Apa Itu Mail Server ?

By 01 March, 2021


Perkembangan teknologi semakin lama semakin berkembang, dengan adanya teknologi saat ini akan memudahkan seluruh pekerjaan manusia, untuk kebutuhan penyelesaian pekerjaan yang perlu cepat dan efisien.
 
Hal yang biasa dilakukan dalam pekerjaan adalah email, perlu email pada perusahaan atau pribadi menjadi hal yang sangat penting dan sering dilakukan, menggunakan data pada perusahaan atau pribadi untuk saat ini meningkatkan drastis.
 
Lalu, bagaimana menggunakan data yang diperlukan sudah mulai banyak dan perlu tempat penyimpanan yang lebih besar? Dengan adanya teknologi cloud computing semua data dan penyimpanan dapat di integrasikan ke cloud computing yang mana teknologi tersebut dapat memudahkan pekerjaan yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun.
 
Penggunaan email sendiri untuk saat ini tidak kalah menarik, karena hampir seluruh pekerjaan dan kebutuhan pribadi perlu menggunakan email. Karena memang untuk komunikasi yang dapat dilakukan perusahaan besar yang mana semua kegiatan membutuhkan email.
 
Apa Itu Mail Server?
Jika Anda adalah seorang IT, mungkin untuk mendengarkan server mail sudah siap dan sudah bukan milik lagi? Bagaimana jika Anda bukan dari bidang IT? Tenang saja, mail server itu sendiri merupakan server atau layanan internet berbasi cloud computing yang digunakan untuk mengirim dan menerima email dalam satu jaringan mail server yang sama.
 
Apakah mail server sama dengan layanan email lainnya?Server mail sendiri sebenarnya menggunakan server layanan klien, yang mana klien dapat mengakses server mail melalui aplikasi.
Pada mail server sendiri memiliki 3 buah protokol dalam mengirim email dengan menggunakan mail server:
  • SMTP
Protokol Transfer Surat Sederhana, apakah Anda pernah mendengar nama tersebut? SMTP merupakan salah satu protokol stAndar untuk transmisi atau pengiriman email. Biasanya SMPT memiliki tugas untuk melakukan komunikasi dengan server untuk mengirim email dari lokal email ke server mail yang Anda terima.
  • POP3
Selanjutnya ada Post Office Protocol yang merupakan protokol server/client tempat dimana email dikirimkan dari server menuju email lokal, maksusdnya adalah ketika Anda menerima sebuah email maka POP3 akan menerima dan menyimpan email tersebut yang nantinya akan bisa Anda akses.
 
Jadi, sistem kerja dari POP3 ini adalah dengan cara menghubungkan ke server email Anda, ketika Anda akan mendownload semua pesan yang terdapat pada email, pesan yang sudah di download maka tidak akan terdapat lagi, oleh sebab itu Anda perlu untuk menggunakan backup.
  • IMAP
Apakah Anda merupakan seseorang yang selalu berpergian? Dan ketika berpergian, Anda selalu ingin mengecek email Anda secara cepat dan mudah? Mungkin Anda bisa menggunakan Internet Message Access yang dimana ketika Anda akan membaca email menggunakan IMAP, maka Anda tidak perlu mendownload atau menyimpan kedalam komputer atau laptop Anda karena proses dari IMAP itu sendiri langsung membacanya melalui server.
 
Selain itu, ada beberapa komponen mengenai mail server yang harus Anda ketahui seperti :
  • MUA
Mail User Agent merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyusun, mengirim dan menerima sebuah email. MUA sendiri biasanya sering disebut dengan email reader atau pembaca email karena memang fungsi utama dari MUA itu sendiri adalah sebuah perintah dalam email yang dapat menerima dan mengirimkan email.
  • MTA
Apakah Anda pernah mendengarkan Mail Transport Agent ? Mail Transport Agent merupakan sebuah komponen mail server yang memiliki sebuah tugas untuk mengurus bagian program pengiriman email. Jadi MTA sendiri dapat dikatakan memiliki sebuah fungsi untuk menerima dan memproses pesan email yang masuk melalui berbagai macam jaringan dan dapat menentukan alamat tujuan untuk pertimbangan bagaimana cara mengirimkan sebuah email tersebut dan juga dapat menggunakan daftar distribusi untuk mengirimkan sebuah salinan pesan.
  • MDA
Mail Delivery Agent merupakan sebuah program yang memiliki fungsi sebagai agen pengiriman pesan email, ketika Anda akan mengirimkan sebuah email. Maka fungsi program MDA lah yang akan melakukan proses tersebut. MDA sendiri memiliki sebuah database yang terdapat saluran atau jaringan untuk mengirimkan sebuah email. Lalu, MDA sendiri dapat digunakan untuk mengirimkan pesan email sesuai dengan jaringan yang dipilih.
 
Apakah Anda perlu untuk menggunakan mail server ? Anda harus mengetahui beberapa kelebihan dari mail server itu sendiri, sebagai berikut :
  • Menghemat Bandwidth
Menggunakan mail server biasanya digunakan untuk perusahaan yang dimana lingkupnya hanya karyawan dari perusahaan Anda saja, tentu hal itu dapat mengatasi untuk menghemat bandwidth perusahaan. Semakin sedikit yang menggunakan mail server maka bandwidth yang diperlukan tidak akan menghabiskan banyak bukan? Ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh mail server, dengan begitu ketika Anda menggunakan mail server maka tidak akan terjadi server down atau crash.
  • Cepat dan Efisien
Dikarenakan mail server itu bersifat private dan digunakan hanya untuk kebutuhan yang inginkan saja. Maka proses pengiriman atau penerimaan sebuah email akan cepat, mudah dan efisien karena memang traffic yang digunakan lebih rendah jika dibandingkan dengan mail server gratis atau publik
  • Private
Jika Anda bekerja disebuah perusahaan yang dimana semua data dan akses bersifat private, maka penggunaan mail sever bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk Anda gunakan. Dengan menggunakan mail sever Anda akan dengan aman untuk melakukan sebuah pengiriman berkas dan menerima berkas yang dimana berkas tersebut merupakan sebuah dokumen penting perusahaan karena menggunakan jaringan internal.
  • Mudah dilakukan maintenance
Salah satu kelebihan yang dapat miliki oleh mail server yang dimana sangat disukai oleh pelaku bisnis dan perusahaan adalah mail server lebih mudah dalam penanganan, oleh sebab itu Anda harus mengetahui bagaimana cara menghubungi team support dan third party penyedia mail server tersebut.

 
Mail Server Dengan Data Center di Indonesia

 
Cloudmatika sendiri memiliki sebuah layanan mail server yang dinamakan dengan ZIMBRA, Anda bisa menggunakan layanan cloudmatika mail server untuk kebutuhan perusahaan Anda dan bisnis Anda dalam proses pengiriman email. Dengan keamanan yang sudah terjaga dan juga efisiensi yang dimiliki oleh mail server itu sendiri sudah pasti Anda akan mendapatkan layanan yang menguntungkan bagi perusahaan Anda. Pada layanan mail server Zimbra sendiri memiliki sebuah team support yang dimana dapat membantu Anda ketika Anda mengalami sebuah gangguan untuk mail server yang Anda gunakan, jadi ketika terjadi sebuah error maka Anda tidak perlu khawatir karena akan ada team support yang akan membantu Anda untuk menyelesaikan permasalahan pada mail server yang Anda gunakan.
 
Anda ingin menggunakan jasa layanan Cloudmatika?
 
Hubungi Kami Untuk Mendapatkan Informasi & Penawaran
Email: sales@cloudmatika.com
Situs web: www.cloudmatika.co.id
Telepon: 021 28565201
Facebook: Cloudmatika
Instagram: Cloudmatika
Linkedin: Cloudmatika