Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Cloud Hosting dan Manfaatnya Bagi Sebuah Website

By 25 July, 2022

Masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu cloud hosting. Padahal, cloud hosting ini merupakan hosting yang mudah digunakan dan memiliki sumber daya yang baik.

Masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu cloud hosting. Padahal, cloud hosting ini merupakan pilihan hosting yang memiliki sumber daya server yang sangat baik. Jika dibandingkan dengan jenis layanan hosting lainnya, cloud hosting merupakan yang paling cocok digunakan oleh pemula.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai apa itu cloud hosting, bagaimana cara kerjanya, serta kelebihan dan kekurangannya. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!
 

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud hosting merupakan jenis layanan web hosting yang menggunakan sumber daya dari beberapa server untuk menjalankan website sehingga beban server dapat lebih seimbang, performa dapat lebih cepat, dan jam kerja server dapat lebih stabil. Cloud hosting sendiri menggunakan teknologi "cluster" untuk memusatkan beberapa server sekaligus.

Baca Juga: Macam Jenis Server Serta Fungsinya

Berbeda dengan layanan hosting pada umumnya yang melakukan hosting dengan cara memusatkan servernya pada satu titik server fisik, cloud hosting biasanya menggunakan server virtual untuk melakukan hosting pada sebuah website. Dengan begitu, cloud hosting dapat membuat website lebih stabil dan lebih mudah digunakan jika dibandingkan jenis layanan hosting lainnya.
 

Bagaimana Cara Kerja dari Cloud Hosting?

Cloud hosting bekerja menggunakan metode “cluster” di mana beberapa server yang terpisah digabungkan untuk bekerja menjadi satu server virtual (cloud) yang terpusat untuk melakukan hosting pada sebuah website. Dengan demikian, kinerja dari website tersebut akan lebih cepat karena didukung oleh beberapa server sekaligus.

Jika salah satu server yang ada di dalam cloud mengalami kegagalan, server lain akan segera menggantikannya sebagai cadangan untuk melengkapi sumber daya yang dibutuhkan. Dengan begitu, cloud hosting dapat memungkinkan sebuah website tetap berjalan dengan normal walaupun ada salah satu servernya yang bermasalah.

Baca Juga: 7 Jenis Jenis Hosting dan Perbedaannya untuk Website Anda

Selain itu, cloud juga dapat mencegah terjadinya kegagalan pada server website karena kelebihan beban (overload). Beban dari setiap server akan dibagi secara seimbang sehingga tidak akan ada salah satu server yang mengalami kelebihan beban.

Sumber daya yang ada pada cloud hosting juga tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Setiap pengguna tidak perlu membagikan sumber daya servernya. Jadi, dengan menggunakan cloud hosting, website akan lebih fleksibel, memiliki uptime yang tinggi, serta proses scaling yang mudah. Tak heran jika banyak yang mengatakan bahwa cloud hosting adalah gabungan kualitas terbaik antara shared hosting dan VPS hosting.
 

Apa Kelebihan dari Cloud Hosting?

Ada banyak sekali kelebihan dari cloud hosting yang dapat dirasakan oleh penggunanya. Banyak sekali website, terutama toko online, yang memiliki lalu lintas tinggi sudah menggunakan cloud hosting. Berikut ini adalah beberapa kelebihan cloud hosting.
 

1. Uptime Lebih Stabil

Cloud hosting menggunakan sumber daya dari beberapa server cloud yang berada di dalam cluster cloud. Dengan demikian, website yang menggunakan cloud hosting tidak akan mengalami kelebihan beban (overload) dan downtime.

Ketika salah satu server yang ada di dalam cluster cloud mengalami kegagalan, server lain akan langsung segera menjadi cadangan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan. Jadi, website Anda akan dapat berjalan dengan normal tanpa ada masalah jika menggunakan cloud hosting.
 

2. Loading Time Lebih Cepat

Di dalam cloud hosting, ada sebuah fitur yang bernama load balancing. Melalui load balancing, beban sumber daya yang dibutuhkan akan dibagikan ke beberapa server yang berbeda di dalam cluster cloud secara merata. Hal ini dapat membuat website, aplikasi, dan perangkat lunak berbasis cloud dapat mempunyai waktu memuat (loading time) yang lebih cepat.

Selain membagikan beban sumber daya yang dibutuhkan secara merata, load balancing ini juga dapat mengurangi beban muatan dari setiap server yang ada di dalam cluster cloud dengan membagikannya secara merata. Dengan demikian, loading time juga akan lebih cepat.
 

3. Pemulihan Data Lebih Mudah

Setiap jenis penyimpanan data yang ada pasti selalu memiliki risiko kehilangan data, apalagi jika Anda menyimpan data di server fisik atau komputer. Ketika data yang disimpan di dalam server fisik atau komputer hilang, data tersebut akan sangat sulit sekali atau bahkan mustahil untuk dipulihkan.

Dengan menggunakan cloud hosting, proses pemulihan data akan lebih mudah untuk dilakukan. Sebagian besar perusahaan penyedia layanan cloud hosting akan melindungi data dari setiap penggunanya dengan melakukan penyimpanan dan backup data di lokasi yang berbeda. Dengan demikian, data yang Anda simpan tidak akan hilang sepenuhnya karena ada banyak cadangannya.

Baca Juga: Apa itu Backup Data: Arti, Manfaat, dan Cara Melakukannya
 

4. Biaya Lebih Fleksibel

Pada umumnya, cloud hosting memang memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan shared hosting atau layanan hosting tradisional lainnya. Namun, jika melihat fitur-fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh cloud hosting, harga yang harus dibayarkan dapat dibilang relatif murah.

Terlebih lagi, sudah ada banyak perusahaan penyedia layanan cloud hosting yang memiliki sistem pembayaran pay as you go. Artinya, Anda hanya perlu membayar total kebutuhan sumber daya yang digunakan selama sebulan penuh saja. Jadi, Anda memiliki kendali penuh atas seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan selama sebulan.
 

5. Scalability

Kelebihan cloud hosting yang lainnya adalah kemudahan skalibilitasnya. Ketika website Anda tiba-tiba mengalami lonjakan lalu lintas yang sangat besar, Anda dapat melakukan peningkatan kapasitas server cloud dari website secara otomatis. Artinya, Anda tidak perlu membeli server fisik dengan sumber daya yang lebih besar.

Secara sederhana, website Anda sudah dilengkapi dengan beberapa server virtual yang siap menangani permintaan lalu lintas yang terus meningkat. Tentunya hal ini juga dapat mengurangi risiko website Anda mengalami downtime dan offline karena permintaan lalu lintas yang terlalu besar. Saat lalu lintas kembali normal, Anda juga dapat mengurangi dan menurunkan kembali kapasitas sumber daya seperti yang sebelumnya.
 

Apa Tantangan dalam Menggunakan Cloud Hosting?

Semua hal jelas memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan cloud hosting yang memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa tantangan yang akan dihadapi pengguna dalam menggunakan cloud hosting.
 

1. Kecepatan Bergantung pada Koneksi Internet Pengguna

Ketika Anda menggunakan layanan cloud hosting, kecepatan aksesnya akan bergantung kepada kecepatan internet Anda karena server cloud hanya bisa diakses melalui internet. Maka dari itu, jika Anda menggunakan layanan cloud hosting, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cepat.
 

2. Lebih Rentan Terkena Serangan Siber

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cloud hosting hanya dapat diakses melalui internet serta seluruh data yang ada akan tersimpan di dalam internet. Artinya, Anda akan lebih rentan untuk terkena serangan siber, atau cyber attack. Walaupun begitu, perusahaan penyedia layanan cloud hosting pasti sudah memiliki sistem keamanan yang dapat melindungi Anda dari cyber attack.
 

3. Biaya Bisa Melonjak

Dengan metode pembayaran pay as you go, Anda memang dapat memiliki kontrol atas berapa total sumber daya yang digunakan dan berapa biaya yang akan dikeluarkan selama sebulan. Namun, jika Anda menggunakannya secara sembarangan, biaya yang harus dikeluarkan selama sebulan bisa tiba-tiba melonjak menjadi lebih mahal.
 

Kapan Anda Harus Menggunakan Cloud Hosting?

Ketika website Anda mendapatkan lonjakan lalu lintas yang besar secara stabil, maka itu adalah saat yang paling tepat untuk menggunakan cloud hosting. Jika website Anda mengalami lonjakan lalu lintas, website Anda bisa mengalami overload dan downtime jika menggunakan server biasa.

Jika saat ini website Anda belum memiliki permintaan lalu lintas yang tinggi dan tidak membutuhkan sumber daya yang banyak, maka sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan cloud hosting terlebih dahulu. Gunakan cloud hosting jika website Anda memiliki permintaan lalu lintas yang tinggi.

Demikian penjelasan mengenai apa itu cloud hosting, cara kerja, serta kelebihan dan kekurangannya yang dapat kami sampaikan. Jika website Anda memiliki permintaan lalu lintas yang tinggi dan ingin menggunakan layanan cloud hosting, Anda dapat menggunakan berbagai layanan cloud dari Cloudmatika. Jika Anda tertarik dan memiliki pertanyaan, Anda dapat menghubungi tim Cloudmatika di sini.