Zimbra Salah Satu Jenis Email Bisnis Terbaik Yang Bisa Dipilih

By 20 July, 2020

Electronic mail (surat elektronik) atau yang kerap kita sebut dengan email merupakan salah satu sarana komunikasi internet untuk mengirimkan pesan. Yang mana bisa mengirimkan pesan elektronik ke alamat tujuan tidak terbatas oleh ruang serta waktu. Dalam pembuatan email sendiri pun tidak sulit dan terbilang cukup mudah. Pemakaian email sendiri pun tidak hanya untuk kebutuhan pribadi saja. Tetapi juga bisa digunakan untuk skala UKM sampai perusahaan. Dan dampak yang diberikan tentunya signifikan bagi penggunanya. Harus diketahui dengan baik terlebih dahulu, email yang digunakan untuk pribadi biasanya berbeda untuk bisnis. Untuk email bisnis biasanya menggunakan mencantumkan nama perusahaan. Sehingga email tersebut memiliki kesan profesional dan berbeda.
 
Pilih Zimbra Sebagai Pilihan Email Bisnis Anda
 
Untuk email bisnis sendiri biasanya memanfaatkan email collaboration. Lalu apa sih yang disebut sebagai email collaboration ini? Email collaboration atau email kolaboratif sendiri merupakan kotak masuk yang bisa diakses oleh beberapa orang. Misalnya Anda memiliki tim untuk mendukung customer support atau billing. Maka Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Dengan adanya layanan email bisnis ini, maka isi inbox tidak akan berantakan. Sebab layanan dari email bisnis ini membantu mengorganisir setiap akses anggota. 
Inilah beberapa jenis email bisnis yang bisa dipilih. Ada Zimbra Mail & Collaboration yang menjadi pilihan terbaik untuk bisnis.
 
1. Gsuite
Email bisnis dari Google ini diluncurkan pada 28 Agustus 2006. G Suite menawarkan paket lengkap apps intelligence yang mampu membantu bisnis berkembang secara dinamis. Untuk email bisnis satu ini mempunyai beragam aplikasi komunikasi. Seperti email, drive, chat, kalender, konferensi, dokumen office dan video yang bisa digunakan mengedit bersamaan.  Untuk email bisnis satu ini menawarkan tiga versi. Yakni Basic, Business, dan Enterprise. Dari segi harga, tentunya berbeda-beda tergantung fitur dan fasilitas. Serta versi yang dipilih. 
 
2. Office 365
Tidak hanya Google yang menawarkan solusi email bisnis, Microsoft pun tidak mau kalah. Perusahaan perangkat lunak satu ini pun memberikan solusi untuk email bisnis Anda. Yakni layanan email bisnis Microsoft Office 365 yang diluncurkan pada bulan Juni 2011. Yang membuat berbeda antara G Suite dan Office 365 adalah beberapa layanannya bekerja. Dengan berlangganan paket tertentu, pengguna tidak hanya mendapatkan akses ke Office Web Apps. Tetapi juga dilengkapi salinan lengkap Microsoft Office untuk Windows atau Mac.
 
3. ECCS
ECCS atau yang disebut Email Cloud Collaboration Suite ini pun turut ambil bagian dalam solusi pilihan email bisnis. Email bisnis ini merupakan layanan email yang memiliki penyimpanan dengan hosting kapasitas besar. Dan layanan email ini tentunya tidak gratis. Meskipun begitu email bisnis ini bisa dibeli secara terpisah dari layanan hosting domain. Dibandingkan dengan layanan email Yahoo atau Google, sudah tentu ECCS ini berbeda. 
 
4. IMAP
Internet Message Access Protocol merupakan protokol stAndar untuk mengakses atau mengambil email dari server. IMAP sendiri memungkinkan pengguna untuk memilih pesan email, membuat folder di server dan mencari pesan tertentu, atau menghapus pesan. Pun IMAP ini memungkinkan adanya komunikasi dua arah, sehingga sinkronisasi data bisa terjadi. Selain itu IMAP pun menyediakan fasilitas penyimpanan data email di mail server. Yang mana bisa diakses dari beberapa perangkat komputer atau smartphone. Jadi meskipun komputer atau smartphone rusak, tentunya data email tidak akan hilang atau terhapus.
 
5. POP3
Sedangkan untuk POP3 (Post Office Protocol version 3) ini sama seperti IMAP. Yang mana merupakan protocol email untuk mengambil email dari server. POP3 ini juga ditujukan untuk menampung email sampai email tersebut diambil oleh penerima di komputer. Ketika protocol POP3 diakses ke mail server. Tentunya data email di Mail Server akan hilang secara otomatis. Ini karena sudah di download ke perangkat, baik PC atau mobile phone. Sehingga ketika akan membuka email lagi di perangkat yang berbeda sudah tidak bisa melihat data email sebelumnya.
 
6. Microsoft Exchange
Merupakan layanan yang menyediakan akun email dengan dukungan Microsoft Exchange Server. Dengan menggunakan email Exchange ini, maka pengguna bisa melakukan akses email kapan pun. Bahkan bisa terhubung meskipun sedang offline atau online. Tentunya ini menjadi salah satu keuntungan bagi setiap pengguna yang sering bepergian ke luar negeri. Dan menguntungkan bagi pengguna yang sedikit sulit mendapatkan Wi-Fi publik atau membeli paket data internet. Salinan dari email dan kalender akan disimpan dalam File Data Outlook offline (.ost). Kedepannya, file ini disinkronkan secara teratur dengan item di Exchage Server. Dengan begitu semuanya terhubung secara otomatis.
 
Dan jenis email bisnis dan kolaborasi yang paling banyak digunakan adalah Zimbra. Zimbra sendiri merupakan software open source untuk email dan kolaborasi. Dimana menyediakan solusi email server power full, kalender grup, kontak dan manajemen, serta penjadwalan via web. Untuk email satu ini tersedia untuk Linux, Mac OS X dan platform virtualisasi. Dengan memanfaatkan email Zimbra ini tentunya akan mendapatkan banyak keuntungan. Seperti Antivirus dan Antispam Andal serta include secara satu kesatuan dalam mail server. Kapasitas user account dan mailbox yang diberikan pun tidak terbatas. Pemeliharaan dan pengaturan mudah dengan memanfaatkan Web Administration Console. Memiliki kemampuan multi domain, pembatasan quota mailbox per user dan bisa digabungkan dengan fitur spooling mail. Selain itu server Zimbra ini pun bisa berjalan di semua web browser. Seperti Google Chrome, Opera, Mozilla FireFox dan Microsoft Internet Explorer.
 

Zimbra Email & Collaboration Solusi Email Bisnis Terbaik 

 
Nah itulah beberapa jenis email bisnis yang sampai sekarang masih digunakan. Namun, jenis email bisnis Zimbra tentunya menjadi salah satu email bisnis yang paling populer. Dengan pengguna lebih dari 10juta, tentunya membuktikan eksistensi email bisnis ini sendiri. Dan untuk Anda yang ingin memanfaatkan Zimbra sebagai email untuk menunjang bisnis supaya lebih rapi dan power full. Maka Cloudmatika menjadi pilihan paling tepat untuk Anda. Karena Cloudmatika sendiri menyediakan Zimbra Email & Collaboration 9.0 versi terbaru. Yang tentunya akan membuat pengguna semakin mudah dan puas dengan layanan tersebut. Memilih Layanan Zimbra email dan collaboration dari Cloudmatika tentunya akan membuat pengguna mendapatkan beragam fitur lengkap. Seperti sudah terintegrasi dengan Slack, Zoom, dan Dropbox. Bisa mengganti tampilan menjadi modern atau classic, serta tampilan responsif. Mail server Zimbra Email & Collaboration menggunakan infrastruktur keamanan tinggi, jaminan privasi dan kepemilikan data pelanggan. Untuk melakukan update pun tidak membutuhkan migrasi. Tentu hal ini menjadi keuntungan tersendiri untuk pengguna yang lebih memilih Zimbra Email & Collaboration. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi Cloudmatika untuk mendapatkan email bisnis Zimbra.
 
Telepon: 021 28565201
Linkedin: Cloudmatika