Metode Backup yang Tepat untuk Menjaga Keamanan Data dalam Lingkungan Masyarakat Digital

By 01 March, 2022

Pemilihan metode backup yang tepat dapat meningkatkan keamanan data Anda dari resiko kehilangan data hingga serangan dunia maya. Oleh karena itu, seiring dengan masyarakat digital di Indonesia penerapan metode yang tepat sangat penting bagi individu, terutama bagi para pelaku bisnis.

Backup data saat ini menjadi sebuah kebutuhan strategis jika dibandingkan dengan era pertama saat komputer mulai digunakan. Bahkan setiap orang maupun perusahaan memiliki cara backup yang berbeda-beda untuk mengamankan data mereka. 

Namun, yang perlu dipertimbangkan adalah apakah metode backup mereka saat ini benar-benar aman?

Pertimbangan ini menjadi sangat penting karena perkembangan masyarakat digital terus meningkat dari hari ke hari dan harus diimbangi dengan metode backup yang terbaru.

Pada artikel kali ini, kita akan melihat beberapa alasan mengapa dan bagaimana setiap perusahaan harus mengatur ulang strategi backup mereka.
 

Meningkatnya resiko kehilangan data dalam lingkungan masyarakat digital

Menurut survei global Maret 2019 oleh Acronis, 65% konsumen dan 29% pelaku bisnis mengalami kehilangan data yang menyebabkan aktivitas utama mereka terhenti. Penting untuk dicatat bahwa 93% dari konsumen dan 97% dari para pelaku bisnis ini mencadangkan data mereka setidaknya setahun sekali.

Hasil survei menunjukkan bahwa melakukan backup saja tidak cukup untuk menghindari masalah yang dapat menyebabkan downtime. Pertanyaannya sekarang bukan apakah Anda melakukan backup atau tidak, tetapi metode pencadangan apa yang terbaik bagi perusahaan Anda.
 

Meningkatnya volume & kesadaran untuk melindungi data

Ada beberapa alasan mengapa risiko kehilangan data semakin meningkat, bahkan setelah melakukan backup sekalipun. Pertama, jumlah data yang dimiliki perusahaan meningkat drastis setiap tahunnya.

Menurut studi global yang dilakukan oleh Dell Technologies pada bulan Maret 2020 menyatakan bahwa jumlah rata-rata data yang dikelola oleh perusahaan melonjak dari 1,45 PB (Petabyte = 1.000 Terabyte) pada tahun 2016 menjadi 9,70 PB pada tahun 2018. Selanjutnya, pada tahun 2019, meningkat sebesar 40% menjadi 13,53 PB.

Selain itu, 81% perusahaan yang disurvei menjawab bahwa solusi perlindungan data mereka saat ini tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan data di masa mendatang. Mereka juga melaporkan bahwa mereka merasa risiko serangan dunia maya semakin lama semakin meningkat seiring dengan bertambahnya volume data mereka. 

Bahkan, rata-rata kerugian akibat kehilangan data juga meningkat dari USD 995.613 (sekitar JPY 115 juta) pada tahun 2018 menjadi USD 1.013.075 (sekitar JPY 117,6 juta) pada tahun 2019. Dari hasil tersebut, terlihat jelas bahwa setiap perusahaan sedang berjuang keras untuk mengatasi kerugian tersebut.

metode backup yang tepat

Bagaimana cara menjaga keamanan data Anda

Sangat tidak mungkin jika ada orang yang sempat berpikir “Kami memiliki begitu banyak data, jadi kehilangan sedikit data bukanlah hal yang buruk.” Dalam masyarakat digital kita, pentingnya data bagi pelaku bisnis tidak dapat dilebih-lebihkan dan tidak bisa juga diremehkan.

Di bawah ini adalah tiga cara paling umum untuk menjaga keamanan data Anda yang terus bertambah.

Local Backup

Mencadangkan data Anda ke perangkat yang Anda miliki, seperti hard disk, flashdisk, atau hard drive eksternal. Local backup adalah metode paling sederhana dan memiliki keuntungan untuk memastikan pengambilan data yang cepat.

Cloud Backup

Seperti kata pepatah, "Jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang." Cloud Backup menyimpan data Anda di lokasi terpisah dari lingkungan lokal Anda. 

Cara ini dapat melindungi file asli dan local backup Anda dari resiko kehancuran akibat bencana alam atau terkena serangan dunia maya yang melanda seluruh jaringan. 

Keuntungan lain dari backup cloud adalah pengguna dapat mengakses file dan data dari mana saja tentunya. Fleksibiltas ini yang bisa membuat bisnis Anda semakin mudah untuk berkembang.

Malware: Tindakan Pencegahannya

Saat mempertimbangkan metode pencadangan yang tepat, sangat penting untuk memahami cara melindungi data Anda dari serangan dunia maya seperti malware. Ini sangat penting karena ransomware, sejenis malware yang menginfeksi server dan sistem, dan kemudian mengenkripsi data, membuatnya tidak dapat digunakan, juga dapat dengan mudah menyebar ke data cadangan.

Artinya, tidak peduli berapa banyak cadangan yang telah Anda buat, jika dapat diakses dari komputer atau sistem yang telah terinfeksi ransomware, ada kemungkinan besar bahwa cadangan tersebut juga akan terinfeksi dan dienkripsi, sehingga pemulihan tidak mungkin dilakukan.

Inilah sebabnya, bahkan jika Anda memilih pencadangan cloud, Anda memerlukan solusi pencadangan yang aman dengan perlindungan ransomware.

metode backup yang tepat

Apakah perusahaan Anda menggunakan cloud?

Menurut data dari Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang, 87,1% perusahaan yang merespons merasa bahwa menggunakan layanan cloud sangatlah efektif (“sangat efektif” pada 32,5%; “agak efektif pada 54,6%). 

Selain itu, 36,5% perusahaan menjawab bahwa layanan yang mereka gunakan adalah "backup data" yang meningkat dari 31,4% pada tahun 2019, menunjukkan bahwa jumlah perusahaan yang memilih solusi backup cloud untuk mempersiapkan potensi kehilangan data mereka terus meningkat.
 

Manfaat menggunakan cloud

Berdasarkan asumsi di atas, manfaat penggunaan cloud dapat diringkas dalam tiga poin berikut:

1. Data disimpan di lokasi yang jauh sehingga mengurangi risiko kehilangan.
2. Data dapat diakses dari mana saja melalui internet sehingga kurang berbasis lokasi.
3. Pencadangan dilakukan secara otomatis dan tidak merepotkan.

 

Cloudmatika Cloud Backup

Cloudmatika Cloud Backup, adalah pilihan yang tepat bagi banyak perusahaan kecil dan menengah untuk memenuhi kebutuhan cloud backup mereka karena memiliki kinerja yang tinggi dan kemudahan dalam instalasinya.
 

Menggunakan cloud: Mudah & Aman

Cloudmatika Cloud Backup didasarkan pada metode pencadangan gambar. Pada proses pencadangan file biasa, Anda perlu menginstal OS pada perangkat baru tersebut dan menginstal ulang aplikasi yang diperlukan supaya bisa memulihkan data dan file Anda.

Metode pencadangan gambar dapat secara signifikan mempersingkat proses backup dan mempercepat aktivitas online Anda kembali normal dengan cepat jika terjadi kehilangan data.

Selain itu, kami juga memperkenalkan "Active Protection" sebagai sebuah teknologi berbasis AI yang melindungi data Anda dari ransomware dan serangan dunia maya lainnya dengan cara mendeteksi adanya potensi serangan sebelum serangan itu benar-benar terjadi.

Hanya dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp. 150.000 per bulan (kontrak 3 tahun), Anda bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 200 GB untuk satu PC dan tiga perangkat seluler. Hal ini menjadikannya opsi pencadangan kami sangat terjangkau dan fleksibel untuk perusahaan Anda.

Kami juga tertarik untuk menawarkan Anda uji coba GRATIS selama 14 hari agar Anda bisa mengetahui bagaimana Cloudmatika Cloud Backup dapat membantu menjaga data Anda tetap aman dan terlindungi. Jangan ragu untuk menghubungi customer support kami untuk mengetahui info lebih lanjut.