Cara Cara Mengamankan Akun Email Dari Hacker Dengan Efektif

By 21 July, 2022

Bagaimana cara mengamankan akun email dari hacker yang efektif agar terhindar dari kerugian yang besar? Silakan baca artikel ini untuk temukan jawabannya!

Hacker sering meretas akun email seseorang karena memiliki banyak informasi penting yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti belanja online, mengakses uang digital, kartu kredit dan lain-lain. Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar jika hal itu terjadi. Maka dari itu, mengetahui cara mengamankan akun email dari hacker adalah hal yang penting.

Bagaimana cara mengamankan akun email dari hacker dengan efektif? Silakan simak informasi selengkapnya pada artikel ini untuk mengetahui caranya.

Apa Penyebab Akun Email Terkena Hack?

Sebelum mengetahui cara mengamankan akun email, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Mari kita bahas beberapa penyebabnya berikut ini.


1. Menggunakan Kata Sandi yang Terlalu Simpel

Kebanyakan orang seringkali menggunakan kata sandi yang simpel seperti tanggal lahir, tanggal pernikahan, angka yang berurutan (123456) dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga yang menggunakan kata sandi email berdasarkan rekomendasi dari Google.
 
Itu semua merupakan kata sandi yang yang “lemah” karena gampang ditebak, sehingga lebih mudah diretas oleh hacker. Kata sandi akun email harus dibuat seunik mungkin agar lebih aman dan sulit dibobol hacker.


2. Menggunakan Kata Sandi yang Sama Dengan Akun yang Lain

Pembobolan akun email juga dapat terjadi ketika Anda menggunakan kata sandi yang sama di beberapa akun seperti pada media sosial (Facebook, Instagram, Twitter dll.), aplikasi chatting, E-commerce dan lain-lain.

Saat salah satu akun terkena hack, otomatis hacker akan tahu semua kata sandi akun Anda, termasuk email. Hal ini tentunya akan memperbesar potensi akun email Anda terkena hack. Jadi, usahakan menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun.


3. Lupa Logout Email dari Komputer Umum

Maksud dari komputer umum di sini adalah yang sering digunakan oleh banyak orang seperti komputer warnet, kantor, atau rental. Jika Anda sering menggunakan komputer umum, pastikan akun email Anda sudah di logout.

Kelalaian dalam me-logout akun email pada komputer umum bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan menjadi celah hacker untuk membobolnya. 


4. Mengklik Link Phishing pada Email Spam

Email spam sendiri merupakan pesan yang dikirimkan tanpa izin oleh pengguna yang tidak dikenal. Isi email spam biasanya berupa iklan yang tidak kita setujui. Namun, email spam juga seringkali berisi link phishing dan malware yang dapat merugikan Anda.

Baca Juga: Beragam Cara Blokir Email Spam Dengan Tepat dan Mudah

Phishing dan malware merupakan bentuk tindak kejahatan online yang digunakan untuk mencuri data penting seperti data akun, data finansial, dan data pribadi. Maka dari itu, Anda perlu waspada saat menerima email spam, karena bisa saja akun email Anda terkena hack.


Bagaimana Cara Mengamankan Akun Email Dari Hacker?

Beberapa cara ini cukup efektif untuk mengamankan akun email Anda dari hacker. Apa saja caranya? Simak ulasannya berikut ini.


1. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Pertama, Anda dapat melindungi akun email dengan cara memperkuat kata sandi yang digunakan. Anda bisa mengombinasikan beberapa huruf kecil dan kapital, angka, dan juga simbol. Jumlah karakter juga harus diperhatikan dan tidak boleh terlalu sedikit. Untuk menciptakan kata sandi yang kuat umumnya memiliki jumlah antara 8-12 karakter.


2. Rutin Memperbarui Kata Sandi

Selain menggunakan kata sandi yang kuat, Anda juga perlu memperbarui kata sandi secara rutin. Ini akan membantu menyulitkan hacker untuk meretas akun email Anda. Anda bisa melakukan pembaruan kata sandi secara berkala mulai dari 1 bulan, 3 bulan, atau 6 bulan sekali. Pastikan selalu buat kata sandi yang berbeda dan jangan pernah menggunakan kata sandi yang sama dari sebelumnya.


3. Pastikan Komputer/PC Bebas Virus

Anda harus rajin mengecek komputer untuk memastikannya terbebas dari virus. Virus yang terdapat pada komputer/PC Anda sangat berbahaya, karena bisa mencuri data-data penting yang bisa saja disalahgunakan. Gunakanlah aplikasi antivirus tepercaya agar komputer/PC Anda terbebas dari virus. Jangan lupa untuk selalu memindai komputer/PC Anda dengan rutin agar tetap aman.


4. Aktifkan Fitur Verifikasi 2 Langkah

Verifikasi 2 langkah adalah fitur keamanan yang sudah tersedia pada akun Google Anda. Fitur ini dapat meningkatkan keamanan akun email Anda dengan cara meminta kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel yang didaftarkan, sehingga tidak mudah diretas oleh hacker.


5. Selalu Lakukan Pembaruan Sistem dan Aplikasi

Melakukan pembaruan sistem dan aplikasi dapat meningkatkan keamanan akun email Anda. Ini dikarenakan pada setiap pembaruan sistem atau aplikasi akan selalu ada peningkatan dari versi sebelumnya seperti security patch, perbaikan bug, fitur baru dan lain-lain. Contoh aplikasi yang perlu terus di-update adalah Chrome, Gmail, dan Antivirus.


6. Hindari Penggunaan Aplikasi Bajakan

Menginstal aplikasi bajakan dapat meningkatkan potensi akun Anda diretas oleh hacker. Alasannya, aplikasi bajakan seringkali rentan dimasuki virus, atau bahkan memang sengaja dibuat untuk menyebarkan virus pada komputer/PC Anda. Jadi, pastikan Anda selalu menginstal aplikasi resmi dari situs yang tepercaya.


7. Gunakan Anti Spam

Terakhir, Anda bisa menggunakan Cloudmatika Mail Buster sebagai platform anti spam untuk mencegah akun email terkena hack. Cloudmatika Mail Buster menggunakan teknologi machine learning dan heuristic analysis yang dapat mendeteksi dan memblokir spam, virus, serangan phishing dan ransomware. Sistem ini juga memiliki fitur incoming & outgoing yang dapat menyaring email berbahaya sebelum mencapai server email & inbox, sehingga dapat meningkatkan keamanan akun email Anda.

Jika Anda tertarik menggunakan Cloudmatika Mail Buster ini, silakan menghubungi Cloudmatika untuk pemesanan dan informasi detailnya.

Itulah dia beberapa cara mengamankan akun email dari hacker yang cukup efektif. Cobalah untuk menerapkan cara tersebut sebanyak-banyaknya agar akun email Anda memiliki sistem keamanan yang kuat sehingga sulit diretas oleh hacker. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Whatsapp Chat Chat Kami Disini