Mengenal Apa Itu Dedicated Server serta Kelebihan, dan Cara Kerjanya

By 25 July, 2022

Apa itu dedicated server? Secara sederhana, dedicated server adalah jenis hosting yang menawarkan fasilitas server dengan skala penuh. Mari simak selengkapnya di sini!

Apa itu dedicated server? Secara sederhana, dedicated server adalah jenis hosting yang menawarkan fasilitas server dengan skala penuh dan lengkap kepada satu pengguna saja. Artinya, pengguna dedicated server akan memiliki akses penuh dan satu-satunya kepada server tersebut.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai apa itu dedicated server, kelebihannya, cara kerjanya, dan masih banyak lagi. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!
 

Jenis Layanan Seperti Apakah Dedicated Server?

Dedicated server merupakan layanan hosting yang menawarkan sebuah server secara eksklusif yang didedikasikan kepada satu pengguna. Dengan dedicated server, pengguna dapat menggunakan seluruh sumber daya yang pada pada server secara optimal untuk berbagai macam kebutuhan.

Baca Juga: Macam Jenis Server Serta Fungsinya

Dedicated server juga memungkinkan penggunanya memiliki akses atau kendali penuh untuk menentukan jenis OS atau visualisasi yang ingin digunakan. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pemasangan sistem operasi dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan server sendiri.


Apa Kelebihan Dedicated Server?

Website, aplikasi, atau perangkat lunak yang menggunakan dedicated server dapat memiliki performa yang maksimal. Selain itu, masih ada banyak sekali kelebihan dedicated server. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dedicated server yang perlu Anda ketahui.
 

1. Performa Maksimal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan dedicated server dapat memberikan performa yang maksimal karena sifat dari layanan hosting ini yang dedicated atau eksklusif hanya digunakan oleh satu pengguna. Jadi, kendala seperti downtime atau loading time yang lama dapat diminimalisir dengan sangat baik.

Sebagai perbandingan, pada shared hosting, sumber daya dari server tersebut akan terbagi sesuai dengan jumlah pengguna yang ada di dalamnya. Performa dari satu website akan bergantung kepada website lainnya. Ketika salah satu website mengalami lonjakan kenaikan lalu lintas dan mengalami overload atau bahkan crash, maka website lain yang berada di dalam satu shared hosting akan mengalami hal yang sama.

Baca Juga: Apa itu Load Balancing: Jenis dan Manfaatnya bagi Website
 

2. Akses dan Kontrol Penuh

Pengguna akan diberikan akses dan kontrol penuh dari server tersebut jika menggunakan dedicated server. Selain itu, pengguna juga dapat dengan mudah menambahkan perangkat lunak yang dibutuhkan serta memilih sistem operasi yang diinginkan. Dengan begitu, pengguna dapat leluasa mengatur kapasitas dan pembagian sumber daya yang dimiliki oleh server tersebut.
 

3. Privasi dan Keamanan Terjamin

Privasi dan keamanan memang merupakan faktor yang sangat penting dalam berbagai macam hal, apalagi industri bisnis. Dedicated server dapat memberikan privasi dan keamanan yang lebih terjamin karena pengguna tidak harus berbagi server dan seluruh isi di dalamnya. Anda tidak akan memiliki tetangga yang dapat mengganggu. Dengan begitu, privasi dan sistem keamanan server akan lebih terjaga.

Baca Juga: Cek Keamanan Website dengan Alat-Alat Berikut Ini
 

4. Efisiensi Waktu dan Biaya

Jika saat ini perusahaan menggunakan layanan dedicated server, Anda dapat mengefisiensikan waktu dan biaya. Biasanya, tim teknis dari perusahaan penyedia layanan dedicated server akan melakukan perawatan rutinan terhadap server tersebut, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk itu. Selain itu, Anda juga tidak perlu membuang biaya lebih untuk membeli server. Jadi, waktu yang didapat dari pengurangan tugas-tugas tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan hal lain.
 

Bagaimana Cara Kerja Dedicated Hosting Server?

Cara kerja dedicated server dapat diibaratkan dengan ketika Anda membeli rumah. Setelah membeli rumah, Anda dapat melakukan apa saja terhadap rumah tersebut, seperti mengisi ruang tengah dengan TV, sofa, karpet, atau perabot lainnya yang dibutuhkan. Begitu pula dengan dedicated server, setelah mendapatkan layanan tersebut, Anda dapat melakukan kustomisasi sepuasnya sesuai kebutuhan terhadap server tersebut.

Sebagai contoh, Anda dapat memilih sistem operasi yang ingin digunakan, menambahkan berbagai macam program atau perangkat lunak yang dapat menunjang kinerja server, mengembangkan program baru, dan bahkan memodifikasi serta mengoptimasi program sesuai keinginan. Semua hal tersebut dapat Anda lakukan karena pengguna dedicated server akan diberikan akses dan kontrol penuh terhadap server tersebut.

Dedicated server ini sangat cocok untuk perusahaan besar, instansi pemerintahan, serta organisasi besar lainnya yang membutuhkan sumber daya dalam jumlah besar karena permintaan lalu lintasnya yang tinggi. Dengan menggunakan dedicated server, Anda dapat menggunakan seluruh sumber daya yang ada.
 

Kapan Anda Harus Beralih Menggunakan Dedicated Server?

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda harus beralih menggunakan dedicated server, seperti sumber daya yang tidak cukup, downtime, serta loading time menjadi lama. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
 

1. Sumber Daya Tidak Cukup

Ketika website Anda sudah menjadi besar dengan ribuan atau bahkan puluhan ribu pengunjung per harinya, maka kebutuhan akan sumber daya server akan meningkat. Jika kebutuhan sumber daya server tersebut tidak dapat dipenuhi, maka website Anda akan mengalami overload atau bahkan peringatan suspend.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka Anda dapat beralih menggunakan layanan dedicated server. Jika website menggunakan dedicated server, Anda tidak perlu berbagi sumber daya server sehingga penggunaannya dapat lebih maksimal. Jadi, website Anda dapat tetap berjalan dengan optimal.
 

2. Downtime

Downtime adalah kondisi di mana sebuah website tidak dapat diakses sama sekali, baik itu melalui front end maupun back end. Jika sebuah website mengalami downtime, artinya server web hosting yang digunakan sudah tidak kuat menampung kebutuhan website tersebut. Ketika website mengalami downtime, akan ada banyak sekali kerugian yang bisa didapatkan.

Downtime yang terjadi sekali atau dua kali ketika sedang diakses memang merupakan hal yang wajar, bisa saja perawatan server sedang dilakukan dan perusahaan penyedia layanan hosting lupa memberi tahu Anda. Namun jika downtime sudah terjadi sampai hitungan jam, atau bahkan hari, maka itu adalah tanda bahwa Anda harus beralih menggunakan dedicated server.
 

3. Loading Time Lama

Loading time, atau kecepatan mengakses, website merupakan hal yang harus diperhatikan agar pengunjung dapat dengan nyaman mengakses dan menelusuri website Anda. Loading time yang lama biasanya dipengaruhi oleh besarnya ukuran data yang ada di dalam website serta sumber daya yang dibutuhkan.

Jika Anda menggunakan shared hosting di mana penggunanya harus berbagi server, maka hal seperti ini memang wajar terjadi sesekali. Namun, jika hal ini selalu terjadi, maka artinya Anda harus mulai beralih menggunakan dedicated server agar loading time dari website Anda dapat kembali normal atau bahkan dapat menjadi lebih cepat.
 

Bagaimana Cara Memilih Layanan Dedicated Server yang Tepat?

Ketika Anda hendak memilih dedicated server, ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan, antara lain:
  • Spesifikasi server: Spesifikasi server dari dedicated server harus merupakan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga teknologi yang digunakan merupakan yang terbaru atau up to date.
  • Keamanan: Tentu saja Anda harus memastikan layanan dedicated server yang dipilih memiliki sistem keamanan yang baik agar dapat terhindar dari kerugian yang tidak diperlukan.
  • Teknisi berpengalaman: Perusahaan penyedia layanan dedicated server akan menawarkan perawatan oleh teknisi mereka. Pastikan teknisi yang melakukan perawatan tersebut memiliki pengalaman agar server dapat bekerja dengan optimal.
  • Layanan customer: Pastikan layanan dedicated server yang Anda pilih memiliki layanan customer yang aktif 24/7 agar ketika ada masalah Anda bisa langsung menghubungi mereka.

Jika Anda ingin menggunakan layanan dedicated server, Anda dapat menggunakan Virtual Private Cloud dari Cloudmatika. Ada banyak sekali fitur dari Virtual Private Cloud Cloudmatika yang dapat membantu mentransformasi bisnis Anda. Selain itu, biayanya juga terjangkau karena teknologi Hyperconverged infrastructure yang didukung oleh Virtuozzo Hybrid Infrastructure yang digunakan.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan VPC dari Cloudmatika? Anda dapat menghubungi tim Cloudmatika di sini. Semoga penjelasan mengenai apa itu dedicated server serta kelebihan, cara kerja, dan pembahasan lainnya dapat membantu Anda.