Apa itu Virtual Private Server (VPS)? Dan Apa Aja Sih Kegunaannya?

By 25 April, 2017


 

VPS atau Virtual Private Server atau Virtual Dedicated Server adalah sebuah server yang dibagi menjadi beberapa virtual server yang dapat diinstall OS dan berbagai aplikasi nya sendiri. VPS atau VDS itu sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah komputer (server) dengan kapasitas resource hardware yang sangat besar dapat dibagi-bagi menjadi beberapa virtual komputer yang mandiri.

VPS dapat berjalan layaknya sebuah Dedicated Server dan juga dapat diinstall sistem operasi (OS) tersendiri serta dapat mengatur virtual komputernya tanpa mengganggu virtual komputer yang lain. VPS atau VDS juga memiliki banyak kegunaan, diantaranya yaitu:

  • Hosting atau Webserver
    VPS seringkali digunakan sebagai sebuah webserver untuk hosting ataupun untuk berbagai jenis webserver, seperti Web Komersil, Institusi Pemerintahan, maupun Organisasi. Karena, hosting atau webserver pada umumnya menggunakan sebuah resource yang besar dan dengan menggunakan VPS/VDS ini mampu untuk mencukupi resource tersebut.

 

  • File Server
    Jadikan VPS sebagai pusat data untuk bisnis Anda. Selalu tersedia kapanpun Anda ingin menempatkan dan mengambilnya. Cloud VPS Cloudmatika memberikan unlimited bandwidth untuk semua jenis VPS yang membuat pengiriman file dan menerima file menjadi lebih nyaman.

 

  • Game Server
    Dengan latency yang rendah membuat kecepatan internet menjadi lebih kencang. VPS Cloudmatika menyediakan VPS dengan latency yang rendah dan sangat cocok sebagai Game Server. Sehingga para pengguna game yang Anda buat menjadi lebih nyaman.

 

Cloudmatika menghadirkan 2 jenis VPS yaitu Cloud VPS Indonesia dan Cloud VPS Jepang. Keduanya memiliki kegunaan yang sama, hanya infrastruktur nya yang membedakan. Cloudmatika juga memberikan beberapa paket untuk Cloud VPS Indonesia maupun Cloud VPS Jepang diantaranya:

  1. Paket VPS Bulanan
  2. Paket VPS Tahunan
  3. Paket VPS+Plesk Bulanan
  4. Paket VPS+Plesk Tahunan

 

Cloudmatika memberikan beberapa tambahan add on untuk memudahkan para developer dalam mengelola sebuah website seperti Web Admin, Web Pro, dan Web Host. Untuk anda yang ingin membuat sebuah webserver pada VPS/VDS, Cloudmatika menawarkan sebuah paket VPS+Plesk Bulanan ataupun Tahunan.