Apa itu Iaas serta Karakter dan Manfaatnya bagi Perusahaan Anda

By 02 September, 2022

IaaS adalah model cloud computing yang ideal digunakan untuk perusahaan startup. Kenali lebih dalam tentang IaaS, karakteristik, dan manfaatnya di artikel ini.

Perusahaan startup mengalami masalah di balik pertumbuhannya yang pesat di Indonesia. Rata-rata perusahaan startup atau berskala kecil tidak memiliki ruang dan sumber daya yang cukup untuk mengelola infrastruktur. Namun, mereka tak perlu khawatir. Cloud computing IaaS adalah solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah infrastruktur tersebut.

Apa itu IaaS? Mengapa teknologi ini menjadi solusi untuk menghadapi masalah infrastruktur pada perusahaan startup? Temukan jawaban dari dua pertanyaan tersebut di artikel ini.

Apa yang Dimaksud dengan IaaS?

Infrastructure as a Service (IaaS) merupakan layanan cloud computing berupa sumber daya (resource) komputasi virtual. Layanan ini terdiri dari penyimpanan dasar, komputasi, dan jaringan yang diberikan sesuai permintaan klien. Pengoperasian IaaS dilakukan melalui internet setelah klien membayar layanannya sesuai kebutuhan mereka.

Singkatnya, IaaS merupakan hardware yang dioperasikan secara virtual melalui internet. Ada pun elemen dalam IaaS mencakup bandwidth, alamat IP, dan sistem keamanan komputasi.

Penyedia atau provider layanan IaaS memberikan sumber daya cloud, mulai dari jaringan, ruang data, dan penyimpanan. Sementara itu, klien melakukan tugas komputasi, yakni mengakses dan menyimpan data, melalui dashboard atau Application Programming Interface (API).

Anda bisa mengakses server cloud model IaaS tanpa harus membeli perangkat komputer (laptop, monitor dan CPU). Keunggulan ini menjadi daya tarik bagi perusahaan startup atau berskala kecil yang baru berdiri. Anda tidak perlu menyewa ruangan untuk menyimpan infrastruktur sekaligus meminimalisir anggaran untuk penggunaan hardware.

Baca Juga: Beberapa Perbedaan On Premise dan Cloud Yang Harus Anda Pahami


Perbedaan Cloud Computing IaaS, PaaS, dan SaaS

Selain IaaS, ada dua lagi model cloud computing, yakni Product as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS). Ada baiknya Anda mengenal dua model cloud computing lainnya supaya tidak tertukar saat memilih layanannya.

PaaS hadir dalam bentuk platform yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi di atas layanan cloud yang digunakan. Developer menggunakan framework yang dihasilkan oleh PaaS saat mengembangkan aplikasi cloud computing milik perusahaan. 

Sementara itu, SaaS merupakan model cloud computing berupa software yang dirancang untuk layanan online. Software ini dirancang dan dikelola oleh pihak ketiga sehingga klien tidak perlu melakukan proses operasionalnya.

Setelah melihat perbedaannya, dapat disimpulkan bahwa IaaS lebih unggul karena fleksibilitas yang dimilikinya. Tidak sama seperti SaaS, Anda dapat mengelola infrastruktur cloud computing secara penuh, termasuk server dan sistem operasionalnya. Selain itu, IaaS lebih fleksibel sehingga Anda tak perlu mengembangkan aplikasi lagi.

Baca Juga: Karakteristik Cloud Computing Yang Harus Anda Pahami


Karakteristik IaaS

Anda akan lebih mudah mengenali IaaS melalui karakteristik yang dimilikinya. Inilah enam ciri khas IaaS sebagai layanan cloud computing apabila dibedakan dengan model lainnya.
  • mudah diakses oleh banyak pengguna;
  • tersedia dalam biaya yang bervariasi sesuai penggunaan dan kebutuhan;
  • layanan dalam IaaS bersifat scalable;
  • dapat diakses oleh banyak pengguna dalam satu hardware; dan
  • fleksibel.


Apa yang IaaS dapat Lakukan untuk Perusahaan Anda?

Banyak orang mengenal kegunaan cloud computing, khususnya IaaS, sebagai alat backup dan menyimpan data perusahaan. Namun, IaaS dapat melakukan lebih banyak hal untuk pengembangan perusahaan Anda. Apa saja?


1. Pengembangan Aplikasi atau Sistem

Layanan IaaS sangat membantu dalam menciptakan lingkungan sistem cloud yang baru. Proses uji coba dan pengembangan aplikasi baru pun berjalan lebih cepat dan mudah tanpa adanya hambatan.


2. Mengatur Infrastruktur Web Apps Perusahaan

Provider IaaS menyediakan resources untuk memberikan dukungan (support) terhadap web apps perusahaan, mulai dari website hingga server aplikasinya. Resources tersebut dapat disesuaikan dan diatur oleh perusahaan sesuai demand atau permintaan yang ada.


3. Analisis Big Data

Apa itu big data? Data ini terdiri dari jumlah yang sangat banyak dan dapat dianalisis untuk mengetahui suatu tren atau pola. Big data telah menjadi hal yang penting bagi perusahaan di era 4.0 ini dan menjadi pilar dalam pengambilan keputusan. IaaS membantu dalam memproses dan mengumpulkan data dalam jumlah besar sehingga lebih mudah dianalisis oleh perusahaan.

Contohnya, perusahaan membutuhkan big data mengenai tren dan selera konsumen agar bisa menganalisis strategi marketing yang tepat sasaran.


Apa Keuntungan Menggunakan IaaS bagi Perusahaan Anda?

IaaS membawa banyak keuntungan untuk perusahaan, mulai dari penghematan biaya IT, keamanan penyimpanan, bahkan stabilitas perusahaan. Berikut ini keuntungan yang didapat jika perusahaan Anda menerapkan cloud computing berbasis IaaS.


1. Mengurangi Biaya IT yang Tidak Diperlukan

Sistem pembayaran IaaS adalah pay-as-you-go alias bayar sesuai kebutuhan. Anda hanya perlu membayar layanan IaaS sesuai jenis resources yang diperlukan. Selain itu, server cloud computing-nya juga sudah dibangun oleh provider IaaS. Keunggulan tersebut tentu saja dapat mengurangi biaya penggunaan IT dengan lebih efektif.


2. Meningkatkan Fleksibilitas Perusahaan

IaaS sangat mengutamakan fleksibilitas yang paling diutamakan oleh perusahaan startup. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dan waktu yang lebih besar untuk membangun hardware, cukup gunakan layanan IaaS yang fleksibel karena bisa terhubung secara virtual. IaaS pun dapat diakses oleh banyak pengguna di mana pun dan kapan pun sehingga memudahkan kolaborasi dalam bekerja.


3. Perusahaan Lebih Fokus pada Kegiatan Utama

Provider IaaS terbaik sudah pasti menyediakan layanan cloud computing dengan fitur dan elemen lengkap. Perusahaan tidak perlu lagi mengurus pengelolaan IaaS sehingga mereka lebih fokus menjalankan kegiatan utama bisnis.


4. Meningkatkan Stabilitas Perusahaan

Perbaikan dan peningkatan layanan IaaS pun sepenuhnya menjadi tanggung jawab provider. Merekalah yang melakukan maintenance, update software dan hardware, serta menyelesaikan masalah pada peralatan. Stabilitas perusahaan makin meningkat karena semua hal terkait keamanan telah diserahkan kepada ahlinya.


5. Perusahaan Lebih Cepat Beradaptasi

Terakhir, IaaS dapat meningkatkan resources sesegera mungkin apabila dibutuhkan pada saat kondisi tertentu. Contohnya, Anda menerima lonjakan permintaan pesanan saat liburan, padahal tidak semua staf sedang bekerja. 

IaaS langsung memaksimalkan resources yang ada di dalamnya dengan cepat dan otomatis. Begitu pun jika permintaan menurun, resources yang digunakan pun ikut berkurang demi menghemat biaya.

Lima keuntungan di atas sudah cukup menjelaskan alasan bahwa IaaS adalah solusi yang tepat bagi perusahaan startup. Anda tak perlu bingung lagi saat mencari provider hosting IaaS terbaik, cukup hubungi saja Cloudmatika. Kami  menyediakan dua layanan hosting IaaS unggulan, yaitu Virtual Private Server (VPS) dan Virtual Private Cloud (VPC). Keduanya memiliki unlimited bandwidth sehingga Anda bisa menjalankan layanan ini tanpa harus khawatir kehabisan bandwidth sehingga lebih lambat saat mengaksesnya. 

Anda bisa memilih VPS atau VPC sesuai kebutuhan perusahaan startup. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fitur kedua layanan tersebut? Langsung hubungi saja Cloudmatika di sini untuk berkonsultasi terlebih dahulu mengenai kebutuhan infrastruktur dan kami akan memilih layanan IaaS yang tepat untuk perusahaan Anda. Gunakan layanan IaaS dari Cloudmatika supaya Anda bisa merasakan lima keuntungan yang disebutkan di artikel ini.