3 Hal Penting Dalam Memilih Layanan Berbagi File Berbasis Cloud

By 01 December, 2021

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan layanan cloud karena alasan kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaannya. Layanan cloud sendiri adalah layanan penyimpanan digital yang memudahkan Anda dalam menyimpan, mengelola, dan berbagi file secara mudah, aman dan fleksibel.

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan layanan cloud karena alasan kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaannya. Layanan cloud sendiri adalah layanan penyimpanan digital yang memudahkan Anda dalam menyimpan, mengelola, dan berbagi file secara mudah, aman dan fleksibel.

Meskipun layanan cloud bisa memberikan banyak manfaat terutama untuk keperluan bisnis, masalah keamanan masih menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Terlepas dari keuntungan yang bisa didapat dalam menggunakan layanan cloud, beberapa orang tidak berani mengambil resiko karena kekhawatiran mereka terhadap keamanan data mereka.

Oleh karena itu, ketika Anda hendak memutuskan untuk menggunakan layanan cloud computing, penting sekali untuk memilih penyedia layanan yang kredibel. 

Pada artikel kali ini, kami akan membahas 3 hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih penyedia layanan penyimpanan berbasis cloud.
 

1. Keamanan Pusat Data

Saat Anda menggunakan layanan cloud, maka data Anda akan disimpan di pusat data yang disediakan oleh penyedia layanan cloud. Anda perlu mengetahui bagaimana sistem keamanan di pusat data tersebut dan fasilitas apa saja yang tersedia disana untuk memastikan data Anda benar-benar aman disana.

Salah satu cara untuk mengetahuinya yaitu dengan mengacu pada "Standar Fasilitas Pusat Data" yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Standar ini dibuat untuk memenuhi realitas global dan direvisi untuk mengatasi kondisi-kondisi tertentu yang tejadi di Indonesia, seperti bencana alam. 

Standarnya dibagi menjadi 4 tingkatan dan dapat digunakan sebagai acuan dalam menilai tingkat layanan pusat data.

Anda mungkin juga bertanya-tanya apakah pusat data yang terletak di luar negeri lebih baik daripada yang terletak di Indonesia? Jawabannya"Belum tentu", karena setiap pusat data memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Misalnya Cloudmatika yang menggunakan pusat data di Jakarta dan Cikarang yang dianggap memiliki kualifikasi yang memadai terutama karena lokasi dan letak geografisnya. 

Kualifikasi ini juga termasuk pada standar tingkat 3 pada Standar Fasilitas Pusat Data yang telah disebutkan diatas.
 

Apa Itu Standar Tingkat 3?

  1. 1. Tingkat keamanan dari bencana yang lebih tinggi daripada gedung biasa. Misalnya gempa bumi, banjir, kebakaran, dan lain-lain.
     

  2. 2. Memiliki fasilitas cadangan yang dapat menyediakan layanan cloud computing meskipun beberapa fasilitas tidak berfungsi untuk sementara waktu karena maintenance.
     

  3. 3. Memiliki akses kontrol ke dalam gedung dan ruang server.
     

  4. 4. Kualitas operasional untuk melayani klien mencapai 99,98% atau lebih tinggi.

 

Lokasi Mempengaruhi Kecepatan Transfer Data

Kecepatan transfer data bisa juga dipengaruhi oleh lokasi dari pusat data. Meskipun spesifikasi pusat data yang ditawarkan oleh penyedia layanan cloud berbeda-beda, jarak antara Anda dan lokasi pusat data juga tetap mempengaruhi kecepatan dan penggunaan data Anda.

Dalam hal ini, Lokasi pusat data Cloudmatika terletak di Jakarta dan Cikarang, dimana lokasi tersebut berdekatan dengan lokasi kantor pusat Cloudmatika yang juga berlokasi di Jakarta.

layanan berbagi file
 

2. Layanan Sistem Manajemen

Di sektor industri penyimpanan cloud, ada berbagai cara yang dilakukan untuk mengelola dan memelihara server setiap penyedia layanan. Sangat disarankan untuk memilih layanan penyedia cloud yang memiliki keamanan yang berlapis dan redundansi jaringan untuk menghindari terjadinya kebocoran informasi atau data-data penting Anda dan membuat bisnis Anda tetap online.
 

Cloudmatika menyediakan layanan customer support 24 jam dan sistem keamanan yang lengkap

Layanan pelanggan Cloudmatika selalu tersedia melalui telepon atau chat mulai pukul 09:00-17:00 WIB untuk menjawab pertanyaan dan kendala yang Anda alami. Selain itu, tentu saja Anda juga dapat menghubungi kami melalui email kapan saja.

Selain itu, jika server mengalami downtime karena ada kendala software atau kerusakan hardware, tim kami akan selalu menanggapi panggilan darurat dari Anda dengan cepat.

Cloudmatika telah beroperasi secara stabil untuk memenuhi standar kebijakan keamanan yang tinggi. Kami memiliki para ahli yang sudah berpengalaman selama 20 tahun lebih dalam menyediakan layanan hosting, seperti memfasilitasi redundansi jaringan dan pembangkit listrik internal, serta tersertifikasi ISO27001(SMKI) dalam bidang keamanan server dan jaringan.

 

3. Enkripsi Transfer Data

Enkripsi adalah bagian penting dari keamanan cloud. Saat mentransfer data dalam keadaan "raw", data tersebut sebenarnya dienkripsi oleh satu atau beberapa password dan kode matematik untuk menjaga keamanan data tersebut.

Sangat disarankan untuk memilih layanan penyedia cloud yang memiliki enkripsi terbaru karena hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan data Anda.
 

Apa itu AES-256?

Secara singkat, AES (Advanced Encryption Standard) adalah salah satu dari berbagai metode enkripsi. AES adalah teknologi enkripsi baru yang disetujui oleh NIST (National Institute of Standards and Technology) pada tahun 2001 yang saat ini telah menjadi standar algoritma enkripsi untuk data komunikasi.

AES menggunakan "Kriptografi Kunci Simetris" dimana kunci enkripsi ini sama penerapannya dalam mengenkripsi dan mendekripsi (membatalkan/undo apa yang telah dienkripsi). 

Dalam hal ini, semakin panjang data kunci kriptografi yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi, maka akan semakin aman. Panjang kunci kriptografi disebut "key length" dan umumnya dinyatakan dalam satuan "bit".

Standar enkripsi terdahulu disebut DES (Data Encryption Standard), yang memiliki key length lebih pendek dari 56 bit dan rentan terhadap serangan Brute Force. 

Sebagai perbandingan, AES memiliki key length yang lebih panjang dari DES, dengan pilihan 128, 192  atau 256 bit. Dengan kata lain, AES merupakan teknologi enkripsi yang paling aman hingga saat ini dan AES-256 memiliki key length yang terpanjang dan terkuat hingga saat ini.

layanan berbagi file
 

Cloudmatika FileBox Memberikan Keamanan dan Ketenangan

Cloudmatika FileBox adalah layanan berbagi file terbaik untuk bisnis Anda yang disediakan oleh Cloudmatika, yang menggunakan teknologi enkripsi AES-256 untuk memastikan perlindungan dan privasi terbaik bagi klien kami. 

Selain itu, FileBox juga menggunakan otentikasi 2 faktor (2FA) dan SSL untuk tampilan dashboard di web. Hal ini tentu saja memberikan keamanan yang lebih baik dalam pengelolaan data-data penting Anda.
 

Penggunaan yang Mudah dan Aman dengan Cloudmatika FileBox

Memilih penyedia layanan yang andal dan aman dapat menjadi salah satu langkah terpenting saat Anda memutuskan untuk menggunakan layanan komputasi cloud. 

Penyedia layanan semacam itu memiliki sistem manajemen yang solid dan dapat memenuhi standar keamanan yang tinggi dan sangat menguntungkan bagi sebuah bisnis dan tentu saja memberikan rasa tenang bagi Anda.

Cloudmatika FileBox mengelola data dengan sistem yang mengutamakan keamanan. Server kami dioperasikan dan dikelola oleh para staf ahli yang terampil dan berdedikasi di pusat data domestik milik kami. Penyimpanan dan transfer data Anda akan dilindungi oleh teknologi enkripsi terbaru. 

Layanan kami juga menawarkan fasilitas Unlimited user dan kapasitas sebesar 1TB dengan harga mulai dari Rp. 450.000 per bulan (Kontrak 3 Tahun), dengan rasio kinerja yang tinggi yang menjadi pilihan polpuler bagi banyak perusahaan.