Apa Itu Transformasi Digital atau "DX"

By 08 December, 2021

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang DX untuk memperdalam pemahaman Anda tentang konsep tersebut dan menunjukkan bagaimana hal itu dapat diterapkan sebagai strategi pertumbuhan bisnis Anda dengan menggunakan contoh-contoh yang spesifik.

Baru-baru ini, istilah “DX” atau Transformasi Digital sering muncul dalam berbagai perbincangan tentang bagaimana arah perubahan di dunia bisnis. Sementara banyak dari kita mungkin memiliki gagasan tentang pentingnya teknologi digital untuk sebuah bisnis masih belum memahami sepenuhnya mengenai perbedaan antara DX dan IT ini.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang DX untuk memperdalam pemahaman Anda tentang konsep tersebut dan menunjukkan bagaimana hal itu dapat diterapkan sebagai strategi pertumbuhan bisnis Anda dengan menggunakan contoh-contoh yang spesifik.

 

Apa itu DX atau Transformasi Digital?

Sebuah informasi menarik dari Jepang yang dilakukan oleh Industrial-X, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan DX, yang melakukan survei pada bulan Juli 2021 bahwa dari 500 manajer perusahaan yang disurvei, sekitar 52,2% mengatakan mereka tidak tahu apa itu DX. Sedangkan 30,2% pernah mendengar istilah itu, dan hanya 17,6% saja yang benar-benar tahu apa itu DX.

 

Memahami DX Lebih Jauh

Jadi, apa itu transformasi digital atau DX?

Transformasi digital atau DX yaitu melakukan perubahan untuk menggunakan teknologi digital daripada menggunakan teknologi analog secara menyeluruh dalam kegiatan sehari-hari. 

Dalam konteks bisnis, METI (Kementrian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri) Jepang mendefinisikannya sebagai “transformasi produk, layanan, dan model bisnis berdasarkan kebutuhan pelanggan dan masyarakat. Serta transformasi operasional, organisasi, proses, dan budaya dan iklim perusahaan itu sendiri dalam menanggapi perubahan yang cepat dalam lingkungan bisnis, menggunakan data dan teknologi digital untuk membangun keunggulan yang kompetitif.”

Berdasarkan definisi ini, Anda dapat melihat bahwa DX adalah ketika sebuah perusahaan telah menggunakan IT untuk mengubah organisasinya secara mendasar.

 

Mengapa Transformasi Digital atau DX Penting?

Bagaimanapun juga, menurut survei tersebut di atas, hampir dua pertiga (59,4%) dari total responden menjawab bahwa mereka "tidak berniat" untuk menerapkan DX dengan alasan "Saya tidak tahu bagaimana melanjutkan atau pendekatan apa yang harus diambil" (25,6%), "Saya tidak tahu efek atau tujuannya" (21,7%), dan "Saya tidak tahu apa yang ingin saya raih" (19,7%), menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman tentang DX dapat menghambat promosi bisnis mereka di posisi teratas.

Namun demikian, menurut laporan METI, kekurangan personel IT dapat diperkirakan akan meningkat secara signinfikan pada tahun 2025 jika DX terus diabaikan. Selanjutnya, diperkirakan bahwa sistem yang lebih tua yang menggunakan teknologi usang akan mencapai 60% dari total penggunaannya. 

Hal ini akan mengakibatkan kerugian ekonomi tahunan yang sangat besar antara tahun 2025 dan 2030. Sebaliknya, jika DX diterapkan secara luas sekarang, diperkirakan akan meningkatkan PDB riil hingga 50%.



 

Perbedaan persepsi tentang DX

Menurut survei yang sama, jawaban paling umum untuk tujuan inisiatif DX adalah “pengurangan biaya” (48,5%) dan “peningkatan kualitas dan operasional” (30,5%). 

Meskipun METI menyatakan tujuan "membangun keunggulan yang kompetitif," terlihat jelas bahwa banyak orang yang memandang DX dengan cara yang sama seperti halnya IT, yaitu untuk tujuan meningkatkan efisiensi operasional.

 

Apakah memperkenalkan IT akan menciptakan transformasi digital?

Tujuan Transformasi Digital adalah transformasi melalui penggunaan data dan teknologi digital. Namun, jika IT diperkenalkan semata-mata untuk meningkatkan efisiensi bisnis, itu masih belum bisa disebut DX. Dengan kata lain, DX adalah tujuan, dan penggunaan IT untuk mencapai tujuan itu hanyalah sarana untuk mencapai tujuan.

Pedoman Promosi DX yang diterbitkan oleh METI juga menyatakan bahwa “untuk mencapai DX, diperlukan strategi manajemen untuk mentransformasi bisnis dengan menggunakan teknologi digital, komitmen yang kuat dari manajemen, dan struktur dan sistem di dalam perusahaan yang mencakup perubahan pola pikir untuk menerapkan strategi. Tentu saja hal yang paling penting adalah memiliki visi yang jelas tentang “Apa yang ingin Anda ubah dan bagaimana caranya?” dengan menggunakan data dan teknologi digital". 

 

Studi Kasus: Contoh Penerapan Transformasi Digital

Matsushiro Industrial Co., Ltd. adalah perusahaan besar yang telah memproduksi komponen elektronik, lembaran logam presisi, dan cat sejak tahun 1958 dan telah menjadi pemimpin dalam manufaktur di Prefektur Nagano selama bertahun-tahun. 


Matsuhiro Industrial



Untuk meningkatkan proses bisnis mereka secara mendasar, perusahaan mulai menggunakan Tsukaeru FileBako -salah satu produk dari rekan perusahaan Cloudmatika yaitu Tsukaeru.net- untuk dengan mudah bertukar file dan menggunakan penyimpanan cloud untuk kebutuhan data mereka. 

Matsushiro Industrial Co. Ltd. adalah contoh yang sangat baik dari sebuah perusahaan yang telah memeluk DX dengan berani mengadopsi nilai-nilai dan teknologi baru, sementara pada saat yang sama menghargai akumulasi dan suksesi teknologi dan pengetahuan.

Raymay Fujii Co. Ltd. adalah contoh lain yang sangat baik dari pelaksanaan DX. Didirikan di Kumamoto pada tahun 1890 dan telah membangun jaringan kantor yang mencakup seluruh wilayah Kyushu dan merupakan “perusahaan kompleks yang mendukung berbagai layanan produksi intelektual” yang mengembangkan berbagai bisnis sebagai perusahaan perdagangan dan produsen alat tulis.

Di Jepang, terjadinya gempa bumi Kumamoto 2016 merupakan titik balik bagi perusahaan dalam hal menyadari pentingnya komputasi awan dan kualitas layanan. Banyak karyawan tidak dapat pergi ke kantor mereka akibat gempa, ada kebutuhan mendesak untuk membuat sistem yang memungkinkan mereka bisa bekerja secara remote. 

Namun, server cloud yang awalnya mereka instal tidak stabil dan tidak dapat diandalkan karena sistem down setiap kali ada pembaruan OS. Ketika mereka beralih ke Tsukaeru FileBako, mereka "terpesona" tidak hanya oleh stabilitasnya yang tinggi, tetapi juga biayanya yang terjangkau dan kemudahan dalam penggunaannya. 

Dalam situasi ini, penyimpanan cloud memainkan peran penting dalam membantu Raymay Fujii Co. Ltd. melanjutkan evolusinya selama 130 tahun sebagai sebuah bisnis.


Transformasi digital atau DX
 

Pemanfaatan data di dunia olahraga

Salah satu industri yang telah melihat pergeseran luar biasa ke DX adalah industri olahraga. Hal ini terutama berlaku di Major League Baseball (MLB) AS, dengan diperkenalkannya sistem yang melacak kecepatan dan rotasi lemparan, sudut peluncuran dan perkiraan jarak pemukul, dan pergerakan pemain di lapangan bisbol.

 

Kemungkinan penggunaan teknologi digital di dunia olahraga

Di masa lalu, kekuatan sebuah tim sangat ditentukan oleh kemampuan masing-masing pemain dan pengalaman pelatih. Namun, TI kini memungkinkan untuk mengumpulkan sejumlah besar informasi secara real-time, dan bagaimana informasi tersebut dianalisis dan digunakan dapat mengubah hasil permainan. 

Oleh karena itu, diperlukan tenaga ahli yang dapat menganalisis data dengan tingkat akurasi yang tinggi dan membuat sistem untuk berbagi hasil di dalam tim.

Misalnya, salah satu alasan keberhasilan tim nasional Jepang di turnamen Rugby Piala Dunia 2019 adalah karena analis data yang mengkuantifikasi dan menganalisis cuplikan video game, kecepatan dan kekuatan setiap pemain, dan formasi scrum untuk mendapatkan posisi teratas di lapangan rugby.

 

Cloudmatika FileBox


Produk Cloudmatika FileBox dari Cloudmatika yang mudah digunakan dan murah telah dipilih oleh banyak perusahaan kecil dan menengah untuk membantu mereka dalam mengimplementasikan DX.
 

Ideal untuk pengaplikasian DX: Mudah digunakan, pengguna tidak terbatas, dan fitur keamanan tingkat lanjut

Salah satu alasan mengapa Cloudmatika FileBox sangat mudah digunakan adalah karena Anda tidak perlu menggunakan tampilan atau halaman khusus untuk mengelolanya, sehingga Anda cukup mengunggah dan mengunduh data melalui browser Explorer di Windows. 

Fitur pengguna tidak terbatas membuat biaya berlangganan Anda tidak akan berubah meskipun Anda memiliki 100 atau 1.000 pengguna. Tidak perlu khawatir tentang penagihan untuk setiap pengguna yang baru. Bahkan jika jumlah karyawan bertambah. 

Selanjutnya, izin akses dapat diatur untuk setiap folder, memungkinkan komunikasi yang aman dan terjamin dengan pihak eksternal, seperti mitra bisnis. Dengan kapasitas default 3 TB, harga bulanan mulai dari 980.000 per bulan (kontrak tiga tahun, belum termasuk pajak, paket unlimited users).

Layanan uji coba gratis 14 hari juga tersedia, jadi jika Anda berpikir untuk menggunakan layanan penyimpanan cloud kami, jangan ragu untuk menghubungi kami setiap saat. Anda bisa berkonsultasi dengan kami secara Gratis.