Perbedaan Server Container dan Virtual Machine

By 10 August, 2020

Pada saat ini penggunaan server container menjadi sangat populer, namun masih banyak perusahaan yang masih menggunakan VM atau Virtual Machine dan masih belum beralih menggunakan server Container. Namun, apakah Anda mengetahui mengenai perbedaan server Container dengan VM atau Virtual Machine ?

Container sendiri merupakan sebuah virtualisasi yang membungkus suatu aplikasi beserta dependency dan environment tersebut. Pada Container sendiri sebuah OS yang berjalan menggunakan OS host tersebut tanpa harus membuat OS terlebih dahulu.

Teknologi Container ini memang sedang trend untuk saat ini, dan salah satu Container yang sedang sering digunakan pada saat ini adalah Docker. Docker merupakan salah satu platform perangkat lunak yang memungkinkan untuk membuat, menguji dan menerapkannya secara cepat. Pada Docker dapat langsung berjalan diatas sistem operasi tanpa menggunakan hypervisor.

Lalu, apa itu Virtual Machine ? Virtual Machine merupakan sebuah aplikasi yang diinstall pada hypervisor dan memiliki fungsi seperti perangkat fisik. Ada beberapa perbedaan yang dapat Anda ketahui untuk Virtual Machine dan juga Cotainer seperti gambar berikut :

Dengan menggunakan teknologi Container, Anda dapat menjalankan sebuah Docker yang dimana dapat berjalan diatas OS yang sedang digunakan oleh Infrastructure tersebut. Ada sedikit perbedaan jika menggunakan Container ataupun Virtual Machine yaitu :

• Jika menggunakan server Container maka Anda tidak dapat mengubah kernel didalam server. Biasanya akses kernel tersebut dibutuhkan untuk aplikasi seperti OpenVPN dan juga Docker

• Jika Anda menggunakan Container, apabila ada sebuah upgrade resource dikemudian hari maka Anda tidak perlu merestart server yang Anda gunakan

• Jika Anda menggunakan Virtual Machine maka Anda dapat mengakses dan mengubah kernel yang dimana dapat digunakan untuk menginstall aplikasi seperti OpenVPN dan Docker

• Jika Anda menggunakan Virtual Machine, apabila ada sebuah upgrade resource Anda perlu untuk merestart server yang Anda gunakan.


Jika Anda tertarik menggunakan teknologi Container ataupun Virtual Machine, Cloudmatika memiliki sebuah layanan Virtual Private Server dan juga Docker yang dimana didalamnya terdapat sebuah Virtual Machine, Container dan juga Docker.Dengan menggunakan teknologi tersebut Anda bisa menggunakan layanan Virtual Private Server yang dimiliki oleh Cloudmatika yang memiliki sebuah Data Center lokal yang berada di NTT Jakarta, Data Center TIER III Indonesia yang dimana Anda dapat merasakan kecepatan yang maksimal untuk kebutuhan bisnis Anda. Pada Virtual Private Server yang dimiliki oleh Cloudmatika memiliki sistem operasi Windows dan Linux 


Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Virtual Private Server yang dimiliki oleh Cloudmatika yaitu:

• Flexibility

Kinerja kontainer maupun fleksibilitas hypervisor (VM), Cloudmatika menawarkan opsi untuk memberikan Anda penawaran yang paling fleksible.

• High Availability

Tingkat ketersediaan yang tinggi merupakan stAndard dari semua VPS Cloudmatika. Server Anda akan dibackup dalam beberapa menit saja ketika permasalahan hardware yang jarang terjadi itu muncul.

• Plesk

Gunakan Plesk control panel yang telah memenangkan penghargaan untuk mengatur server Anda seperti seorang pro. Dengan GUI yang intuitif, Anda tidak perlu lagi untuk mengingat command-command yang kompleks untuk memanage server Anda. Bahkan pemula dapat memanage server dengan menggunakan Plesk.

• Templets

Anda dapat memilih beragam template yang kami sediakan. Pilihlah mulai dari Centos 6, Centos 7, Ubuntu 14.04, Ubuntu 16.04, Debian7, Debian 8, Scientific Linux 6, Windows Server 2012R2/2016/2019. Jika Anda mempunyai distribusi lain yang ingin Anda gunakan, jangan ragu untuk beritahukan kepada Cloudmatika

• 99,99% SLA

Jaringan dan infrastruktur kami dibangun untuk membuat Anda tetap online, hal ini membuat Cloudmatika dapat menawarkan Cloud VPS dengan 99.99% SLA.


Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan Docker pada Virtual Data Center yang dimiliki oleh Cloudmatika, ada beberapa fitur menarik yang bisa Anda dapatkan seperti :

• Lebih Cepat dan Ringan

Dengan menggunakan Docker Cloudmatika merupakan sebuah solusi untuk menajalankan perangkat lunak agar lebih cepat & lebih ringan sehingga user dapat menggunakan aplikasi dengan maksimal.

• Pay As You Use

Dengan Cloudmatika Anda hanya akan dikenakan biaya bulanan/tahunan sesuai penggunaan Anda. Sehingga biaya yang dikeluarkan akan mengikuti sesuai perkembangan bisnis Anda.

• Autoscale

Dengan fitur Autoscale dari Cloudmatika Anda dapat mengupgrade dan mendowngrade hanya dengan menggunakan control panel Cloudmatika.

Tertarik dengan layanan Virtual Private Server di Data Center Indonesia ?


Hubungi Kami Untuk Mendapatkan Informasi & Penawaran 

Email    : sales@cloudmatika.com
Website  : www.cloudmatika.co.id
Telepon  : 021 28565201
Facebook : Cloudmatika 

Instagram : Cloudmatika

Linkedin  : Cloudmatika