Memahami Apa itu Buffer Overflow: Jenis, serta Cara Pencegahannya Dengan Tepat

By 29 August, 2022

Buffer overflow adalah salah satu ancaman cyber yang dapat membuat website Anda mengalami gangguan. Untuk mencegahnya, silakan pelajari caranya di sini!

Buffer overflow adalah sebuah kelemahan pada suatu sistem yang dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan cyber attack. Terkadang, hacker juga melakukan serangan terhadap suatu website untuk menciptakan kondisi buffer overflow, sehingga membuat kinerjanya menjadi terganggu. Jika tidak ditangani dengan benar, buffer overflow ini bisa memengaruhi reputasi website bisnis Anda.

Lalu, kira-kira apa saja jenis serangan buffer overflow? Bagaimana cara mencegahnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silakan simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan informasi penting terkait buffer overflow, mulai dari pengertian, jenis, dan juga cara mencegahnya.

Apa itu buffer overflow?

Buffer overflow terdiri dari dua kata, yaitu buffer dan overflow. Dalam hal ini, buffer diartikan sebagai tempat penyimpanan data. Sementara overflow artinya kelebihan aliran. Jadi, simpelnya buffer overflow adalah kondisi di mana sebuah tempat penyimpanan data mengalami kelebihan muatan.

Baca Juga: Berbagai Ancaman Keamanan Jaringan Yang Harus Anda Waspadai

Buffer overflow juga dapat dikatakan sebagai sebuah metode yang biasa digunakan oleh hacker untuk melakukan eksploitasi pada sebuah sistem aplikasi komputer. Tindakan ini juga biasa disebut dengan input validation attack, di mana hacker akan melakukan input data yang melebihi kapasitas penyimpanan suatu aplikasi, sehingga membuat sistem mengalami crash atau buffer overflow.


Apa saja jenis serangan buffer overflow?

Hacker dapat menggunakan cara yang berbeda untuk menyerang sebuah sistem dan membuatnya mengalami buffer overflow. Berikut ini adalah beberapa jenis serangan buffer overflow yang paling terkenal.


1. Stack Overflow Attack

Ini merupakan jenis serangan buffer overflow yang paling banyak digunakan oleh hacker.  Stack adalah struktur data LIFO (Last In First Out) yang mendukung dua operasi, yaitu PUSH dan POP. Operasi PUSH digunakan untuk nilai data, sedangkan POP digunakan untuk mengekstrak nilai data.

Apabila penyimpanan data pada stack rusak, maka data yang masuk akan disimpan pada alamat penyimpanan yang berdekatan. Hal ini dapat memengaruhi data yang disimpan sebelumnya. Jenis serangan ini biasanya terjadi karena adanya kerentanan pada sistem dengan bahasa pemrograman C atau C++


2. Heap Overflow Attack

Hacker biasanya akan menargetkan data yang terdapat pada open memory pool, atau dikenal sebagai heap. Heap overflow dapat terjadi ketika sebuah memori ditetapkan sebagai heap, kemudian data disimpan dalam memori tersebut tanpa dilakukan pemeriksaan.

Hal tersebut dapat mengakibatkan beberapa struktur penting dalam heap, seperti heap reader, atau data berbasis heap lainnya seperti dynamic object pointer melakukan overwrite pada tabel fungsi virtual.
 

3. Integer Overflow Attack 

Integer overflow merupakan jenis kesalahan aritmatika yang dapat membuat operasi integer tidak berada pada penyimpanan yang dialokasikan. Pada kebanyakan bahasa pemrograman, nilai integer biasanya memiliki beberapa jumlah bit tertentu dalam penyimpanan.

Umumnya, kondisi integer overflow hanya akan menyebabkan kesalahan pada bahasa pemrograman dan tidak akan mengakibatkan kerentanan yang signifikan. Namun, pada beberapa kasus, integer overflow dapat menyebabkan risiko yang parah seperti memanipulasi data keuangan.


4. Unicode Overflow

Unicode overflow dapat menyebabkan buffer overflow dengan cara memasukkan karakter unicode dalam input ASCII (American Standard Code for Information Interchange) yang diharapkan.

Kasus penyerangan buffer overflow ini sangat jarang sekali terjadi di Indonesia. Meskipun begitu, Anda tetap harus mewaspadainya karena cyber attack bisa datang kapan dan dari mana saja.


Bagaimana cara mencegah serangan buffer overflow?

Pencegahan terhadap serangan hacker yang menyebabkan buffer overflow pada suatu sistem perlu dilakukan. Sebab, jika tidak dicegah hacker dapat mengambil alih sistem secara aktif dan menyebabkan beberapa kerusakan data. Lantas, bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.


1. Hindari Penggunaan Library Files

Penggunaan library files pada bahasa pemrograman sangat tidak aman, karena dapat menjadi sasaran empuk bagi hacker. Setiap kelemahan yang ada pada library files akan terdapat pada semua aplikasi yang menggunakan library files tersebut. Hal ini bisa menjadi celah bagi hacker untuk melakukan serangan buffer overflow.


2. Lakukan Filter Input dari User

Melakukan filter atau penyaringan kode HTML berbahaya dan karakter juga bisa membantu mencegah terjadinya buffer overflow. Contohnya, pada sebuah kode ASP, beberapa simbol reversed seperti tanda petik, tanda kutip, dan simbol ampersand sebaiknya jangan dimasukkan ke dalam input user. Jika tetap dilakukan, maka akan mengakibatkan crash atau buffer overflow.

Baca Juga: Cek Keamanan Website dengan Alat-Alat Berikut Ini


3. Lakukan Testing Aplikasi

Sebelum melakukan pemasangan aplikasi, sebaiknya dites terlebih dahulu. Pastikan bahwa semua coding-nya telah sesuai dan aman. Jika ada masalah pada suatu aplikasi, maka Anda harus memperbaikinya sebelum hacker memanfaatkan celah tersebut untuk melakukan buffer overflow.

Itulah penjelasan lengkap mengenai buffer overflow yang perlu Anda pahami mulai dari pengertian, jenis, serta cara mencegahnya. Menjaga website agar terhindar dari cyber attack merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, jika website bisnis Anda mengalami gangguan bahkan menyebabkan kebocoran data, maka reputasinya bisa langsung menurun.

Untuk membantu menangani buffer overflow dan meningkatkan keamanan pada website, Anda bisa menggunakan layanan VPC (Virtual Private Cloud) dan WAF (Web Application Firewall) dari Cloudmatika. Layanan tersebut bisa diintegrasikan dengan berbagai macam sistem, sehingga dapat meningkatkan perlindungan data Anda dari cyber attack. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Cloudmatika sekarang juga!