Cloudmatika Logo

Pentingnya Menggunakan Web Application Firewall Untuk Website

By Cloudmatika 09 June, 2020

Web Application Firewall atau biasa dikenal dengan istilah WAF ini merupakan salah satu aplikasi Firewall untuk aplikasi HTTP. Pada dasarnya WAF ini merupakan gatekeeper untuk sebuah website. WAF sendiri termasuk aplikasi yang mampu melindungi situs website dan juga web aplikasi Anda dari cyber attack seperti halnya dengan cross-site-scripting (XSS), SQL injection, DDoS, cross-site forgery dan masih banyak lagi lainnya. Sistem WAF sendiri akan memantau dan juga memfilter lalu lintas yang masuk pada website aplikasi Anda. WAF ini akan menganalisis permintaan GET dan juga POST yang dikirim melalui HTTP dan HTTPS. Kemudian menerapkan aturan Firewall yang dikonfigurasikan untuk mengidentifikasi lalu lintas. WAF kemudian akan memblokir dan menolak akses apabila menemukan lalu lintas mencurigakan atau lalu lintas yang memiliki indikasi sebagai ancaman untuk keamanan pada sebuah website. Anda sebagai orang atau pebisnis yang bergerak di bidang bisnis online pasti akan sangat membutuhkan website bukan. Tentunya website yang terjaga keamanannya, karena saat ini banyak sekali hacker yang melakukan berbagai cara untuk merusak bahkan mengalihkan website Anda. Itulah yang membuat banyak orang membutuhkan Web Application Firewall untuk website mereka. Sebelumnya apakah Anda sudah tahu mengapa Web Application Firewall ini sangat dibutuhkan? Jika belum tahu simak dulu ulasannya dibawah ini dan dapatkan aplikasi untuk mengamankan website terbaik.

Apakah WAF Penting? Mengapa Anda Membutuhkan Web Application Firewall?


Bisnis yang ada di Indonesia dan bahkan di dunia semakin berkembang dengan pesat. Terutama dengan semakin modern dan canggihnya teknologi saat ini. Tentu saja mampu membuat semakin banyak dan beragamnya jenis bisnis yang bisa ditekuni. Pastinya mampu memberikan Anda mendapatkan lebih banyak keuntungan. Bisnis yang semakin banyak digeluti saat ini sudah pasti bisnis online. Banyak sekali yang sudah menggeluti bisnis yang satu ini. Baik itu dari kalangan remaja hingga dewasa semakin banyak yang berbisnis online. Melihat bisnis online yang sudah semakin berkembang seperti saat ini. Maka sistem keamanan website menjadi salah satu hal yang harus diprioritaskan. Tidak hanya website besar saja yang akan menjadi target serangan hacker. Website yang berukuran kecil saja memiliki peluang yang sama besar untuk menjadi target serangan hacker. Inilah mengapa saat ini banyak sekali pebisnis online yang menggunakan website merasa khawatir akan website yang mereka miliki. Jangan sampai terkena hacker dari orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk lebih aman nya website bisnis Anda harus menggunakan Firewall untuk website Anda. Saat ini sudah semakin banyak orang yang mengembangkan Firewall untuk website yang bisa Anda ajak kerja sama. Dengan begitu, website Anda akan lebih aman dari para hacker di luar sana. Selain keuntungan tersebut, inilah alasan Anda membutuhkannya:

  • Mampu Melindungi Data Perusahaan Dan Juga Pelanggan

Peretas atau hacker menyerang situs website perusahaan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan data-data yang sensitif. Data tersebut nantinya bisa mereka gunakan untuk melakukan penipuan. Bahkan menjualnya ke pihak yang tidak sah maupun melakukan pemerasan. Dengan menggunakan Firewall inilah, maka website Anda akan mendapatkan perlindungan dari lalu lintas yang mencurigakan.

  • Melindungi Reputasi Bisnis

Mengalami pelanggaran data akan membawa pengaruh yang buruk untuk reputasi dari perusahaan Anda saat ini. Orang-orang akan cenderung sulit untuk menaruh kepercayaan pada perusahaan Anda. Hal ini disebabkan karena perusahaan tidak dapat melindungi data-data penting dari perusahaan. Baik itu milik pelanggan, karyawan bahkan data pribadi milik perusahaan tersebut. Itulah mengapa Anda sebagai pengguna website atau pemilik website juga harus tahu pengaman website tersebut. Sehingga Anda tidak akan pernah merasa rugi jika menggunakan pengaman untuk website.

  • Terhindar Dari Tuntutan Hukum

Hilangnya informasi sensitif yang dialami oleh pelanggan memang dapat membawa masalah serius untuk perusahaan. Selain bisa kehilangan reputasi, Anda juga bisa terkena tuntutan hukum dan harus membayar denda. Dengan sistem keamanan website yang baik, maka perusahaan bisa terhindar dari pelanggaran data. Anda pasti tidak ingin terkena denda bahkan berurusan dengan pihak yang tidak diinginkan bukan. Karena hal tersebut bukan kesalahan Anda sendiri.

Ketahui Juga Berbagai Kategori Web Application Firewall

Perlu Anda ketahui bahwa WAF ini memiliki beberapa kategori yang harus Anda tahu. Tentunya akan membantu Anda dalam memilih mana yang Anda butuhkan saat ini. Berikut ini beberapa kategori WAF yang harus Anda ketahui, seperti:

  • Network Based WAF

Pada umumnya, Network based WAF merupakan salah satu jenis Firewall yang memanfaatkan perangkat keras. Karena di instal secara lokal dan sistem ini dapat meminimalkan jumlah latency. WAF berbasis network biasanya akan membutuhkan biaya yang cukup tinggi, storage dan maintenance untuk perangkat fisik.

  • Host-Based WAF

WAF yang berbasis host di deploy secara langsung ke hosting server dan bahkan bisa di integrasikan dalam kode aplikasi. WAF sendiri termasuk kategori yang menawarkan lebih banyak kemampuan untuk bisa dikustomisasi.

  • Cloud-Based WAF

Web Application Firewall berbasis cloud ini sangat mudah untuk diimplementasikan. WAF yang berbasis cloud biasanya juga aka menawarkan instalasi turkey untuk bisa membantu mengarahkan lalu lintas.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda tahu mengenai WAF sebelum menggunakannya. Karena tidak semua orang tahu apa itu WAF dan kegunaannya. Di bawah ini kami akan merekomendasikan jasa penyedia aplikasi firewall terbaik untuk Anda.

Anda Membutuhkan Web Application Firewall Yang Aman Dan Tepat? Di Sini Tempatnya!

Semakin banyaknya orang yang memiliki bisnis online pasti akan membutuhkan yang namanya website. Karena di dunia digital yang semakin canggih ini. Sudah pasti akan memudahkan masyarakat dalam menjangkau berbagai hal bahkan informasi melalui internet. Itulah yang membuat banyak orang menggunakan website untuk memulai bisnis online. Apakah Anda juga memiliki website? Anda harus hati-hati jika memiliki. Karena saat ini banyak peretas atau hacker yang pastinya sangat merugikan Anda. Mereka bisa mengalihkan website Anda pada orang lain. Pastinya akan ada banyak dampak buruk yang bisa Anda dapatkan. Sebelumnya, apakah Anda sudah tahu bahwa saat ini banyak jasa pembuat aplikasi Firewall khusus untuk website. Tentu saja Anda akan lebih mudah memilih mana yang tepat dan aman untuk website Anda. Cloudmatika menyediakan Web Application Firewall yang benar-benar aman. Dimana banyak yang sudah menggunakan aplikasi Firewall dari Cloudmatika. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan Web Application Firewall dari Cloudmatika.
 
Hubungi Kami Untuk Mendapatkan Informasi & Penawaran

Email        : sales@cloudmatika.com
Website    : www.cloudmatika.co.id
Telepon    : 021 28565201
Facebook : Cloudmatika
Instagram : Cloudmatika
LinkedIn   : Cloudmatika