Tips & Tricks Memproteksi Data

By 19 April, 2021

Pengguaan teknologi seperti internet, sosial media & handphone sudah menjadi dari bagian kehidupan. Dengan menggunakan teknologi kita diberi kemudahan untuk berkomunikasi, membaca berita, berbelanja dll. Teknologi dapat mempermudah kehidupan tetapi terdapat beberapa ancaman akibat penggunaan teknologi salah satunya privasi data.
 
Apakah Data Anda Aman ?
 
Seiring penggunaan internet pada keseharian kita. Menjaga data di dunia maya sama pentingnya dengan menjaga data di dunia nyata.
 
Contohnya jika ada account online shopping diketahui oleh pihak lain. Informasi pribadi Anda seperti nomor credit card, alamat rumah dapat diketahui pihak lain. Meskipun tidak ada kebocoran kata sandi masih terdapat kemungkinan data Anda dapat teridentifikasi melalui postingan di social media.
 
Berikut Tips & Trick Untuk Memproteksi Data Anda
 

1. Buat Password Yang Sulit

Buat password yang rumit dengan kombinasi huruf dan angka. Dan kombinasikan dengan huruf besar,huruf kecil , angka & symbol.

2. Jangan Menggunakan Password Yang Sama Untuk Seluruh Website 

Jangan menggunakan password yang sama untuk beberapa website. Walupun Anda memilki basic password & menggunakan karakter yang berbeda untuk setiap websitenya, ini jauh lebih aman daripada menggunakan kata sandi yang sama persis. Jika kamu tidak mudah mengingat karakter untuk password, Ada beberapa password manager baik yang berbayar ataupun gratis yang dapat digunakan.

3. Baca Syarat & Ketentuan

Ketika Anda mengunjungi website ataupun menginstal aplikasi Anda biasanya mendapatkan pesan mengenai “Privacy Policy” atau Data Collection Policy”. Biasanya orang-orang langsung mengklik “ I agree” tanpa mengetahui artinya. Dengan meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga “Privacy Policy”.

4. Review  Privacy Settings

Beberapa Social media ataupun layanan memiliki “Privacy Settings”. Cloudmatika merekomendasikan untuk Anda selalu mengecheck & review Kembali “Privacy Settings” sebelum mensetujui “Privacy Settings” untuk setiap pointnya

5. Review Social Media 

Apakah Anda sering menggunakan social media dan memposting kegiatan sehari-hari Anda. Beberapa sosial media seperti Facebook, Instagram dll secara otomatis telah menonaktifkan lokasi Anda. Berhati-hatilah dalam memposting photo dikarenakan teman ataupun followers Anda dapat mengetahui postingan Anda.
 

6. Aktifkan 2 FA

Beberapa layanan telah menawarkan 2 FA dimana saat login tidak hanya login menggunakan password tetapi juga menggunakan 2 FA seperti Email, SMS ataupun aplikasi autentifikasi.
 

7. Lakukan Backup Data Secara Berkala

Anda bertanggung jawab atas keamanan data digital Anda. Lakukan proteksi data secara berkala untuk files, folder ataupun informasi yang Anda pergunakan Ketika bekerja.
 
Memilih Solusi Backup Yang Tepat Untuk Perusahaan Anda
Ketika memilih layanan solusi backup, salah satu komponen terpenting yaitu proteksi data. Cloudmatika Cyber Protection merupakan layanan backup & proteksi anti malware dari Acronis. Cloudmatika Cyber Protection merupakan 1 tools security management antara backup & proteksi anti malware.
 

Klik Disini  Untuk Cloudmatika Cyber Protection