan website Anda sudah memiliki domain .com di belakangnya. 

Registrasi domain .com di Cloudmatika dapat dilakukan secara multi-year. Artinya, Anda dapat mendaftarkan domain untuk beberapa tahun hanya dalam sekali registrasi. Fitur ini membuat Anda tidak perlu khawatir apabila kelupaan ketika membayar biaya langganan per tahunnya. Selain itu, tidak ada yang bisa mengambil domain Anda untuk waktu yang lama akibat ekstensi .com ini sempat mati.

Soal keamanannya sudah tidak diragukan lagi. Cloudmatika menyediakan layanan WHOIS Domain Privacy Protection sehingga informasi pribadi Anda tetap dilindungi. Belum lagi, control panel dan setup-nya sangat mudah sehingga Anda tidak akan kesulitan saat mengelola domain ini.

Apakah Anda tertarik menggunakan jasa pembelian domain di Cloudmatika setelah membaca apa itu domain dan kelebihannya di atas? Hubungi kami segera dan mulailah membangun website bisnis Anda bersama Cloudmatika.