Memahami Apa itu Data Security: Pengertian dan Manfaatnya bagi Perusahaan Anda

By 29 August, 2022

Secara sederhana, data security adalah sistem keamanan yang diperlukan untuk melindungi data yang ada di dalam sistem, jaringan, dan komponen digital lainnya. Simak selengkapnya!

Secara sederhana, data security adalah sistem keamanan yang diperlukan untuk melindungi data yang ada di dalam sistem, jaringan, dan komponen digital lainnya. Sistem keamanan ini sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya kejahatan siber.
Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai apa itu data security secara lebih mendalam, mulai dari jenis, manfaat, hingga cara penerapannya. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Data Security?

Data security adalah praktik melindungi data dan informasi digital dari akses ilegal, penyalahgunaan, atau pencurian di seluruh jaringan dan sistem yang digunakan. Data security, atau keamanan data, mencakup setiap aspek keamanan informasi, mulai dari keamanan fisik perangkat keras dan perangkat penyimpanan hingga kontrol administratif dan akses, serta keamanan logis aplikasi perangkat lunak, kebijakan, dan prosedur organisasi.

Baca Juga: Berbagai Macam Keamanan Jaringan dan Fungsinya Yang Harus Anda Pahami

Ketika diterapkan dengan benar, strategi data security yang baik akan dapat melindungi aset data dan informasi bisnis dari aktivitas kejahatan siber, ancaman orang dalam, dan kesalahan manusia. Oleh karena itu, data security adalah hal yang sangat wajib diterapkan oleh setiap bisnis untuk melindungi data, baik itu milik bisnis maupun konsumen.


Apa Saja Jenis-Jenis Keamanan Data yang Bisa Anda Terapkan?

Dalam praktiknya, ada berbagai macam jenis keamanan data yang Anda terapkan untuk melindungi data dan informasi yang sensitif. Berikut ini adalah beberapa jenis keamanan data yang dapat Anda terapkan.


1. Enkripsi (Encryption)

Algoritma komputer mengubah karakter teks menjadi format yang tidak dapat dibaca melalui kunci enkripsi, dan hanya pengguna yang berwenang dengan kunci sesuai yang dapat membuka dan mengakses informasi tersebut. Berbagai macam data dan informasi, mulai dari berkas dan database hingga komunikasi email dapat dan harus dienkripsi untuk menjaga keamanannya.


2. Kontrol Akses (Access Control)

Jenis tindakan data security ini bekerja dengan cara membatasi akses, baik yang fisik maupun digital, ke dalam sistem, jaringan, dan data penting. Salah satu praktiknya adalah dengan memastikan bahwa semua komputer dan perangkat dilindungi dengan mandatory login entry, dan ruangan data (fisik) hanya dapat dimasuki oleh karyawan yang berwenang.


3. Autentikasi (Authentication)

Mirip dengan kontrol akses, autentikasi merujuk pada proses identifikasi pengguna secara akurat sebelum mereka memiliki akses ke dalam sebuah sistem, jaringan, atau data. Praktik dari jenis keamanan data ini biasanya mencakup hal-hal seperti wajib memasukkan kata sandi, nomor PIN, token keamanan, kartu gesek, atau biometrik.

Baca Juga: 
Cara Menjaga Keamanan Data Anda Dari Bencana Alam dan Serangan Dunia Maya di Indonesia


4. Pencadangan dan Pemulihan (Backup and Recovery)

Pencadangan dan pemulihan merupakan jenis keamanan data yang wajib sekali dilakukan. Hal ini diperlukan karena jika sampai terjadi kegagalan sistem, bencana, kerusakan data, atau kebocoran data, Anda masih dapat mengakses dan menggunakan data dengan normal. Anda dapat melakukan penyalinan data dan menyimpannya di dalam tempat terpisah, seperti cloud, agar mudah ketika hendak dipulihkan.


5. Penghapusan Data (Data Erasure)

Anda harus menghapus data yang sudah tidak terpakai dengan benar dan teratur. Data erasure adalah jenis keamanan data yang menggunakan perangkat lunak untuk melakukan overwrite data pada perangkat penyimpanan agar tidak dapat dipulihkan kembali. Hal ini dapat mencegah terjadinya kebocoran dan penyalahgunaan data.


6. Penyamaran Data (Data Masking)

Dengan menggunakan perangkat lunak penyamaran data, informasi dapat disembunyikan dengan menyembunyikan huruf dan angka di dalam data dengan karakter proxy. Jenis keamanan data ini dapat menutupi informasi sensitif secara efektif, bahkan jika pihak ilegal memperoleh akses ke data tersebut. Ketika pengguna yang berwenang mengakses data tersebut, huruf dan angkanya akan kembali menjadi normal.


7. Ketahanan Data (Data Resiliency)

Penerapan keamanan data yang baik berarti sistem yang digunakan dapat bertahan atau pulih dari berbagai macam masalah. Penerapan data resiliency sangat berguna agar data dan informasi dapat tetap bertahan walaupun terjadi kegagalan seperti pemadaman listrik atau bencana alam.


Apa Manfaat Menerapkan Data Security Bagi Perusahaan Anda?

Manfaat utama dari penerapan data security sudah jelas adalah untuk melindungi data, baik itu data perusahaan maupun konsumen. Namun, ada berbagai macam manfaat lain yang dapat dirasakan oleh perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat menerapkan data security bagi perusahaan Anda.


1. Melindungi Data

Manfaat utama yang dapat dirasakan ketika menerapkan data security adalah data, baik itu milik perusahaan maupun konsumen, dapat terlindungi dari serangan siber dan kejahatan sejenisnya. Dengan begitu, berbagai macam ancaman dan risiko digital yang kemungkinan dihadapi dapat dihindari dan/atau dihadapi dengan baik.


2. Menjaga Produktivitas Perusahaan

Ketika terjadi serangan siber, biasanya aktivitas operasional perusahaan akan terganggu. Namun, jika perusahaan menerapkan data security dengan baik dan benar, hal tersebut dapat ditanggulangi dengan baik. Anda dapat mengetahui dengan jelas apa yang harus dilakukan ketika terjadi serangan siber. Dengan begitu, aktivitas operasional perusahaan dapat tetap berjalan dengan normal.


3. Mencegah Serangan Siber

Banyak sekali serangan siber yang dapat terjadi, seperti spyware, adware, dan masih banyak lagi. Dengan menerapkan data security yang baik dan benar, segala macam serangan siber dapat dicegah. Sekali pun serangan siber sudah terjadi, perusahaan dapat menghadapinya dengan baik dan tidak akan mengganggu aktivitas operasional perusahaan.


Bagaimana Anda Dapat Menerapkan Keamanan Data Pada Website dan Perusahaan Anda?

Ada banyak sekali strategi keamanan data yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Berikut ini adalah beberapa strategi keamanan data yang wajib Anda terapkan.


1. CIA (Confidentiality, Integrity, dan Availability)

Confidentiality, Integrity, dan Availability (CIA)  adalah tiga konsep utama dari keamanan data yang perlu diterapkan untuk memastikan bahwa data dapat terlindungi. Setiap data harus tetap terjaga kerahasiaannya dari pihak ilegal (confidentiality), tetap konsisten dan akurat agar dapat tetap dipercaya (integrity), serta dapat selalu diakses kapan pun dan digunakan dengan sebagaimana mestinya (availability).


2. Data Risk Management

Untuk melindungi data dengan benar, perusahaan harus mengidentifikasi dan menilai semua risiko dan ancaman yang dapat memengaruhi data terlebih dahulu. Perusahaan harus menerapkan data risk management ini agar dapat meminimalkan dan mengurangi risiko dan ancaman yang sudah diidentifikasi dan dinilai sebelumnya.


3. Pencadangan dan Pemulihan Data

Langkah-langkah atau prosedur pencadangan dan pemulihan adalah komponen penting dari strategi keamanan data yang harus diterapkan. Setelah data dibuat, data tersebut harus dicadangkan untuk memastikannya dapat dipulihkan jika terjadi kegagalan, seperti pemadaman listrik dan bencana alam.

Baca Juga: 
Pengertian Disaster Recovery serta Langkah, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan Anda

Strategi keamanan data yang baik harus menentukan jenis data mana yang harus dicadangkan, bagaimana data yang sudah dicadangkan dipulihkan ketika terjadi kegagalan, dan media penyimpanan mana yang harus digunakan. Semua tindakan ini juga harus dimasukkan dalam prosedur Business Continuity and Disaster Recovery (BCDR).

Untuk menerapkan strategi-strategi keamanan data di atas, Anda dapat menggunakan jasa dari Cloudmatika. Selain strategi-strategi tersebut, masih ada layanan data security lainnya yang ditawarkan oleh Cloudmatika, seperti Cyber Prorection dan Disaster Recovery yang didukung oleh Acronis.. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan yang kami sediakan, silakan klik di sini.