Apa itu File Transfer Protocol (FTP)?

By 08 December, 2017

File Transfer Protocol (FTP) adalah elemen penting dalam melakukan download upload file yang sering kita lakukan. Karena fungsi FTP itu sendiri yaitu sebagai penyambung antara perangkat komputer ke server internet.

File Transfer Protocol (FTP) adalah sebuah protokol internet yang memungkinkan untuk melakukan transfer file antar perangkat dalam suatu jaringan yang menggunakan koneksi TCP. Didalam FTP terdapat dua komponen utama yang dapat digunakan, yakni FTP Server dan FTP Client.
 

Fungsi FTP

FTP Server merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk memberikan akses file, mendownload, dan menambah suatu file didalamnya.

FTP Client berfungsi untuk mengakses FTP Server dengan menggunakan akun yang sudah diberikan akses oleh FTP Server.
 

Cara Menggunakan FTP

FTP ini pada umumnya menggunakan port TCP 21. Namun, apabila sudah menentukan nama host untuk FTP Server yang dimiliki, maka untuk dapat mengakses cukup dengan memasukan nama host pada URL Address bar di browser yang digunakan dan menambahkan ftp:// sebelum nama host. Sehingga akan muncul seperti berikut:

  • ftp://namahost.com


FTP ini juga bisa digunakan untuk remote server dimana user bisa mengakses website tanpa perlu login ke Virtual Private Server (VPS) atau hosting.

Bagi yang belum mengetahui cara menggunakan FTP pada sistem operasi berbasis Linux, bisa mengakses panduan menggunakan FTP ini.

Whatsapp Chat Chat Kami Disini