Perbedaan Docker Vs Virtual Machine

By 01 February, 2021

Penggunaan aplikasi saat ini semakin terus berkembang, terlebih dengan adanya teknologi Cloud Computing membuat perusahaan berlomba-lomba untuk membuat aplikasi agar lebih fleksibel dalam melakukan pekerjaan ataupun untuk komunikasi dengan customer.

 

Apakah Anda mengetahui mengenai Virtual Machine? Dahulu, semua perusahaan ataupun orang yang sedang ingin menjalankan aplikasi itu menggunakan Virtual Machine. Namun, dengan teknologi Virtual Machine ini akan menghabiskan resource yang digunakan. Karena konsep dari Virtual Machine ini sendiri yaitu berjalan diatas OS dan membuat OS terbaru untuk Virtual Machine yang dimana ini akan membebankan kinerja dari perangkat komputer itu sendiri.

 

Namun, dengan adanya teknologi baru yang bernama Container, penggunaan Virtual Machine akan tergantikan. Karena dengan adanya teknologi Container ini sendiri memungkinkan para Developer untuk membuat aplikasi dan mendeploynya menggunakan OS yang ada di komputer itu sendiri. Dengan hal itu, akan mengurangi resource yang besar dan juga dapat berjalan dengan ringan.

 

Pada teknologi Container terdapat sebuah Container yang bernama Docker, Docker merupakan sebuah aplikasi open source yang memungkinkan Anda membuat, menguji dan menerapkan aplikasi dengan cepat. Dengan Anda menggunakan Docker, Anda dapat dengan cepat menerapkan dan menskalakan aplikasi ke lingkungan apapun. 

 

Docker merupakan salah satu solusi dari permasalahan yang sering dialami oleh para Developer untuk mengembangkan aplikasi agar dapat berjalan fleksibel di berbagai lingkungan. Kemampuan yang dimiliki oleh Docker yaitu mampu untuk menjalankan berbagai macam aplikasi dengan konfigurasi yang berbeda, walaupun dalam perangkat yang sama.

 

Berikut merupakan perbandingan antara Docker dan Virtual Machine :


 

Jika Anda tertarik dengan Docker, Cloudmatika hadir untuk layanan Docker untuk membantu permasalahan Anda. Dengan menggunakan layanan Docker yang dimiliki oleh Cloudmatika, Anda dapat menikmati keuntungan seperti :

Lebih Cepat dan Ringan

Dengan Anda menggunakan layanan Docker yang dimiliki oleh Cloudmatika ini merupakan solusi untuk menjalankan perangkat lunak agar lebih cepat dan lebih ringan sehingga user dapat menggunakan aplikasi dengan maksimal

Pay As You Use

Dengan layanan Docker yang dimiliki oleh Cloudmatika, Anda hanya dikenakan biaya bulanan/tahunan sesuai dengan penggunaan Anda sehingga biaya yang dikeluarkan akan mengikuti sesuai perkembangan bisnis Anda

Autoscale

Layanan Docker yang dimiliki oleh Cloudmatika, memiliki fitur Autoscale yang dimana Anda apat mengupgrade dan mendowngrade hanya dengan menggunakan Control Panel Cloudmatika

 

 

Apakah Anda tertarik dengan layanan Docker Cloudmatika ?

 

Hubungi Kami Untuk Mendapatkan Informasi & Penawaran 

Email    : sales@cloudmatika.com

Website  : www.cloudmatika.co.id

Telepon  : 021 28565201

Facebook : Cloudmatika 

Instagram : Cloudmatika

Linkedin  : Cloudmatika