Apa itu Unauthorized Access serta Dampak dan Cara Mencegahnya Terjadi pada Bisnis Anda

By 24 January, 2023

Unauthorized access adalah tindakan yang sering terjadi ketika ada akses tidak resmi. Untuk memahami dampak dan cara pencegahannya, simak artikel berikut ini!

Ketika mengutamakan keamanan data pada sistem jaringan atau komputer, cara paling mudah yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur akses data. Anda dapat menentukan beberapa pihak saja yang dapat mengakses data tersebut. Namun, sering kali ada pihak yang berusaha mengakses meskipun tidak mendapatkan izin. Unauthorized access adalah istilah yang tepat untuk kegiatan semacam ini.

Unauthorized access adalah bagian dari kendala dalam dunia sistem informasi yang terkadang dapat dikatakan meresahkan. Hal ini karena bagian yang berusaha diakses seringnya adalah bagian yang cenderung penting. 

Untuk memahami lebih lanjut apa itu unauthorized access, Cloudmatika akan mengulas lebih jauh agar Anda dapat mengenal apa itu kendala unauthorized access. Kami akan mengulas dari apa itu unauthorized access, dampak dan cara mencegah terjadinya unauthorized access. Pastikan Anda membaca artikel ini hingga akhir!

Apa itu Unauthorized Access?

Unauthorized access sering berkaitan dengan illegal access, yang mana keduanya sebenarnya sama dan saling menggantikan. Unauthorized access adalah tindakan melakukan akses tanpa izin yang cenderung menjadi sebuah ancaman terhadap kepemilikan suatu pihak.

Baca Juga: Berbagai Ancaman Keamanan Jaringan Yang Harus Anda Waspadai

Baik bagi entitas kecil maupun entitas besar, unauthorized access bisa berpotensi membahayakan karena masih berhubungan dengan tindakan semacam hacking. Namun, seringnya unauthorized access terjadi di perusahaan yang mana harus memberikan akses kepada beberapa pihak, namun juga harus membatasi akses dari pihak yang tidak bersangkutan sama sekali. 

Pembatasan akses diberikan untuk urusan keamanan seperti data perusahaan yang sebenarnya sudah dilindungi dengan sistem proteksi. Maka dari itu, pelaku unauthorized access tidak mungkin sembarangan orang. Kebanyakan dari pelaku unauthorized access adalah mereka yang memiliki kemampuan setara dengan hacking, namun mungkin saja memiliki tujuan yang berbeda. 


Apa Saja Dampak Unauthorized Access?

Melakukan pencegahan mengenai tindakan unauthorized access adalah hal yang harus menjadi prioritas, terutama ketika berhubungan dengan keamanan data. Unauthorized access  akan menyebabkan beberapa dampak yang mungkin tidak akan menyenangkan untuk Anda. Berikut adalah beberapa dampak yang disebabkan unauthorized access apabila Anda mengalaminya. 


1. Unauthorized Access Mengungkap Informasi yang Belum Resmi

Dampak pertama yang merugikan apabila Anda mengalami unauthorized access adalah pengungkapan terhadap informasi yang Anda atau perusahaan miliki. Pada beberapa perusahaan biasanya ada beberapa informasi yang bersifat pribadi atau tidak dirilis secara resmi oleh perusahaan tersebut. 

Informasi yang masih perlu diolah atau memang sengaja untuk tidak dibagikan biasanya adalah aset utama yang tidak semua pihak dari perusahaan harus tahu. Apabila unauthorized access berhasil menyentuh aset tersebut dan berhasil mendapatkan isinya, kemungkinan terbesar informasi-informasi yang belum resmi ini akan diungkap dan bisa disalah gunakan.


2. Unauthorized Access Menyebabkan Gangguan Sistem Operasi 

Sistem operasi yang dimaksud di sini adalah sistem operasi suatu perusahaan di dalam mempertahankan produktivitasnya. Apabila perusahaan Anda mengalami unauthorized access dari pihak yang tidak bertanggung jawab, maka dampak mengganggu sistem operasi produktivitas perusahaan.


Bagaimana Cara Mencegah Unauthorized Access?

Di Indonesia sendiri, permasalahan mengenai unauthorized access sudah menjadi perhatian pemerintah. Penanganan unauthorized access atau kemungkinan cyber crime lainnya di dalam Undang-Undang No.11 Tahun 2008 Pasal 27 sampai 35 tentang ITE. 

Namun, selain pencegahan dari pemerintah, Anda dan perusahaan juga harus membuat beberapa regulasi untuk meminimalisir kasus unauthorized access. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil dan terapkan untuk meminimalisir unauthorized access.


1. Pahami Beberapa Penyebab Unauthorized Access 

Unauthorized access bisa terjadi karena beberapa hal. Sebenarnya, unauthorized access tidak hanya perihal karena niatan negatif yang dilakukan beberapa pihak. Beberapa kasus unauthorized access bisa muncul akibat ketidaksengajaan dari berbagai pihak yang memiliki akses. 

Salah satunya adalah karena menebak kata sandi. Menebak kata sandi ketika ingin log in untuk mengakses data perusahaan menjadi faktor keteledoran tertinggi dan yang paling umum yang mana menyebabkan unauthorized access muncul. Namun, menebak kata sandi juga sering dilakukan dengan pihak yang bertujuan memang ingin membobol akses tersebut. 

Selain menebak kata sandi, unauthorized access juga bisa disebabkan oleh kesalahan atau kerentanan pada perangkat lunak perusahaan yang biasa diketahui sebagai bug. Meskipun bug di dalam perangkat lunak tidak terlalu berbahaya, namun beberapa pihak membuat bug yang terencana untuk dapat mendapatkan akses ke bagian privat perusahaan dengan tidak diketahui.

Penyebab lainnya bisa akibat dari rekayasa sosial pihak yang tidak bertanggung jawab. Terkadang beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab ini berusaha untuk memanipulasi beberapa individu yang memiliki akses untuk menyerahkan data yang dinilai sensitif. Ada banyak cara yang mungkin saja dilakukan seperti mengirim email, pop-up di situs web, atau bahkan melalui pesan teks.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Email Phising serta Jenis, Bahaya, serta Cara Menghindarinya


2. Lakukan Strategi untuk Meminimalisir Akses yang Terlalu Banyak

Lakukanlah beberapa strategi untuk meminimalisir akses yang terlalu banyak untuk data penting perusahaan. Salah satunya adalah dengan memberikan akses kepada individu tertentu saja yang berhubungan secara langsung dengan penggunaan aset tersebut. Makin sedikit akses yang diberikan, maka hal tersebut dapat meminimalisir unauthorized access yang tidak diinginkan.

Selain itu, Anda dan perusahaan dapat membuat kebijakan mengenai pembuatan kata sandi yang kuat beserta regulasi kata sandi. Siapa pun yang ingin dan diharuskan mengakses aset atau data perusahaan ini harus mengikuti regulasi tersebut sehingga mampu meminimalisir unauthorized access


3. Gunakan Proteksi Data yang Terjamin

Selain regulasi di dalam perusahaan, Anda dan perusahaan juga harus memberikan fasilitas penyimpanan data terbaik untuk aset perusahaan, seperti menggunakan penyimpanan cloud dengan keamanan tinggi. Penyimpanan di cloud akan sangat cocok untuk suatu perusahaan karena bisa digunakan untuk banyak pengguna namun tetap memberikan proteksi yang baik untuk meminimalisir unauthorized access.

Anda dan perusahaan bisa menggunakan layanan penyimpanan berbasis cloud dari Cloudmatika. Layanan penyimpanan berbasis cloud dari Cloudmatika ini memperbolehkan Anda untuk mengatur siapa saja yang berhak mengakses ke aset utama perusahaan tanpa harus khawatir akan terbobol oleh pihak tidak bertanggung jawab. Hubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai penyimpanan berbasis cloud.

Cloudmatika Filebox

Whatsapp Chat Chat Kami Disini