Apa itu Firewall dan Fungsinya dalam Menjaga Keamanan Data

By 07 December, 2022

Fungsi firewall hampir sama dengan antivirus. Namun, sebenarnya apa itu firewall? Untuk informasi lengkapnya, silakan simak artikel berikut ini!

Menurut artinya dalam bahasa Indonesia, firewall adalah dinding api. Namun, itu hanya sebuah istilah literalnya saja. Istilah ini sering kita temui jika berurusan dengan teknologi dan internet. Namun, sebenarnya apa itu firewall? Untuk mencari tahu apa itu firewall, simak artikel berikut ini!

Apa itu Firewall?

Firewall adalah suatu sistem keamanan yang diciptakan untuk melindungi perangkat Anda. Perangkat yang dimaksud adalah baik komputer maupun smartphone. Mungkin hal ini akan membawa Anda untuk mempertanyakan, lalu apa bedanya firewall dengan antivirus yang selama ini sudah terpasang pada seluruh perangkat teknologi saat ini?

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Firewall

Sebenarnya, tujuan dari firewall dan antivirus adalah sama. Namun ada letak otoritas untuk keduanya yang membuat keduanya menjadi dibedakan. Antivirus akan melindungi perangkat Anda dari potensi bahaya seperti serangan virus secara internal, sedangkan firewall akan melindungi perangkat dari virus dan serangan lainnya pada jaringan komputer. 

Tugas utama dari firewall adalah untuk mengontrol dan memantau seluruh akses yang keluar masuk melalui jaringan koneksi suatu perangkat dengan aturan yang sudah ditetapkan. Selain itu, firewall juga memiliki tugas penting yang kebanyakan pengguna tidak sadar akan hal itu, yaitu menjaga jaringan internet yang terhubung pada suatu perangkat.


Apa Fungsi Firewall?

Setelah memahami pengertiannya, sekarang Anda perlu mengetahui apa saja fungsi dari firewall yang penting untuk dipahami. Berikut ini fungsi-fungsi dari firewall.


1. Firewall untuk Perlindungan dari Serangan Virus atau Pihak Tidak Bertanggung Jawab

Fungsi firewall yang satu ini sudah seringkali disebutkan, tujuannya adalah untuk melindungi dari kemungkinan terburuk melalui internet, seperti serangan virus dan bahkan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Serangan yang dimaksud dalam hal ini seperti penyalahgunaan informasi, peretasan oleh hacker hingga pencurian data.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Cyber Crime dan Cara Untuk Menanggulanginya


2. Firewall untuk Melindungi dari Kebocoran Data

Fungsi utama firewall yang paling banyak diketahui adalah untuk melindungi perangkat. Namun, firewall juga dapat melindungi data-data yang tersimpan di cloud. 

Firewall akan mencegah terjadinya kebocoran terhadap data Anda, baik data pribadi atau dokumen penting suatu perusahaan. Firewall pun mampu mencegah pengguna untuk mengirim data yang bersifat penting atau dinilai bersifat rahasia ke pihak lain atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Memahami Apa itu Data Security: Pengertian dan Manfaatnya bagi Perusahaan Anda


3. Firewall Memblokir Konten yang Tidak Diinginkan

Selain untuk melindungi jaringan dan data Anda, firewall mampu untuk memblokir konten internet. Ketika Anda melakukan browsing dan kegiatan lainnya yang membutuhkan akses internet, firewall akan memblokir konten yang tidak Anda sukai. Cara agar firewall memblokir konten atau situs tertentu adalah dengan mengatur alamat URL yang tidak Anda inginkan.


4. Firewall Mampu Melakukan Monitor terhadap Bandwidth

Firewall juga berfungsi untuk memantau bandwidth yang Anda gunakan ketika mengakses internet melalui perangkat Anda. Selain memantau, firewall juga mengatur batasan pada bandwidth yang Anda gunakan ketika mengakses konten menggunakan internet. Selain itu, Anda juga bisa memilih prioritas untuk batasan bandwidth internet.

Baca Juga: Kenali Apa itu Bandwith serta Fungsi dan Jenis-jenisnya Pada Sebuah Website


Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Firewall?

Firewall keberadaannya dinilai sangat penting terutama untuk Anda, pemilik bisnis yang memanfaatkan layanan internet. Berikut beberapa alasan mengapa firewall sangat penting untuk suatu bisnis!


1. Firewall Merupakan Bagian dari Cyber Protection

Firewall adalah bagian dari cyber protection atau keamanan siber yang mana benar-benar berfungsi untuk melindungi sistem komputer, perangkat, dan jaringan. Tanpa firewall sebagai cyber protection, informasi yang bersifat penting dan sensitif dapat diakses siapa pun melalui internet.

Baca Juga: Pahami Apa Itu Cyber Security dan Perannya Untuk Perusahaan Anda

Hal terburuk yang akan terjadi apabila suatu bisnis tidak melindungi sistem komputer, perangkat dan jaringannya dengan firewall, data dapat diakses orang lain dan dieksploitasi secara tidak bertanggung jawab. Bahkan, serangan-serangan seperti ini tidak hanya terjadi pada skala bisnis, namun bisa terjadi pada skala negara.

Salah satunya adalah serangan DDoS atau Denial of Service. Serangan ini memungkinkan peretas untuk meminta bergabung dengan server Anda. Peretas tentunya akan terus mengirimkan permintaan sepihak sehingga akan membanjiri server Anda. Beberapa hal ini mampu menyebabkan kehilangan data pada server Anda.


2. Firewall Membantu Bisnis untuk Menghindari Kehilangan Data

Kecerobohan kadang bisa terjadi kapan saja, terutama pada suatu bisnis yang di dalamnya dikelola oleh banyak individu. Kecerobohan tersebut bisa jadi dalam bentuk kesalahan pemindahan data dan kecerobohan menghapus data yang merupakan aset penting suatu bisnis. 

Penggunaan firewall memperbolehkan Anda untuk mengelola dan mengatur file-file yang bukan merupakan aset perusahaan. Firewall juga akan memberikan rincian informasi tentang perpindahan data untuk memastikan apakah data yang dipindahkan benar dan memberikan detail lainnya sehingga meminimalisir kehilangan data bisnis Anda.

Setelah membaca artikel ini, tentunya sebagai pemilik sebuah bisnis akan mempertimbangkan ulang mengenai penggunaan firewall untuk melindungi bisnis Anda, bukan? Pilihlah layanan yang benar-benar memberikan proteksi yang terjamin sehingga Anda tidak perlu mengambil risiko untuk kehilangan data yang berharga.

Cloudmatika hadir dengan layanan Cyber Protection, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan serangan siber. Cyber Protection akan mengintegrasikan backup & recovery, disaster recover, dan perlindungan berbasis AI serahkan masalah perlindungan data Anda pada Cloudmatika. Tunggu apalagi? Segera hubungi Cloudmatika untuk info lebih lanjut!

cloudmatika cyber protection

Whatsapp Chat Chat Kami Disini