Mengenal Apa itu Domain .co.id dan Keunggulannya Untuk Website Anda

By 26 July, 2022

Website berbasis Indonesia biasanya diakhiri dengan ekstensi .co.id Kenali lebih dalam apa itu .co.id dan kelebihannya dalam artikel Cloudmatika ini.

Anda pasti sering menemukan ekstensi .co.id pada bagian belakang alamat URL ketika mengunjungi website berbasis Indonesia, . Namun, pernahkah Anda menggali lebih dalam tentang apa itu .co.id? Apakah domain ini sama dengan domain .com yang lebih populer digunakan oleh berbagai situs di seluruh belahan dunia.

Pengetahuan mengenai domain .co.id sangat penting untuk diketahui oleh wiraswasta Indonesia. Belum lagi, website merupakan salah satu strategi digital marketing populer untuk menjaring calon pelanggan. Karena itu, baca artikel ini selengkapnya sebelum Anda membuat website dengan ekstensi .co.id.
 

Apa Itu .co.id?

Pada dasarnya, domain .co.id terdiri dari dua bagian, yaitu co artinya company alias perusahaan dan id yang bermakna Indonesia. Sesuai pengertian tersebut, penggunaan ini hanya terbatas pada perusahaan yang berlokasi atau menjalankan kegiatan operasional bisnisnya di Indonesia.

Tidak seperti domain .com atau .net, penggunaan domain ini tidak fleksibel. Artinya, tidak semua pengguna internet bisa mengklaim domain dengan ekstensi .co.id. Alasannya, Anda harus melampirkan sejumlah berkas kepemilikan usaha saat mendaftarkan domain ini.

Sejarah munculnya domain .co.id bisa ditarik pada awal mula kelahiran domain .com di seluruh dunia. Domain .com lahir pada 1985 bersamaan dengan lima domain lainnya, yaitu .edu, .net, .gov, .mil, dan .org. Dalam perkembangannya, jumlah domain di dunia internet berkembang menjadi kurang lebih 265 domain, salah satunya .id.

Implementasi domain .co.id pada website bisnis juga memiliki tujuan tertentu. Pertama, domain ini berguna untuk menjadi pembeda dari situs yang mirip di seluruh dunia. Alasan lainnya adalah domain .co.id akan lebih mudah dicari oleh pengguna internet yang berada di Indonesia karena lebih spesifik daripada .com.

Baca Juga: Mengenal TLD serta Fungsi dan Cara Memilihnya
 

Apa Kelebihan Domain .co.id?

Terlepas dari persyaratan khusus saat mendaftar domain, ekstensi .co.id memiliki banyak keunggulan bagi perkembangan bisnis Anda. Simak beberapa keunggulan domain .co.id yang jarang diketahui banyak warganet di bawah ini.
 

1. Lebih Dipercaya Pengguna Internet

Bisnis Anda akan dianggap lebih kredibel oleh warganet apabila menggunakan ekstensi ini. Ketika hendak membuat domain .co.id, Anda harus melampirkan identitas resmi berupa KTP dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Kredibilitas ini tentunya diikuti dengan tanggung jawab perusahaan sebagai pemilik website. Mereka tidak boleh sembarangan dalam mengunggah konten di website, contohnya berita hoax, penipuan, atau kriminalitas. Unggahan negatif tidak hanya mencemarkan bisnis Anda, tetapi bisa berlanjut pada jalur hukum.

Baca Juga: 3 Syarat Domain Co Id serta Biayanya
 

2. Lebih Berpeluang Mencetak Rangking Tertinggi di SERP

Website mana yang saat ini tidak mengincar ranking teratas di Search Engine Result Page (SERP)? Untuk mencapai target tersebut, Anda harus menggunakan ekstensi .co.id pada akhir alamat website. Lagi pula, domain .co.id lebih unggul daripada .com jika Anda ingin menargetkan warganet Indonesia saja.

.co.id termasuk dalam kelompok Country Code Top Level Domain (ccTLD). Mesin pencarian lebih mengutamakan website dengan domain tersebut karena lebih relevan untuk pengguna internet di Indonesia.
 

3. Lebih Cepat Diakses

Website Anda akan lebih mudah diakses apabila menggunakan .co.id sebagai ekstensi domainnya. Domain Name Server (DNS) yang menaungi .co.id ini berasal dari Indonesia, jadi jalur aksesnya lebih cepat dari server-nya langsung.

Kelebihan ini sangatlah berdampak pada performa SEO website Anda. Salah satu indikator website SEO-friendly adalah kecepatan website demi memberikan kenyamanan pada pengguna internet. Karena itu, tidak ada salahnya Anda berinvestasi untuk domain ini per tahunnya.
 

4. Lebih Banyak Pilihan Nama Domain

Ekstensi .com sudah banyak digunakan oleh warganet di seluruh dunia sehingga pemilihan namanya lebih terbatas. Solusinya, Anda harus menggunakan ekstensi .co.id lantaran masih banyak pilihan nama domainnya. 

Anda pun bisa mengajukan domain yang unik hanya dengan ekstensi .co.id. Selain itu, Anda dapat menggunakan beberapa kata kunci (keyword) dalam alamat website sehingga berpotensi meningkatkan ranking SEO website.
 

5. Lebih Aman saat Digunakan

Setiap alamat website berekstensi .co.id terdaftar secara resmi oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Legalitas tersebut tentunya menjamin keamanan website Anda saat digunakan.

Baca Juga: Cek Keamanan Website dengan Alat-Alat Berikut Ini

PANDI juga memberikan tindakan tegas berupa pemblokiran bagi website yang melanggar hukum. Tindakan ini dapat meminimalisir peredaran website ilegal yang cukup meresahkan warganet Indonesia.
 

Apa Perbedaan Domain .com dan .co.id?

Anda pasti sering bingung dengan perbedaan .com yang sama populernya di dunia internet Indonesia. Faktanya, ada perbedaan besar antara dua domain tersebut meski sama-sama dianggap kredibel untuk website bisnis.

Ekstensi .com dan lebih fleksibel saat pendaftarannya. Tidak jarang Anda akan menemukan blog pribadi atau organisasi nirlaba menggunakan ekstensi ini untuk website mereka. Tidak hanya itu, domain ini juga lebih global sehingga bisa dimiliki oleh warganet tanpa memandang batas negara.

Sedangkan penggunaan ekstensi .co.id terbatas pada perusahaan Indonesia saja. Ketika mendaftarkan domain, Anda harus melampirkan dokumen resmi sebagai tanda kepemilikan suatu usaha.

Setelah mengenal apa itu .co.id, apakah Anda tertarik untuk mengimplementasikan ekstensi ini dalam website? Jika Anda bingung mencari tempat registrasinya, jangan khawatir. Gunakan saja jasa pembelian domain di Cloudmatika sehingga proses pendaftaran domain Anda berjalan mudah dan lancar. Hubungi kami segera dan nikmati berbagai fitur yang mempermudah pengelolaan domain Anda.