Berbagai Kelebihan Cloud Computing Dapat Anda Rasakan

By 26 November, 2022

Kenali berbagai kelebihan cloud computing yang bisa dirasakan dalam perusahaan Anda di sini supaya tidak ragu lagi dalam menggunakan layanan ini.

Kenali berbagai kelebihan cloud computing yang bisa dirasakan dalam perusahaan Anda di sini supaya tidak ragu lagi dalam menggunakan layanan ini.

Cloud computing merupakan solusi modern untuk menyelesaikan permasalahan perusahaan terkait komputasi data. Kelebihan cloud computing pun sudah tidak diragukan lagi. Tidak heran banyak perusahaan mulai beralih dari cara komputasi konvensional ke metode berbasis internet ini.

Kendati memiliki segudang kelebihan, cloud computing juga menyimpan berbagai tantangan dalam penggunaannya. Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan pembahasan lengkap mengenai dua hal tersebut sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk berlangganan jasa cloud computing. Simak pembahasannya sampai selesai.
 

Apa Kelebihan Cloud Computing bagi Perusahaan?

Cloud computing alias komputasi awan merupakan inovasi di dunia teknologi informasi atau information technology (IT), tepatnya di bidang pengelolaan data. Sebelum cloud computing ramai digunakan, orang masih banyak menyimpan data mereka secara konvensional, yaitu melalui harddisk komputer.

Kini, cloud computing hadir sebagai metode komputasi berbasis internet. Layaknya produk inovatif lainnya, cloud computing memiliki lebih banyak kelebihan daripada pendahulunya. Berikut ini adalah kelebihan dari cloud computing bagi pengguna, khususnya perusahaan:
 

1. Kemudahan dalam Manajemen

Kelebihan pertama tentunya berkaitan dengan manajemen atau pengelolaan tugas dalam bisnis. Karena berbasis internet, sistem cloud computing membantu para penggunanya dalam mengelola data berupa dokumen, gambar, software, dan sebagainya.

Teknologi cloud storage, misalnya, dapat membantu perusahaan Anda untuk berkolaborasi, baik secara internal atau eksternal. Layanan cloud storage memungkinkan Anda untuk berbagai data secara cepat dan aman. Kelebih cloud storage adalah Anda dapat berbagi data, dengan ukuran yang sangat besar sekalipun, dengan sangat mudah.

Baca Juga: 7 Kelebihan Cloud Storage bagi Bisnis Anda

Anda juga memanfaatkan server cloud sebagai media penyimpanan data yang dapat diandalkan. Dengan adanya server cloud, Anda dan seluruh orang di perusahaan Anda dapat mengakses informasi yang dibutuhkan dengan cepat.
 

2. Penghematan Biaya

Penyimpanan data di cloud computing dilakukan secara virtual, kemudian tersambung ke dalam jaringan komputer penggunanya. Alhasil, Anda tidak perlu merogoh kantong lebih dalam untuk menggunakan software ini.

Rata-rata pengelola atau vendor cloud computing mematok biaya software berdasarkan kapasitas dan masa berlangganannya. Tidak ada biaya tambahan, kecuali Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang dibebankan di dalamnya. Anda pun bisa menghemat budget sekaligus meningkatkan manajemen bisnis di perusahaan dengan cloud computing.

Cloud computing juga tidak hanya hemat di depan namun juga saat penggunaan. Ketika Anda ingin menghemat biaya, Anda bisa melakukan downgrade atau memilih paket layanan cloud computing yang Anda gunakan. Dengan begitu Anda bisa menghemat pengeluaran sambil tetap menikmati layanan cloud computing yang Anda pilih.
 

3. Ada Fitur Backup dan Recovery Data

Layanan penyimpanan berbasis cloud computing memiliki dua fitur yang tidak boleh dilewatkan, yaitu backup dan recovery (pemulihan) data. Fitur backup-nya bisa diaktifkan secara otomatis sehingga data di komputer otomatis tersimpan ke dalam cloud storage. Belum lagi, recovery data yang berguna untuk mengakses kembali data yang hilang atau tidak sengaja terhapus.

Kelebihan ini sangat penting di perusahaan, apalagi perangkat bisa berisiko mengalami kerusakan atau kehilangan. Anda tidak perlu khawatir karena data perusahaan tetap terjaga dalam server cloud ini.

Baca Juga: 4 Cara Membackup Data dengan Mudah
 

4. Kapasitas Penyimpanan 'Tak Terbatas'

Tentu tidak ada cloud storage yang memiliki tempat penyimpanan yang tidak terbatas. Namun, salah satu kelebihan cloud storage adalah layanan ini biasanya menawarkan kapasitas yang sangat besar.
Pekerjaan operasional perusahaan yang tidak sedikit tentunya membutuhkan banyak kapasitas penyimpanan. Cloud computing menawarkan kelebihan tersebut sehingga layanan ini menjadi solusi andalan bagi perusahaan. 

Kapasitas cloud computing bisa mencapai ukuran Gigabytes (GB) bahkan Terabytes (TB). Ukuran raksasa tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk kegiatan operasional bisnis dalam jangka panjang.

Baca Juga: Memahami Kapasitas Penyimpanan Data
 

5. Integrasinya Otomatis

Data di penyimpanan internal komputer atau smartphone Anda akan terintegrasi sehingga bisa tersimpan secara otomatis di cloud. Otomatisasi tersebut tentunya dapat meringankan pekerjaan Anda dalam melakukan backup data secara online.

Selain itu, integrasi otomatis juga memudahkan pengolahan data sehingga Anda bisa berkolaborasi bersama karyawan dalam waktu yang sama.
 

6. Instan

Setiap software, termasuk cloud computing, pasti membutuhkan update secara berkala supaya pengguna bisa mendapatkan fitur yang lebih unggul. Cloud computing dapat di-update dengan instan sehingga bisa digunakan saat itu pula.

Kelebihan ini tentunya tidak akan menghambat pekerjaan Anda, apalagi ketika dikejar tenggat waktu saat bekerja.
 

7. Kolaborasi dan Kerja Sama Lebih Baik

Sifat cloud computing yang instan tentunya memungkinkan setiap karyawan dapat berkolaborasi menyelesaikan sebuah proyek. Tidak hanya karyawan, klien, partner, dan konsumen dapat bekerja sama dengan nyaman dengan cloud computing.

Kelebihan ini dapat menciptakan kerja sama dan koordinasi yang baik secara internal ataupun eksternal perusahaan.
 

Apa Tantangan Penerapan Cloud Computing pada Perusahaan?

Ada tantangan atau kelemahan yang akan dihadapi oleh perusahaan ketika menerapkan cloud computing. Anda tentu harus mempertimbangkan hal ini pula sebelum memanfaatkan media komputasi ini. Apa saja tantangannya?
 

1. Ancaman Keamanan

Anda harus berbagi seluruh informasi atau data yang diunggah ke cloud kepada pihak ketiga, yaitu vendor cloud computing. Kondisi tersebut sangat berisiko karena bisa mengakibatkan kebocoran data, apalagi ada dokumen yang bersifat rahasia. 

Baca Juga: Berbagai Ancaman Keamanan Jaringan Yang Harus Anda Waspadai

Karena itu, pilihlah vendor yang mampu menjamin keamanan dan kerahasiaan data Anda. Keamanan tersebut pun harus terjaga agar bebas dari serangan berupa malware atau ransomware.
 

2. Kendala Teknis

Layaknya mesin lainnya, cloud computing bukan produk yang sempurna karena hanya dioperasikan oleh mesin. Tak heran sejumlah kendala teknis dan maintenance pun menjadi momok bagi layanan tersebut. Bisa jadi data di komputer Anda belum tersimpan secara otomatis, tetapi komputer sudah mati duluan.

Kekurangan ini perlu diperhatikan karena bisa menghambat produktivitas operasional bisnis Anda. Selalu cari vendor cloud computing yang siap dihubungi apabila terjadi isu teknis.
 

3. Customer Support Kurang Memuaskan

Ada beberapa vendor cloud computing yang tidak memiliki customer support (CS) yang memadai. Pengguna atau klien jasanya kerap diarahkan pada halaman Frequently Asked Question (FAQ) di website, padahal masalahnya lebih kompleks.

Untuk tantangan ini, Anda perlu mencari vendor yang proaktif dan siap memecahkan masalah terkait cloud computing. Pastikan vendor tersebut mempunyai layanan CS yang aktif dan tidak sekadar membalas chatbot.
 

4. Pembatasan Bandwidth

Tantangan lain dalam penggunaan cloud computing adalah pembatasan bandwidth dari beberapa vendornya. Anda akan dikenakan biaya tambahan penggunaan bandwidth apabila melebihi batas yang sudah ditentukan.

Perusahaan atau organisasi besar tentunya memakai bandwidth dalam jumlah yang cukup besar. Karena itu, Anda harus memperkirakan penggunaan bandwidth perusahaan dalam jangka waktu tertentu.
 

5. Harus Terkoneksi dengan Internet

Cloud computing tidak akan berjalan lancar apabila tidak ada koneksi internet di area sekitar perusahaan Anda. Begitu pun saat koneksi sedang tidak stabil atau lambat, layanan cloud akan loading lebih lama sehingga menghambat pekerjaan.

Solusi dari tantangan ini tentunya bergantung pada jenis internet serta teknologi yang digunakan. Karena itu, pastikan koneksi Anda berjalan lancar dan tidak ada hambatan selama penggunaannya.

Apakah Anda tertarik mengimplementasikan cloud computing setelah mengetahui kelebihan dan tantangannya? Gunakan layanan Cloudmatika Cloud Backup yang dapat me-manage unlimited users client sehingga bisa diakses oleh banyak pengguna dalam waktu bersamaan. Dapatkan free trial layanan kami hanya dengan menghubungi tim Cloudmatika untuk merasakan kelebihan cloud computing di atas.

Whatsapp Chat Chat Kami Disini