Pahami 3 Cara Sharing File di Windows 10 untuk Berbagai Dokumen dengan Mudah

By 02 September, 2022

Cara sharing file di Windows 10 sebenarnya sama saja seperti cara membagikan berkas secara normal. Ada banyak metode yang dapat Anda gunakan. Simak di sini!

Cara sharing file di Windows 10 sebenarnya sama saja seperti cara membagikan berkas secara normal. Ada banyak metode yang dapat Anda gunakan untuk membagikan berkas di Windows 10, baik itu yang secara fisik maupun secara online.

Melalui artikel ini, Anda dapat mengetahui cara sharing file di Windows 10 dengan mudah, baik itu melalui fisik maupun online. Namun sebelum membahas hal tersebut, Anda harus mengetahui apa itu file sharing secara lebih mendalam terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan File Sharing?

File sharing adalah praktik membagikan atau memberikan akses ke berkas yang ada di dalam media penyimpanan, seperti program komputer, multimedia (audio, gambar, dan video), serta dokumen atau buku elektronik. Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk melakukan file sharing, mulai dari yang fisik seperti removable media hingga yang online.

Penerapan file sharing dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi sebuah bisnis. Mulai dari sentralisasi data, kemudahan, serta penghematan, semuanya dapat dirasakan oleh sebuah bisnis setelah menerapkan file sharing. Oleh karena itu, sudah ada banyak sekali perusahaan besar dari seluruh dunia yang memanfaatkan teknologi ini.

Baca Juga: Langkah serta Manfaat Mengelola Dokumen Kantor dengan Teknologi Cloud Storage


Cara Sharing File di Windows 10

Cara sharing file di Windows 10 sebenarnya tidak ada bedanya dengan proses membagikan berkas secara normal. Metode yang dapat digunakan untuk membagikan berkas di Windows 10 ini juga sangat beragam, mulai dari yang fisik hingga yang online. Berikut ini adalah beberapa cara sharing file di Windows 10.

1. Menggunakan Fitur Sharing Folder Windows 10

Windows 10 memiliki fitur file sharing yang dapat digunakan untuk berbagi data melalui jaringan komputer. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka This PC atau File Explorer.
  • Cari berkas yang ingin dibagikan. Klik kanan pada berkas tersebut, lalu pilih opsi “Share with >” atau “Give access to >”. Anda dapat memilih orang tertentu yang ada di dalam daftar, atau “Everyone: agar setiap orang dapat mengakses berkas tersebut.
  • Selanjutnya, akan muncul pop up yang memberikan beberapa opsi, pilih opsi “Yes, turn on discovery and file sharing for all public networks” untuk memberikan akses berkas kepada orang yang berada di jaringan komputer.
  • Setelah itu, Anda akan menerima pop up yang berisi konfirmasi “Your Folder is Shared”.
  • Klik “Done” untuk mengakhirinya.
Setelah fitur file sharing pada berkas tersebut sudah dinyalakan, ada beberapa cara sharing file di Windows 10 yang dapat Anda lakukan, seperti melalui jaringan internet yang sama maupun menyambungkan jaringan komputer yang ingin diberikan akses.

Baca Juga: Kolaborasi Lebih Mudah dengan 2 Cara Sharing File dengan Tepat


2. Menggunakan Flash Drive

Apabila tidak memiliki jaringan internet, Anda masih dapat membagikan berkas secara fisik melalui flash drive. Berikut ini adalah langkah-langkah cara sharing file di Windows 10 menggunakan flash drive:
  • Siapkan flash drive yang ingin digunakan.
  • Sambungkan flash drive tersebut ke dalam komputer yang datanya ingin dibagikan.
  • Untuk memastikan flash drive sudah tersambung, cek di This PC atau File Explorer. Apabila sudah ada drive baru selain drive bawaan, maka flash drive Anda sudah tersambung.
  • Di dalam This PC atau File Explorer, cari berkas yang ingin dibagikan. Klik kanan, lalu pilih opsi “copy” (untuk menduplikasi) atau “cut” (untuk memindahkan).
  • Selanjutnya, masuk ke dalam flash drive dan klik kanan di bagian yang kosong. Pilih opsi “paste” dan tunggu hingga proses pemindahan data selesai.
  • Setelah berkas yang ingin dibagikan sudah berada di flash drive, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memindahkannya ke komputer lain:
  • Lepaskan flash drive dengan cara klik kanan pada flash drive dan pilih opsi “Eject”.
  • Setelah berhasil, masukkan flash drive ke dalam komputer tujuan.
  • Buka flash drive.
  • Cari berkas yang ingin dipindahkan. Klik kanan, lalu pilih opsi “copy” (untuk menduplikasi) atau “cut” (untuk memindahkan).
  • Selanjutnya, masuk ke dalam folder tujuan dan klik kanan di bagian yang kosong. Pilih opsi “paste” dan tunggu hingga proses pemindahan data selesai.
Anda dapat memindahkan berkas tanpa menggunakan koneksi internet melalui cara ini. Pastikan saja Anda memiliki flash drive atau removable media lainnya yang dapat digunakan.


3. Menggunakan Cloud

Cara sharing file di Windows 10 yang termudah dan tercepat adalah dengan menggunakan layanan cloud. Anda dapat berbagi berkas kapan saja dan di mana saja, selama memiliki jaringan internet, dengan menggunakan layanan cloud. Salah satu layanan cloud yang dapat Anda gunakan adalah FileBox dari Cloudmatika.

Selain di Windows 10, FileBox juga dapat digunakan pada Mac, membuatnya menjadi cloud storage yang fleksibel. Anda dapat menemukan aplikasi mobile, baik untuk Android maupun iOS, dengan nama RushFiles (di Play Store atau App Store). Sharing file jadi lebih mudah dan efisien.

Dengan menggunakan layanan file sharing Cloudmatika FileBox, Anda dapat membuat tautan ke berkas yang ingin dibagikan. Selain itu, Anda juga dapat membagikan tautan dan kata sandi dengan orang lain melalui media yang berbeda. Cloudmatika FileBox menggunakan enkripsi AES 256-bit, yang merupakan salah satu teknologi enkripsi terkuat saat ini. Otentikasi dua faktor juga tersedia untuk memperkuat tingkat keamanan. Apabila ada pertanyaan mengenai produk kami, silakan hubungi kami di sini.