Cara Meningkatkan Kecepatan Backup yang Lambat

By 26 July, 2021

Kita tidak bisa meremehkan betapa pentingnya melakukan backup pada komputer atau smarthphone Anda supaya data-data dan informasi penting lainnya tidak hilang. Apalagi dibidang bisnis, dimana akumulasi data-data yang telah terkumpul menjadi sebuah harta yang sangat berharga, maka disinilah pentingnya dalam melakukan backup.

Kita tidak bisa meremehkan betapa pentingnya melakukan backup pada komputer atau smarthphone Anda supaya data-data dan informasi penting lainnya tidak hilang. Apalagi dibidang bisnis, dimana akumulasi data-data yang telah terkumpul menjadi sebuah "properti" berharga, maka disinilah pentingnya dalam melakukan backup.

Namun, banyak orang yang mengeluhkan proses backup yang lambat dan cukup merepotkan tersebut. Tentu saja jika Anda memiliki banyak sekali file untuk di backup, maka akan memerlukan waktu yang lama juga untuk menyelesaikannya, bahkan bisa mencapai waktu seharian. 

Jadi, dalam kesempatan kali ini kami ingin memperkenalkan sebuah metode yang bisa mempecepat waktu dalam melakukan backup.
 

Perkembangan backup data

Di Jepang, merujuk pada survei yang dilakukan oleh Reiwa (Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi), persentase perusahaan yang menggunakan layanan cloud meningkat dari tahun ke tahun, dan pada tahun ke-2 Reiwa para penggunanya mencapai 68,7% (Penggunaan oleh perusahaan mencapai 39,4 % dan penggunaan oleh instansi bisnis atau lembaga 29,3%). Dan dapat dilihat bahwa 36,5% dari penggunaan layanan cloud yaitu backup data, dan rasionya semakin meningkat dari 31,4% di tahun 2019.
 

Keuntungan menggunakan cloud backup

Keuntungan terbesar dari backup menggunakan cloud adalah biayanya jauh lebih murah daripada memasang penyimpanan internal yang berkapasitas besar. Hal ini terutama berlaku untuk usaha kecil yang tidak mampu menghabiskan banyak biaya untuk melakukan backup data-data mereka. 

Tidak hanya dalam hal biaya, melakukan backup menggunakan cloud juga tidak memerlukan penugasan pegawai khusus dalam pengelolaannya. Sehingga akan membuatnya semakin mudah dan efektif dalam pengelolaannya.

Bahkan jika Anda menyiapkan layanan backup sendiri dengan biaya tinggi dan SDM Anda sendiri, hal tersebut masih belum menjamin tingkat efisiensi dan keandalannya. Krena seperti yang kita ketahui bersama bahwa teknologi akan terus berkembang dan tentu saja akan membutuhkan banyak usaha untuk mengejar ketertinggalannya dan tetap up-to-date. 

Di sisi lain, dengan melakukan backup menggunakan cloud, seorang spesialis akan menanganinya dan memeliharanya pada infrastruktur backup terbaru, sehingga keandalan dan efisiensinya yang tinggi akan tetap terjaga.

Apalagi backup menggunakan cloud juga sangat fleksibel. Ini menjadi salah satu daya tarik dari backup cloud yaitu Anda dapat mengatur besar-kecilnya data pada awalnya sesuai dengan skala bisnis Anda, kemudian Anda bisa meningkatkan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan.
 

Kekurangan dalam menggunakan cloud backup

Di sisi lain, kelemahan cloud backup adalah penyimpanan datanya melalui jalur internet, sehingga ada risiko yang muncul di jaringan internet tersebut. Namun, hal ini dapat diatasi dengan mengatur jadwal backup di luar jam kerja, dan bandwidth dapat diatur agar saluran tidak ditempati oleh “Cloudmatika Cloud Backup” yang disediakan oleh Cloudmatika. Namun, bagaimanapun, mungkin diperlukan beberapa waktu untuk mencadangkan dan memulihkan tergantung pada jumlah data selama melewati jalur internet.

Cara meningkatkan kecepatan backup yang lambat
 

Jenis-jenis backup: Langkah-langkah peningkatan kecepatan

Bagaimana jika dalam melakukan backup menjadi lambat dan banyak memakan waktu? Kami akan memperkenalkan langkah-langkah dalam meningkatkan kecepatan backup yang bisa Anda terapkan secara langsung dengan mudah.
 

Saat membackup ke HDD external

Backup yang paling umum dilakukan sejauh ini adalah melakukan backup ke HDD external. Dalam hal ini, terdapat dua langkah-langkah utama yang harus dilakukan dalam meningkatkan kecepatan backup-nya.

Metode pertama, caranya adalah membuat kabel yang digunakan untuk melakukan transfer data kompatibel dengan "USB3.0".

USB3.0 adalah standar USB baru dengan kecepatan transfer yang telah ditingkatkan dan memiliki kecepatan tiga kali lebih cepat daripada tipe USB2.0. Namun, dengan metode ini, semua PC, kabel, dan HDD eksternal juga harus mendukung penggunaan USB3.0 ini.

Metode kedua adalah dengan menggunakan software transfer file yang khusus. Jika Anda menggunakan software khusus tersebut daripada menggunakan aplikasi bawaan dari OS, maka Anda dapat mempersingkat waktu backup meskipun Anda melakukannya menggunakan PC lama yang tidak mendukung USB3.0.

Cara meningkatkan kecepatan backup yang lambat
 

Saat melakukan backup ke cloud

Semakin banyak perusahaan yang menggunakan cloud backup karena didorong adanya situasi pandemi yang saat ini sedang terjadi. Sangatlah penting bagi sebuah perusahaan untuk memilih layanan penyimpanan cloud yang memiliki kecepatan backup yang tinggi.
Oleh karena itu, kami sarankan Anda memperhatikan poin-poin berikut dalam memilih layanan cloud dengan kecepatan backup yang tinggi.
 

  • Metode Backup

Ada tiga metode utama dalam melakukan backup menggunakan cloud yaitu "Full Backup", "Differential Backup", dan "Incremental Backup". Kami akan jelaskan secara detil mengenai tiga metode tersebut di bawah ini.
 

  • Lokasi server

Waktu upload akan bervariasi tergantung dari jauh-dekatnya lokasi server. Meskipun berbentuk digital, file akan ditransfer ke pusat data yang benar-benar ada, sehingga layanan penyimpanan cloud yang memiliki lokasi server di Jakarta akan di-backup lebih cepat daripada layanan yang memiliki lokasi server di luar negeri.
 

  • Batasan saat memulihkan data

Meskipun memiliki kecepatan saat melakukan backup, maka waktu proses penyimpanannya pun semestinya juga singkat. Akan tetapi, beberapa layanan sengaja memberlakukan batasan tertentu pada kapasitas download dan kecepatan download pada saat melakukan penyimpanan data, jadi pastikan Anda untuk memeriksanya dengan cermat sebelum menentukan pilihan Anda.
 

Jenis backup (Full / Incremental / Differential)

Ada beberapa jenis backup yang disediakan oleh Cloudmatika di layanan "Cloudmatika Cloud Backup"-nya dimana Anda dapat memilih format backup yang paling sesuai dengan tujuan Anda.

Pada dasarnya, ini adalah layanan full backup yang berlaku hanya untuk pertama kali pencadangan data dan selanjutnya akan berlaku incremental backup untuk pencadangan yang kedua, tetapi Anda dapat mengubah pengaturan seperti "always full backup", "always incremental backup", dan "always differential backup" sesuai dengan kebutuhan Anda.
 

  • Full Backup

Secara harfiah, Full backup adalah pencadangan semua file di komputer Anda secara lengkap. Cadangan pertama dengan Cloudmatika Cloud Backup adalah "Full backup" dan ini yang membutuhkan waktu paling lama.


 

  • Incremental Backup

Dalam mode standart, "Metode backup incremental" digunakan pada backup yang kedua dan seterusnya. Ini adalah metode yang mendeteksi dan hanya membackup file yang telah diubah atau file yang baru dibuat. Ini akan secara signifikan mengurangi waktu backup dibandingkan dengan saat menggunakan full backup.

cara meningkatkan kecepatan backup yang lambat
 

  • Differential Backup

Di sisi lain, "Metode differential backup" adalah metode yang mencadangkan file yang telah diubah atau file yang baru dibuat setiap saat. Sulit untuk membedakan antara metode ini dengan metode incremental backup, tetapi differential backup menyimpan perubahan data untuk nantinya akan berguna pada saat dilakukan full backup. Sehingga metode ini membutuhkan waktu lebih lama daripada incremental backup yang hanya menyimpan perubahan data untuk pencadangan terbaru saja.

Backup menggunakan cloud memberikan Anda peluang untuk bisa mengatur metode pencadangan yang kedua dan seterusnya menggunakan metode differential backup ini.

cara meningkatkan kecepatan backup yang lambat
 

Cloudmatika Cloud Backup: Backup dan lindungi data Anda

Melakukan backup data seringkali membutuhkan waktu dan tenaga yang besar dan terbilang sangat merepotkan. Sangat disarankan agar Anda memilih metode dan layanan backup yang membuat anda tidak kerepotan sekaligus dapat melindungi data Anda dengan baik setiap hari.

Layanan "Cloudmatika Cloud Backup" yang disediakan oleh Cloudmatika, dapat dengan mudah melakukan backup ke dedicated server yang berada di Jakarta dengan pengaturan yang sederhana dalam waktu yang sangat singkat yaitu hanya 5 menit saja. Tentu saja, ini mendukung metode incremental backup yang sangat baik dalam hal kecepatan dan tidak ada batas kecepatan atau batas kapasitas pada saat pemulihan. 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan cloud backup kami, Anda bisa langsung menghubungi kami dan kami akan melayani Anda dengan senang hati.

Klik disini untuk informasi lebih lanjut mengenai cloud backup yang bisa Anda gunakan.