13 Cara Menjaga Keamanan Jaringan Komputer di Perusahaan Anda yang Efektif

By 19 January, 2023

Waspadai bahaya serangan siber yang mengintai jaringan komputer perusahaan Anda. Cari tahu cara menjaga keamanan jaringan komputer perusahaan Anda di sini.

Penting sekali bagi perusahaan Anda untuk mengetahui cara menjaga keamanan jaringan komputer. Teknologi yang makin canggih tidak menjamin bahwa jaringan komputer Anda akan selalu aman. Buktinya, pelaku serangan atau kejahatan siber meningkatkan strateginya agar mampu membobol jaringan komputer secanggih apa pun.

Jaringan komputer perusahaan Anda pasti menyimpan banyak data dan informasi penting di dalamnya. Sangat disayangkan jika data tersebut hilang atau rusak akibat serangan siber dari hacker. Serangan ini bisa saja muncul kalau Anda tidak meningkatkan keamanan jaringan komputer milik perusahaan.

Lantas, bagaimana cara menjaga keamanan jaringan komputer perusahaan? Simak saja tips lengkapnya di artikel ini untuk mengetahuinya.

Cara Menjaga Keamanan Jaringan Komputer yang Efektif

‘Banyak jalan menuju Roma’, itulah peribahasa yang sering kita dengar. Peribahasa ini sangat relevan karena ada banyak cara efektif yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan jaringan komputer. Apa saja?


1. Gunakan Kombinasi Password yang Rumit

Masih banyak perusahaan yang menggunakan password yang mudah ditebak untuk jaringan komputer maupun aplikasi yang digunakan. Tidak heran jika banyak terjadi kasus peretasan jaringan komputer hanya karena masalah ini. Anda perlu membuat kombinasi password yang rumit, yaitu terdiri dari minimal delapan karakter, menggunakan huruf besar dan kecil, angka, dan simbol keyboard.

Hindari menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau informasi pribadi lainnya. Begitu hacker mendapatkan informasi pribadi Anda, mereka bisa menebak password-nya dengan mudah. Selain itu, buatlah password yang berbeda untuk setiap aplikasi yang digunakan. Anda bisa menggunakan software password manager yang aman untuk menyimpan daftar password.


2. Perbarui Sistem Operasi (OS) Secara Berkala

OS komputer Anda akan selalu mengalami pembaruan secara berkala. Anda harus segera melakukan pembaruan OS ketika sudah mendapatkan pemberitahuan di komputer yang digunakan. Versi OS yang sudah usang menjadi celah bagi hacker untuk masuk dan memanipulasi jaringan komputer. Anda bisa menjadwalkan pembaruan otomatis pada malam hari atau ketika tidak ada karyawan yang sedang menggunakan komputer.


3. Lakukan Audit Keamanan Jaringan

Audit atau penilaian keamanan jaringan bertujuan untuk mengetahui setiap kekurangan yang berpotensi membahayakan. Perusahaan bisa mempekerjakan tim IT atau bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan audit. Lakukan audit secara komprehensif yang mencakup peninjauan firewall, aset komputer, prosedur keamanan, dan sebagainya.

Baca Juga: Berbagai Ancaman Keamanan Jaringan Yang Harus Anda Waspadai


4. Berikan Edukasi kepada Karyawan

Bisa jadi masalah yang dapat mengurangi keamanan jaringan komputer Anda berasal dari ketidaktahuan karyawan. Anda perlu mengedukasi karyawan mengenai bahaya ancaman siber dan langkah aman dalam menggunakan jaringan komputer. Contoh paling sederhana yaitu menghindari tautan asing dari e-mail yang bisa membawa ke website phishing atau mengunduh file yang tidak aman.

Baca Juga: Memahami Apa itu Kebijakan Bring Your Own Device (BYOD) pada Sebuah Perusahaan


5. Batasi Akses Pengguna

Setiap perusahaan pasti memiliki informasi sensitif dan rahasia yang hanya bisa diakses oleh karyawan tertentu. Anda perlu membatasi akses setiap karyawan terhadap data yang tersimpan di jaringan komputer. Pembatasan akses ini bisa dilakukan berdasarkan jenis pekerjaan dan jabatan mereka. Tips ini tidak hanya diaplikasikan dalam lingkungan internal, tetapi lingkungan eksternal perusahaan pula.

Contohnya, karyawan bidang penjualan tidak perlu diberikan akses ke seluruh data keuangan perusahaan. Selain itu, klien yang bekerja sama dengan perusahaan Anda hanya diberikan akses mengenai file proyek yang sedang dikerjakan.


6. Gunakan Autentikasi Dua Faktor

Menggunakan password saja tidak cukup untuk melindungi jaringan komputer. Anda harus menambahkan proses autentikasi agar jaringan komputer perusahaan memiliki proteksi yang berlapis. Contoh autentikasinya bervariasi, salah satunya yaitu memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke e-mail Anda ketika hendak mengakses suatu data atau aplikasi.


7. Gunakan Enkripsi Data

Enkripsi data sangat bermanfaat agar informasi yang Anda kirimkan tidak mudah dibaca oleh penyusup. Ada banyak opsi enkripsi yang tersedia, salah satunya menggunakan Virtual Private Network (VPN) untuk mengenkripsi lalu lintas website yang sedang berjalan. Walaupun enkripsi data terbilang aman, Anda tetap terlu memasang password atau kode verifikasi lainnya untuk meningkatkan keamanan jaringan komputer.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Enkripsi serta Jenis, Cara Kerja, dan Manfaatnya


8. Matikan Komputer ketika Tidak Digunakan

Beberapa perusahaan membiarkan komputernya tetap menyala meski tidak digunakan. Kondisi ini bisa menjadi celah bagi hacker untuk menyusup ke perangkat Anda dan mencuri data yang tersimpan di dalamnya. Oleh karena itu, matikan jaringan komputer dimatikan ketika tidak digunakan dan hindari mode sleep. Hacker tidak akan bisa menyusup komputer yang mati karena tidak ada koneksi ke dalam internetnya.


9. Hapus Data yang Tidak Diperlukan

Serangan siber seperti virus atau malware bisa berasal dari data yang tidak sengaja terunduh di komputer Anda. Cobalah memeriksa seluruh direktori file komputer dan hapus semua data yang tidak lagi diperlukan. Jangan lupa untuk menghidupkan software antivirus untuk menghapus semua malware yang ada di komputer Anda.


10. Hindari E-mail Spam

Serangan siber bisa berasal dari e-mail yang tergolong spam atau pengirimnya tidak dikenal. Isi e-mail spam bisa berupa ajakan untuk mengeklik tautan yang mengarah ke website phishing. Anda harus memfilter pesan di kotak masuk agar terhindar dari pesan spam yang berpotensi membahayakan jaringan komputer perusahaan.

Proses filter e-mail spam akan lebih mudah dengan Cloudmatika Mail Buster. Software ini telah dilengkapi teknologi AI yang bisa memblokir segala bentuk e-mail spam sehingga tidak masuk ke inbox Anda.


11. Pasang Sertifikat SSL di Website Anda

Perusahaan Anda memiliki website sebagai sarana branding di dunia digital? Jangan lupa untuk memasang sertifikat Secure Socket Layer (SSL) untuk melindungi website Anda. SSL akan mengamankan website sehingga data pelanggan yang tersimpan di dalamnya tidak mudah diretas. Anda bisa menggunakan layanan SSL Certificates dari Cloudmatika agar proses pendaftaran SSL-nya lebih mudah.


12. Menggunakan Teknologi Cloud Computing

Perusahaan besar sudah beralih menggunakan teknologi cloud computing sebagai media penyimpanan data. Pasalnya, metode penyimpanan konvensional seperti harddisk eksternal sudah mulai ditinggalkan karena dianggap tidak aman. Selain itu, karyawan juga kesulitan mengakses data yang tersimpan karena harus bergantung pada alatnya.

Tentu Anda harus memilih penyedia layanan cloud computing terbaik seperti Cloudmatika. Layanan Cyber Protection kami tidak hanya memiliki variasi kapasitas yang cukup besar. Cyber Protection juga mampu melindungi data yang tersimpan dari serangan ransomware dan malware sehingga tetap aman. Pekerjaan pun lebih efisien dengan layanan Cyber Protection ini.


13. Memasang Firewall

Firewall merupakan sistem keamanan yang wajib ada dalam setiap perangkat. Sistem keamanan ini bekerja seperti ‘benteng’ yang melindungi jaringan komputer perusahaan Anda dari akses yang tidak diizinkan. Lebih baik Anda menggunakan firewall yang mumpuni seperti Cloudmatika Web Application Firewall (WAF)

Software ini memiliki perangkat analisis logika yang mampu mendeteksi berbagai jenis serangan siber dengan cepat dan akurat. Website Anda pun tetap aman dari serangan DDoS yang bisa menyebabkan overload jika menggunakan WAF. Aplikasi yang serbaguna, bukan?

Banyak sekali cara menjaga keamanan jaringan komputer perusahaan yang bisa dicoba, bukan? Tingkat keamanan jaringan komputer perusahaan Anda makin bertambah dengan menggunakan software dari Cloudmatika. Hubungi kami melalui WhatsApp sekarang juga untuk berkonsultasi mengenai kebutuhan informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan perusahaan Anda di bidang IT.

cloudmatika cyberprotection

Whatsapp Chat Chat Kami Disini