Data Center, Solusi Mudah untuk Amankan Data Anda!

By 05 December, 2022

Data Center adalah sebuah teknologi penyimpanan data dengan bantuan internet. Simak artikel berikut untuk penjelasan mengenai data center lebih lanjut!

Tahukah Anda bahwa data center bagi perusahaan atau bisnis merupakan aspek yang bisa dikatakan krusial? Data Center adalah kebutuhan utama atau fasilitas utama yang harus ada pada suatu perusahaan atau bisnis. Mengapa demikian? Simak artikel dari Cloudmatika berikut ini hingga akhir untuk menemukan jawabannya!

Apa itu Data Center?

Data Center sesuai pengertianya dalam istilah bahasa adalah sebuah pusat data. Data Center atau pusat data ini adalah sebuah ruangan atau tempat yang dibuat secara khusus dengan tujuan untuk menyimpan data pada suatu entitas. 

Penyimpanan data yang dimaksud bisa diartikan ke banyak hal. Terutama arti dari data sendiri jelas berbeda bagi setiap perusahaan atau bisnis. Data-data yang disimpan ke dalam data center dapat berupa informasi atau server komputer dari sebuah perusahaan.

Baca Juga: Macam – Macam Jenis Server Serta Fungsinya

Data yang disimpan dapat disimpulkan bahwa tidak selalu berbentuk fisik yang dapat dipegang dan disentuh. Data yang dimaksud bisa juga berupa file lunak, yang mana mungkin tidak akan memakan banyak ruang. 

Seperti yang baru saja disebutkan sebelumnya, bahwa suatu perusahaan atau bisnis juga membutuhkan sebuah data center yang terkadang tidak dalam bentuk fisik atau nyata. Pengertian yang sebenarnya mengenai data center adalah penyimpanan data yang tidak memakan ruang secara fisik atau nyata, namun dalam proses penyimpanannya membutuhkan bantuan internet.


Apa Manfaat Data Center Bagi Keberlangsungan Bisnis Anda?

Sebagai pemilik suatu perusahaan atau bisnis, data center merupakan pilihan menarik yang dapat memberikan dampak positif pada keberlangsungan suatu perusahaan atau bisnis. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan memanfaatkan data center sebagai fasilitas penyimpanan data penting perusahaan! 


1. Keamanan Data yang Terjamin

Menyimpan data dengan data center memiliki keamanan yang terjamin. Sama halnya dengan penyimpanan di gudang yang memiliki kunci dan gembok, penyimpanan data pada Data Center juga memiliki kunci dan gemboknya sendiri yang mana hanya Anda sendiri yang akan mengetahuinya. Penyimpanan ini akan disertai password yang mana tidak banyak orang akan mengetahui bentuknya, sehingga proteksi data lebih aman.


2. Penyimpanan yang Praktis

Penyimpanan data perusahaan dengan menggunakan data center dinilai lebih praktis daripada penyimpanan dengan pusat data berbentuk nyata. Penilaian ini muncul karena penggunaan data center memungkinkan untuk mengumpulkan semua data menjadi satu di dalam cloud.

Baca Juga: Apa Itu Virtual Data Center

Jika perlu bepergian untuk urusan bisnis, Anda tidak perlu membawa seluruh data dalam bentuk fisik. Anda bisa langsung mengakses data melalui suatu perangkat yang dapat diakses melalui internet.


3. Meminimalisir Pengeluaran Perusahaan

Penyimpanan data memang bisa dalam bentuk apa saja. Apabila Anda sebagai pemilik bisnis memutuskan untuk menyimpan data bisnis secara fisik pun adalah hal yang wajar. Namun ada baiknya untuk memikirkan jangka panjangnya. 

Menyimpan data secara fisik jelas akan menghabiskan ruangan Anda. Perlu dipikirkan bahwa seiring berjalannya waktu dengan makin banyak data yang terkumpul untuk disimpan, kebutuhan kantor Anda juga bisa makin terpenuhi dan mungkin harus menambah ruangan. 

Penggunaan data center sebagai tempat penyimpanan tidak akan memakan banyak ruang, sehingga pengeluaran perusahaan atau bisnis dapat dikikis dan dialokasikan ke hal yang lebih penting untuk perkembangan perusahaan Anda.

Urusan proteksi data juga sudah menjadi satu paket apabila Anda memutuskan untuk menyimpan data dengan data center. Pengeluaran dana perihal proteksi data pun jadi bisa diminimalisir lagi sehingga dengan menggunakan data center pengeluaran menjadi benar-benar berkurang.


Bagaimana Cara Memilih Data Center yang Tepat untuk Bisnis Anda?

Untuk memajukan keberlangsungan bisnis, bisa dimulai dengan memilih data center sebagai penyimpanan data yang tepat dan sesuai kebutuhan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih data center yang tepat!


1. Konektivitas Tempat Data Center yang Stabil

Pilihlah tempat data center yang mudah dijangkau, terutama aman dari bencana. Selebihnya, pilihlah lokasi data center yang dikelilingi banyak konsumen bisnis Anda.

Baca Juga: Pemilihan Data Center di Indonesia Untuk Bisnis Anda


2. Memilih Data Center dengan Keamanan dan Kualitas Terbaik

Anda harus memilih data center dengan keamanan dan kualitas terbaik, karena serangan virus atau pencurian data adalah hal yang akan sangat merugikan suatu perusahaan atau bisnis. Usahakan untuk meminimalisir kemungkinan serangan virus dan pencurian data dengan memilah kualitas keamanan terbaik pada data center yang ditawarkan sebelum Anda memilih menggunakan data center tersebut.

Baca Juga: Metode Backup yang Tepat untuk Menjaga Keamanan Data dalam Lingkungan Masyarakat Digital


3. Sumber Daya Manusia yang Andal pada Data Center

Sebelum menggunakan data center yang dioperasikan oleh pihak ketiga dengan sumber daya manusianya, harus dipahami bahwa yang Anda serahkan adalah hal penting yang bersifat krusial bagi suatu perusahaan. Pastikan jika tim pada data center yang Anda pilih memiliki kinerja yang baik dan sangat andal di bidangnya untuk mengurangi kemungkinan terburuk secara teknis yang terjadi di kemudian hari.


4. Layanan dan Fasilitas Data Center yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Pilihlah data center dengan layanan yang bersifat fleksibel untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya. Apabila suatu hari Anda memiliki tambahan data yang harus disimpan, pihak data center harus bisa secara fleksibel menambah layanan infrastruktur bagi data-data tersebut. 

Data center adalah hal yang paling penting keberadaannya dalam pertumbuhan bisnis dan perusahaan Anda. Pastikan untuk mendapatkan layanan terbaik untuk penyimpanan data-data Anda dengan fleksibilitas yang tiada batasnya, seperti penyimpanan di Virtual Server oleh Cloudmatika yang memiliki berbagai lokasi di Indonesia dengan sertifikasi Tier III. Jadi tunggu apalagi? Amankan data-data Anda segera bersama Cloudmatika!

Whatsapp Chat Chat Kami Disini