Apa itu Domain?

By 09 May, 2017

Domain atau Nama Domain adalah sebuah nama yang diberikan untuk mengidentifikasikan sebuah server pada internet. Dengan adanya domain, pengguna di internet akan semakin lebih mudah dalam menjelajah ke server-server baik milik perorangan maupun institusi pemerintahan. Sehingga kita tidak lagi mengingat deretan angka-angka yang biasa disebut ip untuk mengakses sebuah server. Karena pada umumnya, manusia cenderung susah mengingat angka dibandingkan nama.

Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah Url atau alamat website. Contoh dalam kasus ini, Cloudmatika memiliki sebuah domain dengan nama domain cloudmatika.co.id

 

Di dalam domain, kita mengenal istilah kata TLD (Top Level Domain). TLD itu sendiri memiliki 2 bagian, yakni gTLD (Generic Top Level Domain) dan ccTLD (Country Code Top Level Domain).
Generic Top Level Domain (gTLD) merupakan domain name yang berakhiran dengan .com .net .org .edu .mil atau .gov. Jenis domain ini sering juga disebut Top Level Domain, yaitu domain itu langsung dibawah root (titik dibelakang nama domain). Dan tidak menunjukkan domain berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.

Country Code Top Level Domain (ccTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang didasarkan pada kode negara seperti .id, .us, .ca, .ru, dan masih banyak lainnya.

 

Untuk anda yang ingin membeli nama domain dari Cloudmatika, anda bisa order langsung disini.