Cloudmatika Logo

Bagaimana Memilih Web Hosting Yang Tepat Untuk Perusahaan Anda

By Cloudmatika 30 November, -0001

Server sangat diperlukan dalam menjalankan website ataupun aplikasi lainnya. Memilih server untuk website perusahaan Anda merupakan hal yang krusial. Banyaknya pilihan jenis server membuat beberapa perusahaan sulit dalam menentukan servernya. Pada artikel terbaru ini, kami akan mendiskusikan apa yang harus Anda ketahui dalam memilih server & beberapa tips dalam memlih server untuk perusahaan Anda 

Apa Itu Server ?

Dalam membuat sebuah website & mempublikasikannya di internet Anda memerlukan server. Dimana server ini berfungsi untuk menyimpan beberapa element & file (Text,gambar, video, dll) yang ditampilakan di website. 

Server dapat dikonfigurasi oleh perusahaan ataupun perseorangan tetapi biasanya untuk membuat server banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti membuat server, mengelola server & mengatasi masalah yang terjadi pada server yang dimiliki. 

Itu adalah beberapa tantangan yang sering perusahaan hadapai, akhirnya beberapa perusahaan memilih untuk menyewa server. Dengan memilih menyewa server perusahaan tidak memiliki kewajiban dalam membeli server, dikarenakan server fisik telah disedikan oleh penyedia jasa.

Hal-Hal Yang Harus Di Pertimbangkan Ketika Memilih Cloud  Server 

Ada banyak tipe server yang tersedia saat ini & bagaimana memilih solusi yang tepat untuk perusahaan Anda diperlukan banyak pertimbangan. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih server, penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan Anda & beberapa pertimbangan lainnya. 

Estimasi Jumlah Pengunjung Website 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui beberapa banyak pengunjung yang mengakses website Anda. Ini akan membantu Anda mengetahui jumlah RAM, CPU & Storage yang diperlukan untuk website Anda sehingga apabila Anda mengetahui hal ini Anda dapat menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti lamanya pengunjung mengakses website Anda. 

Tentukan Kebutuhan & Biaya Yang Anda Miliki 

Ketika memilih penyedia layanan server , pastikan Anda mencari yang sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Dengan cara ini Anda akan dapat memilih server terbaik berdasarkan prioritas yang telah Anda tentukan sebelumnya. 

 

Perbedaan Tipe Cloud Server 

Berikut beberapa tips bagaimaana memilih solusi cloud server yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan Anda, jika Anda sedang mempertimbangakan untuk memperpanjang kontrak server Anda atupun mengganti jasa penyedia cloud server Anda 

Memahami Perbedaan Tipe Cloud Server 

Ada beberapa tipe server yang dapat Anda sewa yaitu : Shared Hosting, Virtual Private Server & Dedicated Server. Mari ketahui beberapa fitur, kelebihan & kekurangan dari beberapa tipe cloud server

Shared Hosting

Shared Hosting adalah layanan cloud server yang dipergunakan oleh banyak pengguna dengan satu server. Shared hosting merupakan layanan yang populer dipergunakan saat ini karena merupakan layanan yang cukup murah untuk kebutuhan yang simple (Website, Email Perusahaan dll)

Disisi lainya dengan menggunakan shared hosting ada berberapa kekurangan yang dimiliki seperti beberapa fitur kustomisasi yang terbatas & performa server yang berdampak pada pengguna lain. 

Shared hosting jika di analogikan seperti rumah dimana Anda harus berbagi rumah, dimana Anda memiliki kamar sendiri tetapi Anda harus berbagai dapur, kamar mandi dan lainnya. Penyedia cloud mengelola area umum, sementara penyewa harus mengelola ruangan yang telah mereka sewa. Shared hosting cocok untuk mereka yang tidak memerlukan banyak waktu untuk mengelola server Anda. 

Rekomendasi : Website Perseorangan , Website dengan penggunjung yang masih sedikit dll

Kelebihan  

Biaya yang rendah & terjangkau
Tidak memerlukan keahlian khusus & mudah untuk di implementasikan
Penyedia jasa cloud yang memiliki tanggung jawab untuk mengelolanya. 

Kekurangan  
Performance server yang saling berdampak satu sama lain
Kustomisasi yang terbatas
Performance yang lambat 

VPS

Virtual Private Server adalah layanan yang menggunakan teknologi virtualisasi yang membagi server fisik menjadi server yang terpisah untuk setiap pengguna. Setiap server masing-masing memiliki CPU, RAM, Storage & Operasi Windows yang terpisah sehingga tidak terpengaruh pada server lainnya.

Virtual Private Server dapat di analogikan sebagai apartment. Memiliki spesifikasi tinggi, fleksibiltas & harga yang masuk akal dengan performa server yang tinggi. 

Berikut perbedaan Virtual Private Server dengan Shared Hosting adalah dimana apabila Anda berlanggan Virtual Private Server Anda dapat mengcustom ataupun mengubah OS, Aplikasi dll. Apabila Anda berlanggan Virtual Private Server Anda memerlukan technical skill. Dengan perbandingan Shared Hosting & Dedicated Server, kami merekomendasikan dedicated server untuk perusahaan Anda. 


Kelebihan
Memiliki sistem Adminstrator sendiri.
Dapat menentukan OS,CPU, RAM & Storage yang Anda miliki.
Dengan menggunakan Virtual Private Server, server lebih stabil.

Kekurangan
Mungkin tidak scalable seperti dedicated server
Memerlukan skill  khusus 

 

Dedicated server

Dedicated server adalah layanan dimana penyedia jasa server menyediakan satu server fisik hanya untuk perusahaan Anda. Dengan menyewa dedicated server Anda memiliki kebebasan & stabilitas yang tinggi tetapi memerlukan biaya yang mahal. 

Dengan tipe Dedicated server Anda harus mengelola server fisik. Dengan dedicated server Anda seperti membangun rumah sendiri dimana Anda memiliki server dengan performa yang tinggi, stabil, dapat di custom sesuai kebutuhan Anda. Namun dengan menggunakan menggunakan dedicated server Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

 

Kelebihan

Memiliki server dengan performa tinggi
Dapat mengkustom server sesuai kebutuhan Anda
Tidak berdampak pada pengguna lainnya 

Kekurangan 

Biaya mahal 
Memerlukan skill khusus 

 

Spesifikasi : CPU & Kapasitas memori 

Berdasarkan spesifikasi server terdapat kecepatan server dan respon terhadap website. Secara khusus perusahaan Anda harus memperhatikan CPU,RAM & kapasitas memori. Semakin tinggi nilainya semakin baik kinerjanya 
 

Koneksi Internet: Kecepatan Upload & Download 

Kecepatan bandwith upload & download pada VPS 
 

Backup Otomatis Yang Harus Digunakan Untuk Bisnis Anda

Ini adalah ide yang bagus untuk menggunakan backup otomatis untuk server Anda, dengan memiliki layanan backup otomatis apabila terjadi masalah seperti data yang terhapus dari website Anda, Anda dapat memulihkan data Kembali. 

Support Yang Di Miliki 

Anda juga harus melihat support yang mereka miliki seperti apakah mereka memiliki support yang dapat dihubungi dari berbagai channel seperti telepon, email & chat. 
 

Jika anda tertarik untuk menyewa Cloud Server kami merekomendasikan VPS Cloudmatika yang telah banyak di gunakan di Indonesia. VPS dari Cloudmatika merupakan VPS dengan performa tinggi, tim support 24/7 dengan harga yang terjangkau. 

 

 

Klik disini untuk detail Cloudmatika Cloud VPS