Transfer Domain

Transfer Domain adalah memindahkan domain dari penyedia domain ke penyedia domain lainnya. Sebagai contoh Anda sebelum nya memiliki domain blabla.com dari penyedia domain (registrar) dari luar negeri kemudian Anda ingin domain tersebut dipindahkan ke Cloudmatika agar dapat dibayarkan melalui mata uang rupiah dan tidak kesulitan dengan pajak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan Transfer Domain.

Syarat melakukan Transfer Domain:

  • Pemilik domain harus memiliki akses email yang terdaftar di domain tersebut.
  • Pemilik domain memiliki EPP Code. Biasanya dikirimkan melalui email apabila permintaan transfer domain telah diajukan ke penyedia domain.
  • Domain harus setidaknya sudah aktif minimal 60 hari sebelum proses transfer domain dilakukan.
  • Transfer Domain dapat dilakukan setidaknya 1 bulan sebelum domain tersebut expired. Apabila sudah 1 bulan sebelumnya, Anda perlu memperpanjang domain di penyedia domain (registrar) sebelumnya kemudian baru bisa melakukan transfer domain.
  • Whois Protection harus di nonaktifkan terlebih dahulu sebelum melakukan Transfer Domain.

Apabila Anda akan melakukan Transfer Domain dari Penyedia Domain lain ke Cloudmatika. Silahkan menggunakan opsi ADD YOUR DOMAIN

Pointing Domain

Pointing Domain adalah mengarahkan suatu domain ke IP Server Anda. Penyedia domain akan mengarahkan ke suatu IP apabila seseorang mengakses domain Anda. Sebagi contoh, Anda memiliki website blabla.com diarahkan menuju IP Public Server Anda 111.111.111.111 kemudian user dapat mengakses website atau layanan dari server Anda.

Pointing Domain dapat dilakukan dengan melakukan konfigurasi pada:

  1. A Record
  2. Nameservers
    Demikian perbedaan Transfer Domain dan Pointing Domain. Semoga dapat membantu Anda memahami lebih lanjut tentang Domain.

Copyright © 2019 Cloudmatika. A Division of PT. Awan Solusi Informatika. All rights reserved.

MEMBER OF
Top