5 Cara Mengatasi 404 Found dengan Tepat di Website Anda

By 23 November, 2022

Mengalami gangguan 404 not found pada situs web akan selalu merepotkan. Begini cara mengatasi 404 not found! Simak artikel berikut untuk informasinya!

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengatasi 404 not found, ada baiknya Anda harus memahami apa itu 404 not found dan mengapa error 404 not found ini bisa muncul saat user mengakses situs web perusahaan. Simak artikel ini hingga akhir dan temukan langkah yang tepat sebagai cara mengatasi 404 not found!

404 not found adalah sebuah kode error atau kode kesalahan yang muncul ketika server Anda tidak dapat menemukan halaman atau situs web yang ingin Anda akses. Error ini sering muncul dalam berbagai macam, seperti “404 Not Found”, “Error 404 Not Found”, atau “Error 404” yang sebenarnya adalah sama. 

Bagaimana Cara Mengatasi 404 Not Found?

Hal pertama yang pastinya muncul dalam benak Anda adalah bagaimana cara mengatasi 404 not found yang muncul pada situs web Anda? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi apabila error ini muncul.


1. Redirecting atau Mengarahkan Ulang Error 404.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara mengarahkan ulang atau redirecting, error 404 ini. Pada proses redirecting ini, Anda akan memerintahkan server pada situs web Anda untuk mengarahkan user atau klien yang mengakses situs web Anda ke halaman lain yang bekerja atau tidak mengalami error pada situs web Anda.


2. Memperbaiki Tautan atau Link Sumber

Pada umumnya error 404 terjadi ketika user dalam wujud orang maupun robot, mendapatkan tautan atau link yang merujuk pada kesalahan atau error tersebut. Tautan ini biasa disebut dengan broken link atau tautan yang rusak.

Apabila tautan yang rusak ini mengirimkan traffic ke halaman error 404 yang ada pada situs web milik Anda, dan hal itu berada di bawah kendali Anda sebagai pemilik situs web. Anda dapat memperbaikinya tautan yang rusak tersebut di sumbernya.


3. Memulihkan Halaman yang Dihapus

Terkadang permasalahan yang sering terjadi dan menimbulkan munculnya error 404 not found ini dikarenakan Anda sebagai pemilik situs web menghapus beberapa halaman yang sebelumnya ada, namun para user dan klien tetap kembali untuk mencari halaman yang sudah dihapus sebelumnya.

Keputusan dari Anda sebagai pemilik situs web adalah hal yang sah dan wajar perihal penghapusan beberapa halaman. Namun, apabila demand yang dinilai tinggi pada halaman yang telah dihapus, ada baiknya jika Anda memulihkan halaman tersebut.


4. Mengabaikan Error Not Found

Salah satu cara yang menarik yang dapat dicoba apabila masih banyak pemberitahuan mengenai 404 not found yang masih muncul dari situs web Anda dengan cara mengabaikannya saja. Benar, jangan hiraukan 404 not found yang muncul lagi pada situs web Anda!

Memang terkesan aneh untuk memilih cara ini, namun hal ini akan bisa diterima apabila kasus yang terjadi seperti penjelasan sebelumnya. Apabila yang diakses oleh user dan klien adalah halaman yang telah dihapus, dan alasan Anda menghapus halaman tersebut dikarenakan halaman tersebut menurunkan kualitas situs web Anda. Maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah.


5. Memprediksi Salah Ketik

Kebanyakan yang terjadi, ketika mengetik URL pada search bar, user atau klien Anda akan cenderung mengetiknya secara langsung. Dari sini Anda dapat memprediksi bahwa ini adalah kesalahan biasa yang sering terjadi dilakukan dan sepenuhnya human error. Hal yang mungkin bisa Anda lakukan adalah melakukan redirecting ke halaman dengan URL yang sebenarnya, yang mana tidak terjadi salah ketik.

Baca Juga: Apa Itu Error 403 pada Website serta Cara Mengatasinya


Apa yang Menyebabkan 404 Not Found?

Selain cara mengatasi kasus error 404 not found yang terjadi pada situs web Anda. Mungkin pertanyaan lainnya adalah mengapa error ini bisa muncul ada situs web Anda? Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan error ini muncul.

Error 404 not found dapat terjadi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika ada halaman yang dipindahkan ke alamat lain namun tidak ada redirection, URL yang tidak sah, dan halaman pada situs web yang telah dihapus.

Permasalahan lainnya adalah permasalahan plugin atau compatibility yang berpengaruh pada URL. Sehingga proses transfer domain apabila tidak dialihkan dan server pada situs web Anda tidak berfungsi.

Munculnya error 404 not found tentunya menjadi masalah yang menjengkelkan. Maka dari itu pastikan Anda menggunakan domain dan hosting yang sesuai dan berkualitas agar situs web bekerja secara optimal. Tidak perlu pusing, dengan Cloudmatika Anda bisa dapatkan keduanya!

Whatsapp Chat Chat Kami Disini