Apa Itu Ransomware & Solusi Pencegahan Terhadap Ransomware ?

By 23 November, 2020

Akibat terjadinya pandemic COVID-19 secara global membuat banyak perusahaan menerapkan kebijakan Work From Home, hal tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan penggunaan teknologi ketika bekerja.
Dengan adanya peningkatan penggunaan teknologi saat bekerja sangat memudahkan karyawan untuk bekerja seperti di kantor, tetapi serangan cybersecurity pun tidak dapat dihindari seperti terjadinya serangan malware, ransoware dan lainnya
 
Peningkatan Serangan Ransomware 
 
Salah satu ancaman cybersecurity yang berbahaya adalah “Ransomware”. Serangan ransomware  adalah virus yang mengenkripsi file pada PC  sehingga membuat data  tidak dapat dibaca oleh pemiliknya.
 
Pelaku serangan ransomware biasanya akan melakukan pemerasan terhadap korban yang biasanya mereka menargetkan serangan ini ke suatu perusahaan. Pelaku serangan ransomware akan meminta tebusan kepada korban. Apbila korban memberikan tebusan makan pelaku serangan ransomware akan membatalkan enkripsi file dan memulihkannya ke keadaan semula.

 
Saat ini ada banyak jenis ransomware salahsatunya yaitu WannaCry yang muncul sekitar tahun 2017. Pada tahun 2020 terdapat jenis ransomware baru yang disebut MAZE yang telah menjadi epidemi global.
 
Permasalahan Dalam Pencegahan Ransomware
Terdapat beberapa permasalahan dalam pencegahan Ransomware pada era sekarang ini
Masalah dengan tindakan pencegahan ransomware yaitu pelaku serangan ransomware yang telah menjadi begitu canggih sehingga sulit untuk mencegah infeksi ransomwar  dan sekali terinfeksi ransomware kemungkinan kuntuk mendapatkan kembali akses data rendah.
 
Ransomware saat ini merupakan metode paling populer yang "dipilih" oleh penyerang, dan teknik serta metodenya berkembang setiap hari. Meskipun jalur utama penularan adalah melalui tautan dan lampiran di email spam, seringkali sulit untuk mencegah serangan karena email terlihat sepenuhnya normal, misalnya, identik dengan email dari mitra bisnis tepercaya.
 
Selain itu, setelah terinfeksi ransomware, sangat sulit untuk memulihkan file yang telah  dienkripsi. Meskipun Anda telah membayar "tebusan" yang diminta oleh para penyerang, tidak ada jaminan bahwa data Anda akan dipulihkan.
 
Sayangnya, ada banyak kasus yang terjadi akibat serangan Ransomware  di mana uang tebusan dibayar penuh, tetapi enkripsi tidak dicabut. Akhirnya, para korban tidak punya pilihan selain menyerah atas data yang hilang.
Cyberprotection Solusi Anti Malware, Ransomware Terbaik Di Indonesia
 
Cyberprotection yang dirilis oleh Cloudmatika baru-baru ini yang merupakan layanan & solusi proteksi data dari ransomaware, malware dan lainnya sebelum terjadinya serangan & solusi backup data. Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Cyberprotection: 
 
Solusi Backup Data Di Cloud Di Data Center Indonesia
 
Cyberprotection Cloudamatika adalah solusi backup data & proteksi data dari ransomware & malware. Dimana solusi backup ini  mengintegrasikan fungsi backup dan langkah-langkah keamanan dimana fitur backup ini akan mencadangkan semua data PC/server Anda atau virtual server Anda ke server cloud di data center tier III Indonesia .Dengan cara ini, meskipun PC lokal perusahaan Anda terinfeksi malware ataupun ransomware, yang harus Anda lakukan hanyalah memulihkan dari file pra-infeksi dari cloud yang telah di backup
 
Deteksi Ransomware & Malware  Berbasis Teknologi AI
Cloudmatika Cyberprotection mendeteksi ransomware dan malware yang menggunakan teknologi AI untuk mendeteksi dan memblokir ancaman ransomware ataupun malware  yang tidak diketahui dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi.
 
Solusi Lengkap Cybersecurity
Cloudmatika Cyberprotection mencakup sejumlah fitur keamanan yang sangat penting di zaman sekarang ini, termasuk pemindaian virus otomatis, pengujian kerentanan, manajemen patch, karantina malware, dan banyak lagi. Tidak perlu lagi menggunakan banyak alat untuk backup dan solusi keamaanan
 
 
 

Hubungi Kami Untuk Mendapatkan Informasi & Penawaran