Temukan 4 Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP dengan Tepat dan Cepat

By 18 October, 2022

Apakah Anda belum tahu cara memindahkan file dari laptop ke HP? Tenang saja, caranya mudah kok. Mari simak beberapa cara mudah melakukannya pada artikel ini!

Apakah Anda belum tahu cara memindahkan file dari laptop ke HP? Tenang saja, caranya mudah kok. Terkadang, kita membutuhkan file yang ada di dalam laptop untuk bisa diakses melalui HP kita. Untuk melakukan hal tersebut, ada beberapa cara mudah yang dapat Anda ikuti, mulai dari yang menggunakan internet maupun yang tidak.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari cara memindahkan file dari laptop ke HP dengan mudah. Mari perhatikan penjelasan lengkapnya di bawah ini dengan seksama agar lebih mudah dipahami!

Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memindahkanfile yang ada di dalam laptop ke HP, baik itu yang menggunakan internet atau yang tidak menggunakan internet sama sekali. Berikut ini adalah beberapa cara memindahkan file dari laptop ke HP.


1. Menggunakan Kabel Data

Cara memindahkanfile dari laptop ke HP yang pertama dan paling umum digunakan adalah dengan menggunakan kabel data. Jika Anda belum tahu apa itu kabel data, kabel ini adalah yang biasanya Anda gunakan untuk mengecas HP.

Baca Juga: Kolaborasi Lebih Mudah dengan 2 Cara Sharing File dengan Tepat

Untuk memindahkanfile dari laptop ke HP menggunakan kabel data, Anda harus memastikan bahwa port yang ada di laptop sudah sesuai dengan kabel data yang digunakan. Umumnya, kabel data yang sering digunakan di Indonesia adalah USB. 

Dengan menggunakan kabel data, Anda tidak memerlukan internet sama sekali untuk memindahkanfile. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memindahkan file dari laptop ke HP menggunakan kabel data:
  • Colokkan kabel data ke HP dan laptop untuk menyambungkannya.
  • Setelah terhubung, akan muncul notifikasi di HP yang menanyakan preferensi pemberian akses. Biasanya, opsi yang muncul adalah: Charge only, Transfer files, atau Transfer photos. Pilih opsi Transfer files.
  • Setelah memastikan kalau HP Anda sudah terhubung, buka File Explorer di laptop Anda dan cari file yang ingin dipindahkan.
  • Klik kanan dan pilih 'Copy' pada file yang ingin Anda pindahakan. Jika Anda ingin memindahkan atau menghapus file dari laptop sekaligus, pilih opsi 'cut'
    • Anda bisa langsung menggunakan shortcut dengan cara menekan tombol Ctrl + C secara bersamaan di keyboard untuk Copy atau Ctrl + X untuk Cut.
  • Pada File Explorer, buka penyimpanan HP. Lalu, pilih folder yang diinginkan untuk menyimpan file tersebut.
  • Klik kanan pada area kosong yang ada di folder dan pilih opsi 'Paste'
  • Anda juga dapat menggunakan shortcut Ctrl + V untuk Paste.
Pastikan untuk mengetahui di mana folder tersebut disimpan di dalam HP agar lebih mudah untuk mencarinya.
 

2. Menggunakan Flashdisk

Jika Anda berencana untuk memindahkan file yang berukuran sangat besar, maka penggunaan kabel data mungkin tidak ideal; ada kemungkinan pengiriman file gagal dan Anda tidak bisa menggunakan HP Anda hingga pengiriman selesai.
Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan flashdisk. Anda akan membutuhkan kabel OTG untuk melakukannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Hubungkan USB ke laptop Anda;
  • Temukan file yang ingin Anda pindahkan dan copy ke dalam flashdisk;
  • Setelah itu, hubungkan USB dengan HP Anda menggunakan kabel OTG;
  • Tunggu hingga USB terbaca di HP Anda;
  • Masuk ke file explorer di HP dan pindahkan data dari USB ke HP Anda.


3. Menggunakan Bluetooth

Anda tentu tidak selamanya akan membawa kabel data, khususnya saat Anda sedang berpergian ke luar atau mungkin Anda lupa membawanya.
Jika sudah begini, bagaimana cara Anda memindahkan file dari laptop ke HP? Anda bisa menggunakan bluetooth. Pastikan saja laptop dan HP yang Anda gunakan memiliki fitur bluetooth yang masih berfungsi.

Baca Juga: Pahami 3 Cara Sharing File di Windows 10 untuk Berbagai Dokumen dengan Mudah

Untuk memindahkanfile dari laptop ke HP menggunakan bluetooth, Anda harus melakukan pairing kedua perangkat terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan pairing bluetooth:
  • Nyalakan bluetooth di laptop dan HP
    • Pada laptop: Masuk ke Setting > Device (atau Bluetooth & Device) > nyalakan bluetooth
    • Pada HP: Masuk ke Setting > Bluetooth > nyalakan bluetooth
  • Pada laptop, di menu Device, pilih Add Bluetooth or other device. Cari perangkat bluetooth dari HP Anda dan pilih.
  • Ikuti proses yang ada, dan klik Pairing.
Setelah terhubung, Anda tidak perlu melakukan prosespairing ini lagi nantinya. Anda bisa langsung memindahkan file dari laptop ke HP menggunakan bluetooth secara langsung. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Cari file yang ingin dipindahkan.
  • Klik kanan pada file yang ingin dipindahkan.
  • Pilih ‘Send to’ > Bluetooth device.
  • Akan muncul pop up window yang berisikan daftar perangkat bluetooth yang terhubung. Pilih perangkat HP Anda.
  • Setelah itu, ikuti proses yang ada dan tunggu hingga selesai.
Jika sudah selesai, biasanyafile tersebut akan tersimpan di dalam folder yang bernama Bluetooth. Anda bisa langsung mencarinya di File Explorer di HP.


4. Menggunakan Layanan Cloud Storage

Untuk memindahkanfile dari laptop ke HP menggunakan layanan cloud storage, Anda membutuhkan jaringan internet. Salah satu layanan cloud storage yang dapat Anda gunakan adalah Filebox dari Cloudmatika. Melalui Filebox, Anda dapat memindahkan file dari laptop ke HP atau sebaliknya dengan leluasa.

Untuk mendapatkanfile yang sudah tersimpan di dalam Filebox dengan leluasa di HP, Anda cukup mengunduh aplikasi seluler dari Filebox saja, yaitu RushFiles yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Lalu, Anda hanya perlu login saja dan pilih file mana yang ingin diunduh untuk digunakan atau dibuka di HP. Mudah, kan?

Selain itu, Filebox juga memiliki solusi ransomware, membuat keamanan digital Anda lebih terjamin. Lebih lanjut lagi, Filebox memiliki WebDav yang dapat dihubungkan dengan berbagai macam perangkat seperti printer atau scanner. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Filebox, silakan hubungi Cloudmatika sekarang juga!


cloudmatika filebox

Whatsapp Chat Chat Kami Disini