Macam – Macam Jenis Server Serta Fungsinya

By 27 November, 2022

Di dalam sebuah perusahaan sekarang ini, apapun jenis perusahaan tersebut. Baik itu dalam lingkup besar maupun kecil.  Hampir dapat dipastikan memiliki system IT yang menggunakan server.  Hal ini juga yang membuat kita sering mendengar istilah server dalam dunia komputer. Mungkin sebagian dari Anda yang masih awam akan bingung atau bertanya – tanya.  Tentang istilah server dalam dunia komputer. 

Lalu, apakah server itu?

Bagi Anda yang belum tahu server ini merupakan sebuah sistem komputer yang difungsikan untuk memberikan layanan. Selain itu untuk membatasi dan mengontrol akses pada klien di sebuah jaringan komputer yang ada. Biasanya komputer yang bertindak sebagai server ini akan menyediakan resource yang dapat digunakan untuk komputer lain yang bertindak sebagai komputer client. Sehingga sebuah komputer server harus memiliki spesifikasi yang tinggi dari aspek software maupun hardware yang telah digunakan. 

Nah, tidak hanya itu pada komputer ini juga terdapat sebuah operasi khusus yang disebut dengan network operating system. Setiap pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis memang harus memiliki jenis – jenis server sendiri. Hal ini dikarenakan setiap pengusaha memiliki website bisnis untuk usaha yang mereka jalankan. 

Di zaman millennial ini, hampir semua bidang usaha atau penyedia jasa memiliki website.  Dengan memiliki website ini, business owner lebih mudah dalam menjaring para klien nya. 


Jenis – Jenis Server Yang Dapat Anda Gunakan Untuk Pengembangan Bisnis Perusahaan Anda

Dengan hadirnya website dalam sebuah perusahaan, tentu saja membuat perusahaan tersebut dapat menjaring konsumen yang potensial.  Tidak hanya di situ saja, adanya website ini juga akan membuat usaha yang dijalankan lebih profesional dan berpengalaman.  Sehingga untuk klien yang akan bekerja sama dapat melakukan dengan mudah.

Mereka juga tidak akan ragu menghubungi dan melakukan pembelian produk atau jasa kepada Anda.  Setiap website profesional pasti memiliki domain sendiri dan di hosting di server milik sendiri. 

Jika Anda ingin menjadi profesional juga berinvestasi lah pada domain dan server Anda sendiri.  Apalagi sekarang sudah banyak jenis - jenis server yang dapat Anda manfaatkan untuk menjalankan website Anda. Dan bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.  Memiliki domain dan server akan memberikan Anda keleluasaan untuk melakukan apapun dengan situs Anda. Dengan blogger dan wordpress.com Anda hanya bisa membuat blog.

Sebaliknya dengan menggunakan multiply ini Anda hanya bisa membuat toko online yang tidak terlalu bagus. Namun salah satu alasan yang paling mendasar dan tidak kalah penting, adalah bahwa situs Anda tidak akan di hapus secara sepihak. Oleh pihak ketiga (blogger.com atau wordpress.com misalnya) arena alasan apapun. Anda juga harus tahu jika akhir – akhir ini blogger dan WordPress sering secara aktif menghapus blog yang ditengarai melakukan spam.  

Selain itu melanggar T.O.S atau terlalu agresif dalam melakukan SEO. Dengan memiliki domain dan server sendiri situs Anda tidak akan dapat dihapus oleh siapa pun karena Anda tidak perlu mematuhi aturan siapa pun.  Selain itu dengan domain dan server yang profesional, memberikan rasa percaya yang lebih bagi pengunjung Anda. Nah, dibawah ini kami memberikan informasi mengenai pengertian dan jenis - jenis server serta fungsinya. Dari beberapa server yang ada di dunia komputer yang dapat menambah pengetahuan kita bersama.


Apa saja jenis-jenis server dan fungsinya?


1. Streaming Media Server

Untuk jenis - jenis server yang satu ini melayani servis streaming data media. Misalnya saja seperti musik, dan juga video.  Servis ini memungkinkan kita dapat mengakses sebuah konten tanpa kita mendownload nya terlebih dahulu. 


2. Web Server

Jenis - jenis server yang satu ini adalah sebuah perangkat lunak yang dipasang pada server yang berfungsi untuk menyediakan layanan permintaan data.  Dengan menggunakan protocol Https atau http yang dapat kita akses dengan menggunakan browser.  Untuk cara kerjanya server ini secara sederhana adalah web server akan merespon permintaan yang ada dengan mengirimkan konten tersebut kembali dalam bentuk gambar, tulisan atau bentuk lainnya.  Kemudian akan ditampilkan pada browser. 

Baca Juga: Apa itu Web Server dan Jenis-jenisnya bagi Website Anda


3. FTP (File Transfer Protocol) Server

Untuk FTP server ini adalah pengertian dan Jenis - jenis server di dunia komputer yang ketiga.  Untuk server ini memiliki protocol FTP yang dapat dilakukan sebagai protocol untuk transfer data.


4. File Server

Sesuai dengan namanya, file server adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam file. Jenis server ini memiliki banyak fungsi. Manfaat file server khususnya bisa dirasakan pada sisi manajemen dokumen.

Baca Juga: Langkah serta Manfaat Mengelola Dokumen Kantor dengan Teknologi Cloud Storage

Dengan menggunakan file server, Anda dan seluruh karyawan Anda dapat mengakses dokumen atau menukar file dengan mudah dimana pun dan kapan pun. File server memungkinkan perusahaan Anda untuk berkolaborasi dengan lebih baik, baik itu secara internal atau eksternal.

File server juga dapat dijadikan tempat penyimpanan data yang aman dan terpusat. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan data Anda.


5. Mail Server

Dan sesuai dengan namanya, Jenis - jenis server yang satu ini memiliki fungsi untuk melayani client khusus dalam hal berkirim surat.  Surat – surat yang ada pun akan di simpan di dalam server tersebut pula.  Selain itu menyediakan layanan untuk berkirim surat, mail server ini juga menyediakan layanan pelengkap. Misalnya saja seperti web interface, dimana layanan ini dapat memudahkan client untuk mengorganisir atau menulis surat yang dimiliki oleh client.


6. Game Server

Untuk game server ini merupakan salah satu jenis - jenis server. Yang digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain atau client dengan pemain lainnya. Game server ini selain adalah server tersendiri, bisa juga didirikan dari komputer client yang bermain game tersebut.


7. Proxy Server

Untuk Jenis - jenis server yang satu ini berfungsi sebagai komputer lainnya untuk melakukan sebuah permintaan. Untuk content dari sebuah intranet dan internet.


8. Database Server

Untuk server yang satu ini melayani client yang membutuhkan layanan untuk menyimpan data mereka.

Lalu, apa perbedaan database dan file server jika keduanya dapat digunakan untuk menyimpan data?

Database adalah server yang digunakan untuk menyimpan data yang terstruktur. Selain itu, Anda juga harus menggunakan bahasa pemrograman khusus untuk mengaksesnya, seperti SQL.

Berebeda dengan database server, Anda dapat mengakses data atau dokumen pada file server secara lebih intuitif.
 

Dapatkan Cloud Server Indonesia Terbaik Di Cloudmatika 

Beberapa jenis - jenis server tersebut bisa menjadi pilihan untuk di pilih.  jika memang Anda tertarik untuk membeli layanan cloud server. Maka membeli cloud server di Cloudmatika adalah pilihan yang paling tepat. Dan untuk pembelian server ini bisa dilakukan di Cloudmatika. 

Layanan jasa penyedia server ini sudah berpengalaman dan terpercaya.  Jenis - jenis server yang ada di Cloudmatika ini menggunakan data center Indonesia dan tersedia dengan beberapa pilihan.  Yang tentunya membuat Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan tentunya. dari segi harga sudah pasti terjangkau dan ramah di kantong.

Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dalam jumlah banyak. Percayakan Jenis - jenis server Anda hanya di Cloudmatika dan dapatkan beragam keuntungannya. 
 
Hubungi Kami Untuk Mendapatkan Informasi & Penawaran 
Email: sales@cloudmatika.com
Website  : www.cloudmatika.co.id
Telepon   : 021 28565201
Facebook : Cloudmatika 
Instagram : Cloudmatika
Linkedin   : Cloudmatika

Whatsapp Chat Chat Kami Disini