Kenali Apa itu Plesk dan Perbedaannya dengan cPanel

By 03 December, 2022

Apa itu Plesk? Plesk adalah control panel yang akan memudahkan pengguna mengelola hosting mereka. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Plesk Panel adalah control panel yang banyak digunakan oleh pengguna OS Linux dan Windows untuk membantu mengelola hosting dengan mudah. Beberapa orang mungkin masih jarang mendengar ungkapan "Panel Plesk" saat ini. Lalu, apa saja manfaat dan karakteristik yang diberikan Plesk Panel?

Anda bisa mendapatkan informasi tentang Panel Plesk melalui pembahasan yang akan Cloudmatika sajikan di bawah ini. Kami akan membahas pengertian, kelebihan, hingga perbedaannya dengan cPanel yang penting untuk Anda ketahui sebagai para pemilik bisnis maupun orang yang bekerja di bidang IT.

Apa Itu Plesk?

Secara sederhana, Plesk Panel adalah control panel yang mampu menyederhanakan manajemen pengguna hosting mereka. Pengguna OS Windows dapat memanfaatkan Plesk Panel sebagai control panel alternatif dan hal inilah yang membedakannya dengan cPanel.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Control Panel Hosting dan Fiturnya

Plesk Panel juga menawarkan berbagai alat yang dapat digunakan untuk mengelola semua konten situs web dan data hosting secara efektif. Tentu saja, desain Plesk Panel yang sudah masuk ke dalam kategori UI/UX friendly juga memudahkan pengguna untuk mengelola hosting mereka. 

Kegunaan Plesk Panel sendiri ada banyak dimulai dengan mengelola email, konten situs web, database, dan skrip, serta masih banyak lagi yang bisa dilakukan. Seluruh fitur yang disediakan oleh Plesk Panel tentu menjadi kebutuhan bagi pengusaha untuk mengelola bisnis mereka secara online.


Apa Saja Kelebihan Plesk?

Plesk Panel dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk bisnis Anda. Mengapa demikian? Berikut ini beberapa kelebihan dari Plesk Panel yang perlu Anda pahami.


1. Biaya yang Terjangkau

Biaya lisensi control panel Plesk Panel dapat dibilang lebih rendah dan terjangkau karena Anda bisa menggunakannya secara gratis. Tentu saja, Plesk Panel juga menawarkan paket premium berbayar sehingga Anda dapat mengakses lebih banyak fitur yang ditawarkan.

Jika Anda memiliki kebutuhan yang banyak dengan Plesk Panel, maka tidak ada salahnya untuk berlangganan control panel ini bersama Cloudmatika. Kami menyediakan layanan Plesk Panel dengan harga yang sangat terjangkau, namun Anda sudah dapat menikmati berbagai fitur premium.


2. Memiliki Banyak Fitur Keamanan

Anda dapat dengan cepat menambahkan beberapa langkah keamanan menggunakan Plesk Panel dan dapat digunakan tanpa konfigurasi yang menyulitkan pengguna. Plesk Firewall, Revisium Antivirus, dan Fail2ban adalah fitur yang tersedia dalam Plesk Panel. Dengan konfigurasi sederhana ini, Anda pasti akan dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

Baca Juga: Cek Keamanan Website dengan Alat-Alat Berikut Ini


3. Mengoptimalkan Kinerja WordPress

Bagi Anda yang baru mengenal WordPress maupun yang sudah berpengalaman, Plesk Panel dapat membantu dalam memaksimalkan kinerja WordPress. 

Plesk Panel menawarkan WordPress Toolkit yang dapat digunakan untuk mengaktifkan manajemen terpusat dari plugin, themes, one-click hardening, dan security scan. Hal ini berguna untuk membuat pemeliharaan situs web berbasis WordPress menjadi lebih nyaman, cepat, dan mutakhir.


4. Mendukung Berbagai Macam Bahasa Pemrograman dan Database

Plesk Panel menawarkan dukungan untuk sejumlah bahasa pemrograman mulai dari PHP, Perl, Java, Tomcat, Python, CGI-BIN, dan masih banyak lagi. Bahasa pemrograman ini dapat membantu situs web Anda berjalan dengan lebih efisien. 

Plesk Panel juga menawarkan dukungan untuk sejumlah aplikasi database, termasuk MySQL, MariaDB, PostgreSQL, dan MSSQL, serta fungsi backup dan restore.


5. Kemudahan Migrasi

Kemudahan dalam migrasi adalah manfaat lain dari Panel Plesk yang dapat Anda rasakan. Pengguna dapat berpindah dengan cepat dan aman antara control panel Panel Plesk lainnya atau antara beberapa control panel menggunakan Panel Plesk.


Apa Saja Fitur Panel Plesk?

Panel Plesk menawarkan berbagai fitur menarik yang penting untuk Anda ketahui. Berikut ini, setidaknya ada 6 fitur yang sangat berguna bagi bisnis Anda.


1. Memiliki Keamanan Terbaik

Untuk memperkuat perlindungan keamanan sistem Anda, layanan Cloudmatika hadir dengan elemen keamanan yang dapat ditambahkan secara otomatis. Untuk mengamankan semua data perusahaan Anda, tidak diperlukan konfigurasi yang rumit.


2. Layanan Hosting untuk Perusahaan

Anda dapat mengelola akun klien dan server cloud dari jarak jauh dengan menggunakan Plesk Panel. Buat strategi bisnis dengan melakukan up-and-cross-selling item untuk meningkatkan pendapatan perusahaan Anda.

Baca Juga: 6 Pilihan Hosting Untuk Website Anda


3. Menyederhanakan Sistem Administrasi

Plesk Panel dapat mengelola sistem administrasi Anda secara otomatis, termasuk perencanaan, penjadwalan, pelaporan, dan kontrol ribuan host virtual dalam satu dashboard.


4. Dibuat untuk Developer

Platform terintegrasi yang dapat melakukan pengembangan dan penerapan membuat DevOps lebih mudah. Sekarang, mengupdate code dapat dilakukan kapan saja, bahkan setiap menit.


5. Gambaran Besar Agensi

Development tools terbaik untuk mengelola permintaan setiap pelanggan secara efektif. Semuanya dapat dilakukan hanya dengan satu klik, termasuk laporan branding dan penilaian.


6. Otomatiskan CMS

CMS atau Content Management System adalah sebuah software yang serbaguna dan mudah digunakan. Anda dapat mengontrol kinerja situs web atau menggunakan opsi autopilot Plesk agar sistem CMS dapat dikontrol secara otomatis.


Perbedaan Plesk dengan cPanel

cPanel dan Plesk adalah dua control panel yang paling banyak digunakan. Meski sama-sama bertujuan untuk mengelola fungsionalitas website dan hosting, kedua panel ini menawarkan berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh bisnis Anda.


1 . Dashboard Plesk vs cPanel

Dashboard Plesk memiliki tampilan yang jauh lebih modern. Di sebelah kirinya, terdapat menu utama. Menu tersebut memiliki tombol untuk domain, pelanggan, langganan, dan hal lainnya. 

Selain itu, situs webnya memiliki fungsi tampilan cepat, tinjauan sistem yang disesuaikan, dan lain-lain. Plesk juga menggunakan label seperti Manajemen Server dan Layanan Hosting. 

Dibandingkan dengan cPanel, pengguna dapat melintasi dashboard lebih mudah dalam metode ini. Namun sayangnya, pengaturan ini sering menghasilkan lebih banyak fungsi yang kurang digunakan.

Perusahaan hosting dapat menentukan fitur dan perspektif tertentu di dashboard cPanel. File, database, dan domain hanyalah beberapa bagian yang membentuk dashboard cPanel. Selain itu, cPanel memiliki kotak pencarian sehingga pengguna dapat mencari file atau fitur dengan cepat. 


2. Database di Plesk vs cPanel

Plesk mendukung database PostgreSQL dan phpPgAdmin. Hal yang perlu diperhatikan dalam Plesk ialah MyLittleAdmin dan ASP.NET Enterprise Manager.

MySQL Wizard dan phpMyAdmin juga terdapat dalam cPanel itu sendiri untuk membuat database custom. Untuk menangani database MySQL, cPanel menawarkan akses ke phpMyAdmin sehingga Anda dapat lebih mudah dalam mengelola database dan situs website.


3. Fitur Keamanan Plesk dan cPanel

Meskipun menyediakan fitur yang berbeda, tetapi kedua panel ini menyediakan banyak alat keamanan terbaik untuk menjaga dan menjamin keamanan pengguna. Berikut ini adalah beberapa fitur keamanan mereka:

Fitur keamanan Plesk meliputi:
  • Integrasi direktori aktif
  • Menggunakan media sosial untuk otentikasi
  • Sistem pencegahan intrusi Fail2Ban
  • Layanan anti-spam masuk dan keluar

Versi terbaru Plesk memungkinkan Anda menggunakan sertifikat SSL/TLS secara otomatis untuk mengamankan semua domain, domain tambahan, dan subdomain. Selain itu, fungsi "Keep Secured" memudahkan Anda untuk mengawasi keamanan situs web.

Fitur keamanan cPanel meliputi :
  • IP deny manager
  • Akses SSH / shell
  • Penyangkalan alamat IP
  • Direktori yang dilindungi kata sandi
  • Pengaturan key GnuPG untuk enkripsi
  • SSL / TLS untuk perusahaan e-commerce
  • Perlindungan situs melalui HotLink dan Leech

Fitur cPanel terbaru menawarkan antarmuka privasi direktori yang efisien, hal ini  memungkinkan penambahan kolom tindakan ke direktori dengan mudah. Administrator sistem juga dapat menggunakan fungsi ini untuk memberikan izin privasi untuk setiap subfolder. Hal ini dapat membantu menurunkan resiko serangan ketika Anda ingin mengontrol kapan harus menutup dan membuka kunci DNSSE,.


Apakah Anda tertarik menginstal Plesk?

Jika Anda belum memilikinya, silakan daftarkan bisnis atau perusahaan ke penyedia layanan VPS  terpercaya seperti Cloudmatika. Nah, Cloudmatika menawarkan solusi Plesk yang hadir dengan banyak keunggulan. Hubungi kami sekarang juga untuk menemukan solusi terbaik bagi bisnis Anda saat ini.

Whatsapp Chat Chat Kami Disini