5 Cara Memasang SSL di cPanel Dengan Mudah Bagi Pemula

By 21 July, 2022

SSL bekerja sebagai proteksi sebuah situs web agar terhindar dari peretasan. Pelajari cara memasang SSL di cPanel untuk melindungi web melalui artikel berikut.

Secure sockets layer atau SSL adalah teknologi keamanan yang digunakan sebagai pelindung bagi jaringan internet dan website. Pentingnya keamanan pada sebuah website mendorong pengguna untuk menggunakan SSL. Tapi apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memasang SSL di cPanel?

Sebelum membahas mengenai cara pemasangan SSL, ketahui dahulu bagaimana SSL bekerja melindungi website. SSL bekerja dengan memberikan keamanan pada link yang terenkripsi sehingga seluruh aktivitas website tidak terbaca oleh hacker. Teknologi SSL membantu  menjaga keamanan informasi data pribadi, kartu kredit, dan segala transaksi dengan informasi sensitif di dalamnya.
 
SSL bekerja dengan menggunakan kunci kriptografi yang memanfaatkan kekuatan dari dua kunci di dalamnya yang memiliki beberapa rangkaian panjang berupa angka acak. Kedua kunci tersebut ialah private key dan public key. Public key berfungsi untuk mengidentifikasi server dan menjadi domain yang diketahui publik. Sedangkan private key berfungsi untuk mengenkripsi dan mengunci seluruh data yang diterima.  

Website yang terlindungi oleh SSL ditandai dengan ikon gembok dan perubahan pada URL menjadi HTTPS. Sehingga seluruh aktivitas dan transfer data menjadi lebih aman serta terhindar dari ancaman hacker.

Mengapa Harus Memasang SSL?

SSL merupakan protokol keamanan yang melindungi berbagai informasi penting dan aktivitas pada website terkait. Di samping itu, terdapat alasan lain mengapa sistem SSL penting untuk dipasang, seperti berikut ini:

1. Keamanan dan Ketepatan Pengiriman Data

Keamanan yang ditawarkan SSL membantu mencegah adanya tindak kejahatan pencurian data. Hal ini dikarenakan SSL melakukan enkripsi dan pengacakan pada datanya. Dengan begitu, pengguna asing tidak mendapat akses pada data apa pun yang ada di dalam website serta mencegah terjadinya pencurian data.

Baca Juga: Cek Keamanan Website dengan Alat-Alat Berikut Ini
Penggunaan SSL juga berfungsi sebagai autentikasi. SSL menjamin keamanan pengiriman data ke server sesuai dengan tujuan. Sehingga bisa mencegah terjadinya pengiriman data menuju server asing yang digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. 

2. Meningkatkan Traffic Situs Web

Menggunakan SSL pada website dapat membantu meningkatkan traffic, karena menciptakan rasa aman bagi pengunjung. Selain itu, algoritma mesin pencarian Google lebih mengutamakan situs yang dilengkapi dengan keamanan SSL untuk berada pada bagian atas dibanding yang tidak.

Bahkan Google melarang untuk melakukan kunjungan pada website tanpa SSL dan memberi label tidak aman. Sehingga menggunakan SSL memiliki peran besar dalam membantu meningkatkan traffic website.

3. Meningkatkan Reputasi Website

Website dengan sertifikat SSL memiliki label aman pada beberapa browser. Jaminan aman ini dapat membantu meningkatkan reputasi dan kepercayaan pengunjung. Adanya rasa aman dan dapat dipercaya pada sebuah website mendorong pengunjung untuk beraktivitas tanpa keraguan. 

4. Menjaga Informasi Sensitif

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, keamanan yang diciptakan oleh SSL sangat membantu menjaga seluruh data dan informasi sensitif dalam situs. SSL melindungi data melalui enkripsi pada HTTPS sehingga seluruh data baik data user maupun pengunjung dapat terlindungi. Sulit untuk diubah atau dirusak.

Bagaimana Cara Memasang SSL di cPanel?

Sebagai pengguna baru, wajar apabila mengalami kesulitan dan kebingungan berkaitan dengan teknis. Menyadari pentingnya SSL pada sistem keamanan website, berikut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memasang SSL di cPanel bagi pemula:

1. Memiliki Akun cPanel 

Sebelum mulai melakukan pemasangan SSL, pastikan untuk memiliki akun SSL. Dengan akun tersebut, Anda dapat melakukan login dan mengakses cPanel. 

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Control Panel Hosting dan Fiturnya

2. Temukan Pilihan SSL 

Setelah berhasil masuk, selanjutnya Anda dapat mencari pilihan SSL pada menu cPanel. Pilihan SSL umumnya berada bagian menu security pada cPanel.

3. Install dan Manage SSL

Pada bagian SSL, terdapat berbagai pilihan. Pada langkah pemasangan ini, Anda dapat memilih install and manage SSL. Dengan catatan, telah dilakukan pembelian SSL sebelumnya. Selanjutnya pilih manage dan masukkan domain yang akan diberi sertifikat SSL. Kemudian klik autofill by certificate dan install certificate.

Pada langkah ini, akan muncul pesan yang menandakan bahwa SSL telah berhasil dikonfigurasi. Selanjutnya, klik ok pada bagian bawah pesan pop up.

4. Cek Sertifikat SSL 

Selanjutnya, lakukan pengecekan pada website untuk memastikan sertifikat SSL sudah terpasang. Pengecekkan dapat dilakukan dengan berbagai situs yang dapat Anda temukan pada mesin pencarian di internet. 

5. SSL Berhasil Dipasang

Melalui 4 langkah di atas, SSL HTTPS telah berhasil terpasang pada server hosting website. Web dapat terlindungi dari ancaman kejahatan cyber serta memiliki peningkatan dengan aktivitas yang berhubungan dengan SEO karena telah dikategorikan aman oleh mesin pencarian.

Perlu diingat sebelum menerapkan cara memasang SSL di cPanel, tentu saja dibutuhkan pembelian SSL. Pastikan Anda mendapatkan SSL yang berkualitas dan pada situs yang tepercaya seperti Cloudmatika. Cloudmatika menyediakan sectigo SSL certificate yang terjamin aman, tepercaya, dan harga yang efektif. Hubungi Cloudmatika sekarang juga untuk mulai berkonsultasi dan berikan perlindungan terbaik untuk website Anda!