Pahami Apa Itu Backup Data serta Manfaatnya Bagi Perusahaan Anda

By 20 July, 2022

Backup data menjadi salah satu langkah pencegahan apabila terjadi hilang atau rusaknya data. Pelajari lebih lanjut apa itu backup data pada artikel ini.

Meskipun kata backup data sering digunakan, sebagian pengguna komputer masih belum mengetahui betul apa itu backup data. Backup data dilakukan sebagai salah satu tindakan pencegahan saat Anda dihadapkan dengan situasi kehilangan atau kerusakan dokumen. Karena seberapa canggih sebuah perangkat, tidak dapat menutup kemungkinan situasi tersebut akan terjadi.

Mengingat data merupakan muatan penting dalam perangkat, maka dibutuhkan backup untuk menjaga seluruh data tetap aman saat terjadi kerusakkan, kehilangan, kebocoran, bahkan faktor eksternal seperti bencana alam. Selanjutnya, ketahui apa itu backup data pada penjelasan di bawah. 

Apa Itu Backup Data?

Backup data adalah proses membuat salinan dan duplikasi data dari sebuah perangkat ke alat penyimpanan data lain. Hal ini dilakukan sebagai cara pencegahan adanya kehilangan data yang dapat disebabkan oleh kerusakan internal perangkat, virus atau jenis malware berbahaya lainnya, bahkan kerusakan perangkat yang disebabkan oleh bencana alam.

Proses backup data harus dilakukan sebelum data hilang atau rusak. Apabila kerusakan dan data hilang terjadi, seluruh data yang telah dilakukan backup sebelumnya dapat kembali sesuai dengan pengaturan awal. Oleh karena itu, proses backup data merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan secara berkala. 


Apa Manfaat Melakukan Backup Data?

Dengan tujuan melindungi seluruh data dengan membuat salinan pada sebuah alat penyimpanan, backup data memiliki banyak manfaat. Berikut merupakan manfaat dari kegiatan ini:


1. Kemudahaan Akses Ulang Data

Melakukan backup secara rutin membantu menyimpan kembali seluruh salinan sesuai dengan data asli. Saat hilang atau rusak, hasil backup data dapat mengembalikan seluruh akses yang diperlukan. Dengan demikian, Anda dimudahkan untuk tetap mengakses data atau dokumen yang hilang sebelumnya. 

Pada beberapa perangkat, proses install sebuah software dapat menghilangkan seluruh data pada perangkat. Berkaitan dengan proses tersebut, backup dibutuhkan untuk menjaga seluruh data tetap aman dan tersedia.


2. Meminimalisir Masalah 

Seringkali pengguna melakukan kesalahan yang menyebabkan perangkat kembali pada setelan awal dan seluruh data menghilang atau kesalahan fatal lainnya. Sebagai bentuk penyelamatan atas kesalahan yang dilakukan, backup data dapat menjadi jalan keluar atas kesalahan tersebut.


3. Jalan Keluar Atas Serangan Malware

Dalam penggunaan sebuah perangkat yang berdampingan dengan Internet, malware menjadi salah satu musuh terbesar. Malware dapat menyebabkan kerusakan pada sistem, jaringan, dan data yang berada pada perangkat. Terlebih malware juga mampu menghilangkan seluruh dokumen pada perangkat.

Baca Juga: Pengertian Disaster Recovery serta Langkah, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan Anda

Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan backup data untuk mengamankan seluruh data dari virus pada alat penyimpanan data lain baik berupa fisik atau online. Data dapat dikembalikan pada perangkat dan dapat diakses dengan format yang sama.


4. Memberikan Tambahan Ruang Penyimpanan Pada Perangkat

Backup data dapat menjadi solusi ketika ruang penyimpanan pada perangkat hampir atau bahkan telah terisi penuh. Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan perangkat dengan menghapus beberapa data lama namun masih menyimpan data yang lama. Ketika dibutuhkan, data tersebut tetap dapat diakses karena telah dilakukan backup data sebelumnya pada alat penyimpanan lain.


5. Menyelamatkan Data Saat Terjadi Kerusakan Pada Sistem Operasi

Pengoperasian perangkat terutama komputer mungkin saja terjadi kerusakan sistem yang menyebabkan gagal dalam memproses berbagai program. Dengan backup data, kecemasan terkait hilangnya data akibat kegagalan sistem dapat dihindari. Sebab data yang telah dibackup dapat dipulihkan kembali. 


Bagaimana Cara Melakukan Backup Data?

Setelah mengetahui manfaat dari backup data pada perangkat, selanjutnya Anda dapat mencoba untuk melakukan backup dengan cara berikut agar data tetap aman dan dapat dipulihkan:


1. Backup Data Menggunakan Hard Disk

Pada perangkat komputer, Anda dapat melakukan backup dengan memindahkan seluruh data pada alat penyimpanan eksternal yaitu hard disk. Dibandingkan flashdisk, hard disk memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar yang dapat memuat banyak data. Sehingga sangat disarankan untuk melakukan backup dengan menggunakan hard disk dibandingkan dengan flashdisk.

Penggunaan hard disk untuk backup data dapat dilakukan dengan mudah, cukup menyalin data pada hard disk melalui komputer atau perangkat. Namun dengan bentuk yang sedikit besar, hard disk akan cukup merepotkan untuk dibawa.


2. Backup Data Menggunakan USB OTG

USB OTG adalah alat yang dapat digunakan untuk membaca data tanpa menggunakan komputer atau laptop. Alat ini dapat digunakan untuk menjadi penghubung antara ponsel dengan flashdisk atau hard disk. USB OTG hanya dapat digunakan untuk melakukan backup data pada ponsel. Cara ini memudahkan pengguna ponsel untuk melakukan backup tanpa mengirimkan seluruh data ke perangkat komputer. 


3. Backup Data Menggunakan Cloud

Metode backup data dengan menggunakan cloud kini tengah banyak digunakan. Pasalnya, pengguna tidak membutuhkan alat lain yang harus disambungkan pada perangkat. Cloud membolehkan pengguna untuk melakukan backup data melalui Internet serta dapat diakses kapan pun selama tersedia jaringan Internet.

Tersedia beberapa layanan cloud yang bisa diakses secara gratis, namun dengan keterbatasan ruang penyimpanan. Dengan begitu, hanya data tertentu saja yang dapat dimasukkan. 

Tetapi tidak perlu khawatir, Anda juga dapat berlangganan pada penyedia layanan cloud untuk mendapatkan kapasitas ruang penyimpanan yang lebih besar. Kemajuan teknologi saat ini menciptakan teknologi acronis yang digunakan pada cyber protection dengan berbagai macam fungsi hanya dalam 1 panel. 

Acronis membantu Anda untuk melindungi perangkat sebanyak apapun dari bahaya malware, mengelola berbagai backup data secara time-effective karena dapat dilakukan hanya oleh 1 orang, serta memudahkan pengguna melakukan backup karena terdapat backup scheduling untuk menjadwalkan backup sesuai kebutuhan Anda.

Penjelasan mengenai apa itu backup data serta manfaat yang ditawarkan menjadi bagian penting dalam penggunaan perangkat. Backup data secara berkala untuk melindungi seluruh data yang dimiliki. Cloud dapat menjadi pilihan praktis media backup data Anda.

Cloudmatika menyediakan layanan Cyber Protection yang sudah dilengkapi backup menggunakan acronis dengan harga yang terjangkau. Hubungi Cloudmatika sekarang juga untuk mulai berkonsultasi dan menemukan berbagai solusi backup data tepercaya!