Memahami Kapasitas Penyimpanan Data: Keunggulan Layanan Cloudmatika Filebox yang Terjangkau dan Berkapasitas Tinggi

By 21 September, 2021

Cloudmatika adalah salah satu penyedia layanan penyimpanan cloud yang kredibel di Indonesia dengan produk unggulannya yaitu Cloudmatika Filebox. Artikel kali ini akan membahas tentang kapasitas penyimpanan data secara detail yang merupakan salah satu fitur unggulan dari Cloudmatika Filebox.

Saat ini ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih layanan penyimpanan cloud. Pilihan-pilihan ini bisa menjadi semakin rumit dengan meningkatnya kecepatan transformasi digital, restrukturisasi manajemen dan proses bisnis melalui teknologi digital. Hal ini mengakibatkan jumlah perpindahan data antar perusahaan akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Salah satu pilihan populer di Cloudmatika.co.id adalah Cloudmatika Filebox. Layanan cloud storage yang menawarkan kapasitas penyimpanan data mulai dari 1TB, desain antarmuka yang mudah digunakan, serta opsi untuk upgrade kapasitas penyimpanan yang fleksibel.

Kapasitas penyimpanan data sebesar 1TB mungkin sulit untuk dibayangkan terutama bagi orang awam. Untuk mempermudah dalam memahami seberapa besar kapasitas penyimpanan data tersebut, mari kita simak pembahasannya berikut ini.
 

Apakah yang dimaksud dengan GB? TB?

 

Kapasitas laptop

Kapasitas penyimpanan hard disk drive (HDD) yang paling umum digunakan adalah 128GB (gigabyte), 256GB, 516GB, dan 1TB (terabyte). Satuan unit dasar yang digunakan adalah satu byte, dan secara teknis, besarannya adalah 1024. Namun, untuk lebih mudah diingat, digunakan satuan ukuran desimal dengan besaran 1000.

  • • 1,000B(byte)=1KB(kilobyte)

  • • 1,000KB=1MB(megabyte)

  • • 1,000MB=1GB(gigabyte)

  • • 1,000GB=1TB(terabyte)


Saat ini, solid state drive (SSD) dianggap memiliki kecepatan untuk membaca dan menulis data daripada HDD, dan lebih tahan goncangan karena tidak memiliki komponen yang bergerak. SSD menggunakan Chip Flash sebagai memory penyimpanannya sehingga memiliki kecepatan yang lebih baik daripada HDD.

Namun, dari segi harga tentu saja SSD bisa lebih mahal daripada HDD dan memiliki kapasitas yang lebih kecil. Sebagian besar SSD yang terpasang di komputer notebook memiliki penyimpanan 240-500GB saja.
 

Perbandingan kapasitas penyimpanan data berdasarkan jenis media

Meskipun Anda mungkin menyadari bahwa kapasitas 1TB cukup besar, tetapi kesulitan jika harus memvisualisasikannya hanya dengan jumlah byte. 

Bagan berikut memberikan gambaran yang lebih konkret tentang besarnya jumlah kapasitas 1TB dengan mengubah kapasitas tersebut menjadi kapasitas penyimpanan media yang sudah Anda kenali.

memahami kapasitas penyimpanan data

Berikut ini penjelasan lainnya mengenai kapasitas penyimpanan dengan harapan Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai seberapa besar jumlah 1TB dalam sebuah drive.
 

Tidak semua penyedia layanan penyimpanan cloud itu sama

Tabel di bawah ini menunjukkan kapasitas, biaya, dan batasan layanan penyimpanan cloud yang serupa dengan Cloudmatika FIlebox. Meskipun setiap layanan menawarkan berbagai jenis paket yang berbeda, tetapi perbandingan ini didasarkan pada paket standar yang biasa digunakan oleh perusahaan.
 

Kapasitas penyimpanan data unlimited kini menjadi standar baru

Sementara tabel di atas menunjukkan informasi umum tentang layanan penyimpanan cloud, penting untuk diingat bahwa tren yang saat ini terjadi terutama di kalangan pemain industri yang lebih besar, adalah menawarkan berbagai sistem harga termasuk layanan unlimited. Namun, biaya yang ditagihkan biasanya disesuaikan dengan banyaknya jumlah usernya.

  1. 1. Paket kapasitas besar jarang digunakan

Sementara beberapa penyedia layanan cloud yang besar menawarkan paket dengan kapasitas yang besar hingga 2TB per penggunanya, sangat kecil kemungkinannya bahwa satu pengguna di perusahaan tersebut akan menggunakan ruang 2TB secara efisien. (Lagipula, siapa juga yang perlu menyimpan dua juta file Excel dan Word?)

Pada awalnya, memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar mungkin terlihat lebih baik. Namun, banyak perusahaan menyadari bahwa sebenarnya mereka tidak membutuhkan kapasitas sebanyak itu ketika mereka mulai menggunakan layanan ini. 

Permasalahan lainnya adalah jika perusahaan mencoba melakukan penghematan dengan cara menggunakan satu akun secara bersamaan, nanti akan ada masalah keamanan yang muncul seperti data yang terhapus oleh pengguna lainnya dan tidak bisa diketahui/dilacak siapa yang melakukannya.

Selain itu, salah satu fitur penyimpanan online yang paling menarik yaitu kemampuan untuk mengelola akses dan hak pengeditan secara terpusat untuk setiap folder dan usernya akan hilang jika Anda menggunakan shared account. Akibatnya, data-data penting kemungkinan hanya bisa disimpan di komputer tertentu saja dan tidak bisa diakses dengan mudah demi menjaga keamanannya. 

Oleh karena itu, sangat tidak disarankan menggunakan shared account meskipun dengan tujuan penghematan. Karena hal ini  justru akan membuat keamanan data Anda semakin rentan dan untuk jangka panjang, hal ini bisa mengakibatkan kerugian finansial yang sangat besar nantinya.

  1. 2. Unlimited user: aman dan efisien

Di sisi lain, memiliki fitur unlimited user seperti yang terdapat pada Cloudmatika Filebox, dimungkinkan untuk membagi folder ke semua karyawan dan mitra bisnis tanpa ada biaya tambahan lagi. Anda juga bisa berbagi kapasitas penyimpanan dengan memanfaatkan ruang penyimpanan yang sudah tersedia. 

Dengan paket dasar 1 TB yang cukup untuk pengguna bisnis kecil dan menengah, Anda dapat membuat akun untuk setiap user. Serta memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengatur dan menghapus akun pengguna yang tidak lagi diperlukan. Hal ini memberikan ketenangan dan kemudahan dalam pengelolaan dan keamanan data perusahaan.

Anda bisa mempelajari tentang keuntungan dan keamanan Cloudmatika Filebox melalui artikel ini: Cara Memilih Penyimpanan Cloud Terbaik

Pentingnya memilih layanan penyimpanan cloud yang tepat bagi bisnis Anda bisa terlihat dengan jelas jika Anda mengetahui kebutuhan dari bisnis Anda dan memperhatikan fitur-fitur layanan yang ditawarkan. 

Beberapa faktor yang penting untuk dipertimbangkan yaitu mengenai jumlah pengguna, volume dan jenis data yang akan ditangani.
 

Kebutuhan akan data yang terus meningkat

Salah satu alasan peningkatan kapasitas layanan penyimpanan cloud -termasuk kapasitas awal 1TB yang disediakan oleh Cloudmatika Filebox- adalah meningkatnya volume data yang dihasilkan dan dikirimkan oleh setiap perusahaan karena cepatnya transformasi digital (DX), serta sebagai respon terhadap pandemi COVID-19 dimana banyak sekali perusahaan yang menerapkan pekerjaan jarak jauh atau kerja remote untuk karyawannya.

Menurut survei Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi yang ada di Jepang, jumlah total aktivitas download dari pelanggan layanan Internet broadband fixed-line domestik pada Mei 2020 adalah sekitar 19,0 Tbps* (perkiraan), naik 57,4% dari bulan yang sama di tahun sebelumnya

 *Tbps (terabit per second): unit yang menunjukkan berapa triliun byte atau bit (1 terabit = 1.000 GB) data yang dapat ditransfer per detiknya. Misalnya, kecepatan unduh 2,5 Tbps mampu mengunduh 7 film Blu-ray secara terus-menerus per detiknya (lihat: Gizmodo).
 

Saat bisnis berhubungan erat dengan data, kebutuhan akan penyimpanan dan berbagi data akan semakin meningkat.

Hingga saat ini, email dan File Transfer Protocol (FTP) telah menjadi metode utama yang sering digunakan dalam pertukaran data antar perusahaan. Namun, ada batasan jumlah data yang dapat ditransfer dan seringkali diperlukan untuk mengompresi, memproses, atau memecah data terlebih dahulu sebelum mengirimkannya. Hal ini terjadi karena kapasitas data untuk lampiran email biasanya hanya 10MB - 100MB, sehingga hampir tidak mungkin untuk mengirim file gambar atau video berkualitas tinggi.

Jika solusi yang lebih baik tidak dapat diimplementasikan dengan mudah, maka waktu Anda akan semakin habis dan hal ini akan berpotensi menimbulkan penundaan yang signifikan. 

Selain faktor transformasi digital, meningkatnya pekerjaan jarak jauh atau kerja remote sebagai respon terhadap kondisi pandemi COVID-19, perusahaan pada akhirnya akan kehilangan daya saing mereka jika mereka tidak berhasil menyelesaikan masalah tentang bagaimana cara menyimpan dan berbagi data ini dengan baik.

Contoh penggunaan data besar untuk bisnis

Berikut ini adalah beberapa contoh spesifik tentang bagaimana perilaku bisnis dalam menggunakan data digital:

  • ・ Menyampaikan data desain dan dokumen di industri manufaktur dan lainnya.

 

  • ・ Berbagi informasi lintas bahasa dan OS komputer yang berbeda diantara insinyur, kreator, dan pihak marketing antar negara.

 

  • ・ Mengunggah data CAD, gambar, dan foto lokasi untuk proyek kerjasama di industri konstruksi dan bangunan.

 

  • ・ Bertukar data penelitian yang akan dianalisa oleh para peneliti dalam ukuran yang besar.

 

  • ・ Mengirim data desain kualitas tinggi ke perusahaan percetakan dan periklanan.

 

  • ・ Mengunduh video pembelajaran tentang prosedur kerja di luar negeri.


Dengan layanan penyimpanan cloud yang tepat, semua hal diatas dapat diselesaikan dengan cepat, mudah, dan aman.


 

Imbangi kebutuhan kapasitas penyimpanan dan keamanan data Anda dengan Cloudmatika Filebox

Kontrak satu tahun Cloudmatika Filebox untuk pilihan unlimited user, saat ini tersedia dengan harga Rp. 1.100.000 per bulan. Namun, Anda bisa mendapatkan diskon yang signifikan jika Anda memilih kontrak jangka panjang.

Mengenai kapasitas penyimpanannya, Anda tidak perlu khawatir lagi jika keperluan utama bisnis Anda hanya untuk bertukar dan menyimpan file Word atau Excel. Tetapi perlu diingat juga bahwa beberapa jenis perusahaan, seperti arsitektur, desain, dan produksi video yang menggunakan software khusus untuk pekerjaan mereka, seringkali menghasilkan data dalam ukuran yang besar. 

Kapasitas 1 TB yang terdapat di Cloudmatika Filebox tentu saja dapat dengan mudah mengatasi peningkatan volume lalu lintas yang besar jika setiap karyawan perlu menggunakan lebih banyak ruang penyimpanan daripada biasanya.
 

Unlimited user + opsi kapasitas penyimpanan yang fleksibel.

Dengan Cloudmatika Filebox, Anda akan medapatkan fitur dengan jumlah pengguna yang tidak terbatas, jadi apakah Anda memiliki 100 atau 1.000 user, biayanya tidak berubah. 

Kapasitas penyimpanan data juga dapat ditingkatkan tanpa batas, sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dan jumlah data yang hendak ditangani. Tentu saja hal ini akan memberikan solusi yang fleksibel dan ketenangan pikiran dalam situasi apa pun. 

Dashboard utama sistem juga dapat dioperasikan dengan mudah dari layar manajemen situs web seolah-olah Anda sedang menggunakan Windows atau Mac seperti biasanya, sehingga Anda tidak perlu mengadakan pelatihan karyawan yang mahal.

Anda bisa mencoba layanan kami secara Gratis selama 14 hari untuk membuktikannya!