Memahami Cara Mengatasi Server Down Dengan Mudah dan Penyebabnya

By 25 July, 2022

Website Anda mengalami down? Kenali beberapa cara mengatasi server down dalam artikel yang dibuat oleh Cloudmatika ini, agar kepuasan pengunjung tetap terjaga.

Cara mengatasi server down menjadi hal penting yang perlu Anda ketahui dalam menjaga kelangsungan suatu bisnis. Mengapa demikian? Di era digital seperti sekarang, website memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung suatu bisnis dalam mendapatkan pelanggan.

Banyak orang yang melakukan website checking sebelum membeli suatu produk. Ketika website atau server yang Anda gunakan down, tentu ini akan memengaruhi calon pelanggan dalam melakukan pembelian suatu produk yang Anda jual.

Lantas, apa saja cara untuk mengatasi server down? Mari simak ulasan lengkapnya hanya di artikel ini!
 

Apa Saja Penyebab Server Menjadi Down?

Sebelum kita ke pembahasan inti, ada baiknya Anda kenali dahulu beberapa penyebab yang sering membuat server menjadi down berikut ini.
 

1. Jumlah Traffic yang Membludak

Jumlah traffic atau pengunjung website yang terlalu banyak sering menjadi penyebab utama server menjadi down. Ini biasanya terjadi karena kapasitas hosting yang digunakan tidak memadai, sehingga mengakibatkan website sulit diakses oleh banyak pengunjung secara bersamaan.
 

2. Adanya Masalah pada DNS

DNS atau Domain Name Server adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengubah URL website menjadi bentuk IP Address. Pastikan bahwa DNS ini sudah terpasang dengan baik pada hosting website Anda. Jika pemasangan DNS tidak dilakukan dengan benar, maka website Anda bisa jadi tidak ditemukan di internet dan membuat orang yang mencarinya hanya akan menemukan halaman error atau website menjadi down.
 

3. IP AddressTerblokir

IP address yang terblokir juga bisa menjadi penyebab server mengalami down. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda terlalu banyak mengakses server, sehingga dicurigai melakukan serangan DDoS (Distributed Denial of Service) oleh firewall yang bertugas melindungi server website. Jika itu terjadi, maka website yang Anda cari akan sulit diakses dan menjadi down.
 

4. Serangan Hacker

Serangan hacker juga bisa menjadi salah satu penyebab server down. Beberapa serangan hacker yang sering dilakukan untuk membuat server down diantaranya adalah SQL Injection, DDoS, malware, dan XSS. Hacker biasanya akan membuat traffic website meningkat drastis, sehingga server tidak bisa berjalan dengan efektif dan mengakibatkan down bahkan hingga mati sistem.
 

5. Terjadi Bencana Alam

Bencana alam menjadi salah satu penyebab server down yang tidak bisa diprediksi. Langkah terbaik untuk membantu mengatasi masalah ini adalah dengan selalu melakukan backup data secara rutin. Meskipun server mengalami down, tetapi setidaknya data yang Anda milik tetap aman, sehingga lebih mudah untuk melakukan recovery sistem. 

Baca Juga: Pengertian Disaster Recovery serta Langkah, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan Anda
 

5. Penggunaan Aplikasi Bajakan

Penggunaan aplikasi tidak resmi atau bajakan dapat mengganggu kinerja hosting website Anda hingga menyebabkan server down. Oleh karena itu, pastikan bahwa semua aplikasi yang Anda install pada hosting website berasal dari situs resmi atau tepercaya.
 

6. Masalah pada Coding

Kesalahan pada penulisan coding juga turut menjadi penyebab laman suatu website menjadi down. Bahkan, pada beberapa kasus kesalahan penulisan coding bisa mengakibatkan seluruh laman website menjadi error dan terhapus. Maka dari itu, penulisan coding ini harus benar-benar diperhatikan dengan jeli.
 

7. Maintenance Server

Maintenance server menjadi penyebab yang paling umum server mengalami down. Maintenance server perlu dilakukan secara berkala untuk mengatasi masalah yang ada pada server, meningkatkan performa, penambahan fitur dan lain-lain. Namun, maintenance server biasanya dilakukan di luar jam produktif dengan durasi yang singkat, sehingga aktivitas pengguna website tidak terlalu terganggu.



Cara Cek Apakah Website Down?

Selain memahami penyebabnya, Anda juga perlu mengetahui beberapa tools di bawah ini untuk membantu dalam memastikan server sedang mengalami down atau tidak. Berikut adalah daftarnya.
 

1. Isitdownrightnow.com

Tools ini dapat membantu Anda untuk mengetahui suatu server sedang down atau tidak. Penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya tinggal memasukkan alamat website yang ingin diperiksa, lalu tekan “CHECK”. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai, maka akan keluar hasilnya.
 

2. Downforeveryoneorjustme.com

Sama seperti cara sebelumnya, penggunaan tools ini juga sangatlah mudah, yaitu dengan memasukkan URL website yang ingin dicek pada kolom pencarian yang tersedia. Uniknya, tools ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah server down hanya terjadi pada Anda saja atau semua orang.
 

3. Isitdown.us

Tampilan website ini memiliki UI yang sangat sederhana dibandingkan tools lainnya, sehingga memudahkan user untuk menggunakannya. Pada website ini, Anda hanya perlu mengetikkan nama website yang ingin dicek pada kolom yang tersedia, kemudian klik “is it down?”. Tunggu beberapa saat untuk mengetahui hasilnya.
 

4. Down.com

Pilihan tools lainnya untuk mengetahui server down yang bisa Anda coba adalah website down.com. Website ini memiliki tampilan yang  keren, namun tetap user friendly dan mudah dioperasikan. Masukkan domain website yang ingin dicek, tunggu beberapa saat, maka Anda akan mengetahui hasilnya.
 

5. Site24x7.com 

Terakhir, Anda bisa mengunjungi situs site24x7.com untuk mengetahui informasi terkait server yang sedang down. Situs ini bisa memberikan informasi status aktif server dari berbagai belahan dunia, sehingga Anda bisa mengetahui website sedang mengalami down di negara  mana saja.
 

Bagaimana Cara Mengatasi Server Down?

Apa yang harus dilakukan saat server sedang down? Sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah server down. Berikut ini kami sajikan beberapa diantaranya.
 

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Koneksi internet yang kurang stabil atau bermasalah membuat Anda tidak bisa mengakses suatu situs website, bukan? Maka dari itu, Anda jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwa server sedang down. Pastikan dulu koneksi internet yang Anda gunakan lancar tanpa kendala.
 

2. Periksa Status Website

Saat Anda menemukan situs website yang sulit diakses, jangan langsung menilai server mengalami down. Pastikan dulu statusnya dengan melakukan pengecekan menggunakan tools  yang sudah dijelaskan di atas. Anda juga bisa langsung menanyakan status website tersebut kepada customer service melalui media sosial perusahaan terkait.

Baca Juga: Cek Keamanan Website dengan Alat-Alat Berikut Ini
 

3. Bersihkan Cache Browser

Cache browser sendiri merupakan data sementara yang disimpan pada browser. Kadangkala cache browser dapat menjadi kendala suatu website tidak bisa diakses. Oleh sebab itu, menghapus cache browser ini perlu Anda lakukan agar tidak menjadi kendala yang menyebabkan server down.
 

4. Bersihkan Cache DNS

Selain cache pada browser, operating system laptop/PC juga menyimpan cache DNS yang merupakan cache koneksi. Sama halnya dengan cache browser, cache DNS juga bisa menjadi kendala suatu website tidak dapat diakses bahkan tidak bisa ditemukan. Jadi, jangan lupa untuk selalu membersihkan cache DNS ini, ya.
 

5. Hubungi Penyedia Layanan Hosting

Apabila sudah melakukan semua pengecekan terhadap website, namun tidak ditemukan kendala apa pun, Anda bisa langsung menghubungi pihak penyedia layanan hosting untuk menanyakan terkait server down tersebut. Bisa jadi ini karena server yang digunakan sedang dalam perbaikan atau memang kualitasnya kurang baik, sehingga sering mengalami down.

Itulah cara-cara yang bisa dicoba ketika website atau server yang Anda gunakan mengalami down, hingga sulit diakses. Ketika server down, data yang disimpan rawan sekali hilang. Hal ini tentu akan sangat merugikan bisnis Anda. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan layanan Cloudmatika Cloud Backup.

Cloudmatika Cloud Backup bisa menjadi solusi yang tepat untuk melakukan backup data yang cepat, skalabel, dan dapat diandalkan untuk file, aplikasi, dan sistem yang lengkap. Pulihkan dengan cepat ke hardware apa pun untuk meminimalisir downtime dan menghilangkan produktivitas. Hubungi Cloudmatika sekarang juga untuk konsultasi cara mengatasi masalah server down lebih lanjut.