Kolaborasi Lebih Mudah dengan 2 Cara Sharing File dengan Tepat

By 22 September, 2001

Apakah Anda mengetahui cara sharing file antar komputer tanpa harus menggunakan e-mail atau flashdisk? Ikuti tutorial berbagi data yang praktis di artikel ini.

Anda pasti berpikir untuk mengirim file melalui e-mail ketika mendengar tentang berbagi data di komputer. Nyatanya, sharing file tidak harus melalui langkah tersebut. Ada cara sharing file antar komputer yang lebih mudah dieksekusi tanpa harus membuka website e-mail terlebih dahulu. 

Cloudmatika akan berbagi tutorial sharing data antar komputer untuk Anda. Tutorial ini dapat diibaratkan seperti mengirim file di HP melalui fitur bluetooth. Cara ini pun tidak memerlukan flashdisk atau memori eksternal lainnya sehingga Anda tetap bisa duduk sambil fokus menyelesaikan pekerjaan.

Bagaimana langkah-langkahnya? Langsung simak saja pembahasannya di artikel ini.

Bagaimana Cara Sharing File dengan Mudah?

Ada satu hal yang harus diperhatikan sebelum mengeksekusi langkah-langkah sharing file di bawah ini. Tutorial ini hanya berlaku untuk dua komputer yang berada dalam satu jaringan lokal (Local Access Network - LAN) yang sama. Berbagi data antar komputer di luar jaringan LAN lebih rumit serta jaringannya harus dilindungi supaya aman dari serangan siber.

Jadi, pastikan dahulu Anda dan kolega berada pada jaringan WiFi yang sama. Setelahnya, lakukan cara sharing data antar komputer di bawah ini.


1. Atur Konfigurasi Network Sharing

Mulailah dengan memasang pengaturan ‘Network Sharing’ melalui ‘Control Panel’. Ikuti panduan di bawah ini:
  • Buka atau ketik ‘Control Panel’ pada menu ‘Start’.
  • Pilih ‘Network and Sharing Center’.
  • Klik ‘Change advanced sharing settings’ di bagian kiri.
  • Cari profil yang sedang digunakan. Pilih satu dari dua profil yang sedang tersedia, yaitu: ‘Home or Work’ dan ‘Public’. Cari tahu dengan melihat profil yang terdapat kalimat Current Profile.
  • Pilih kategori pengaturan yang hendak digunakan, yaitu:
    • ‘Network Discovery’: komputer langsung mencari perangkat kolega Anda asalkan berada di jaringan yang sama.
    • ‘File and Printer Sharing’: nyalakan pengaturan ini supaya Anda bisa berbagi data antar komputer.
    • ‘Public Folder Settings’: berbagi data melalui folder ‘Public’ di komputer Anda dengan komputer lain asalkan masih dalam jaringan LAN yang sama.
    • ‘Media Streaming’: mengakses file multimedia (gambar, video, musik) dengan Windows Media Player.
    • ‘File Sharing Connection’: melakukan enkripsi koneksi pada jaringan yang sedang aktif.
    • ‘Password protected sharing’: pengguna lain yang ingin mengakses file harus memiliki username dan password yang dibuat di komputer Anda.
    • ‘Homegroup Connection’: setiap komputer yang tergabung dalam ‘Homegroup’ memiliki password yang sama.


2. Bagikan File

Setelah semua pengaturan ‘Network Sharing’ terpasang, bagikan beberapa file atau folder yang dibutuhkan. Bagaimana caranya?
  • Pilih folder yang ingin dibagikan.
  • Klik kanan, kemudian pilih ‘Share with’ > ‘Specific people’.
  • Tambahkan user ‘Everyone’, lalu klik ‘Add’. Lalu, klik ‘Share’ setelah nama ‘Everyone’ ditambahkan.
  • Muncul pop up berisi ‘Your Folder is Shared’. Klik ‘Done’.


3. Cek Koneksi Jaringan

Langkah ini dilakukan untuk mengecek bahwa komputer Anda sudah bisa berbagi data dengan komputer lain. Caranya, buka ‘Windows Explorer’, kemudian ketikkan alamat IP komputer yang ingin diakses file-nya pada bagian address bar. 

Bagaimana cara mengetahui alamat IP milik komputer kolega Anda? Caranya, buka menu ‘Network and Sharing Center’, kemudian klik ‘Properties. Contohnya, alamat IP komputer kolega adalah 192.168.40.34, ketikkan “192.168.40.34” di address bar Windows Explorer. 

Ada pula cara lain untuk mengakses file milik kolega Anda, yakni menggunakan menu ‘Network’ di bagian kiri bawah Windows Explorer. Segera klik nama komputer kolega Anda jika berhasil menemukannya.


Cara Sharing File yang Lebih Efisien: Cloudmatika FileBox

Tutorial berbagi file di atas terlihat cukup rumit untuk dilakukan. Lagi pula, penggunaannya hanya terbatas di area LAN saja sehingga karyawan yang bekerja dari luar kantor tidak bisa berbagi file. Oleh karena itu, Anda lebih baik beralih ke Cloudmatika FileBox untuk cara yang lebih praktis. Tidak hanya komputer, pengguna ponsel atau tablet pun dapat mengakses data di cloud storage ini.

Baca Juga: Saatnya Beralih Menggunakan Cloud Storage Untuk Kemudahan WFH

Cara sharing data dengan FileBox malah lebih mudah. Setelah mendapatkan software ini, Anda hanya perlu menambahkan domain sesuai identitas kantor. Berikutnya, lakukan langkah di bawah ini:


1. Pindahkan Data ke FileBox

Mulailah langkah ini dengan install FileBox terlebih dahulu di desktop agar Anda lebih mudah memindahkan datanya. Simak cara di bawah ini agar lebih jelas.
  • Pastikan FileBox sudah terpasang di komputer. Anda dapat mengeceknya melalui ‘File Explorer’, kemudian lihat drive yang sudah ditambahkan. Umumnya, FileBox terpasang pada driver (U:).
  • Berikutnya, pindahkan atau copy data yang ingin dibagikan ke drive FileBox. Caranya sama seperti memindahkan file di internal storage, cukup tekan ‘Ctrl + C’ dan ‘Ctrl V’.
  • File berhasil siap diakses kapan pun hanya dengan mengekliknya di FileBox.


2. Berbagi File Melalui FileBox Desktop

File yang sudah ada dalam folder kini dapat dibagikan kepada kolega. Kali ini, Anda akan berbagi dokumen langsung dari desktop. Begini caranya:
  • Buka FileBox, kemudian pilih file yang ingin dibagikan.
  • Klik kanan, kemudian pilih ‘RushFiles’.
  • Ada dua cara yang bisa dipilih:
    • ‘Create link in clipboard’: link sharing akan disalin secara otomatis ke clipboard, kemudian dibagian kepada kolega dengan cara di-paste.
    • ‘Send link in E-mail’: link sharing akan dikirimkan melalui e-mail kepada kolega Anda.


3. Berbagi File dengan Tautan Publik

Anda pun dapat membuat tautan file tersebut jika ingin cara yang lebih praktis dengan limitasi yang lebih spesifik. Tenang saja, tautan ini sangat aman dan Anda bisa membuat password supaya tidak bisa diakses oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Cara Memilih Penyimpanan Cloud Terbaik bagi Bisnis Kamu!

Namun, cara ini dilakukan melalui web browser, jadi Anda perlu login ke FileBox terlebih dahulu. Setelah masuk, ikuti langkah di bawah ini:
  • Pilih file atau folder yang ingin dibagikan.
  • Klik ikon ‘Create Public Link’ dengan lambang rantai yang terkait.
  • Muncul kotak dialog. Anda tinggal melakukan pengaturan sesuai kebutuhan, terutama ‘Link type’, ‘Restrict number of downloads’, dan ‘expires in’.
  • Masukkan password. Langkah ini sifatnya opsional, jadi bisa dilewatkan.
  • Klik ‘Save’, lalu copy tautan yang ada di kolom tersebut.
  • Anda masih bisa mengakses tautannya melalui menu tautan apabila lupa atau tidak sempat disalin.
Ada satu lagi kelebihan FileBox Cloudmatika, yaitu fitur ransomware solution. Data di dalam storage pun tetap aman dan bebas dari gangguan malware, virus, dan serangan berbahaya lainnya. Kami selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan Anda dalam berbagi data kepada internal perusahaan. Hubungi Cloudmatika segera untuk mulai berlangganan FileBox sekarang juga dan rasakan kemudahan berbagi data saat bekerja secara remote.

Demikianlah penjelasan tentang cara sharing file yang mudah dan praktis untuk diterapkan. Bagikan artikel ini kepada kolega dan atasan Anda supaya mereka juga terbantu dengan tutorial berbagi data dari Cloudmatika ini.