Amankan Segera Website Anda dari Serangan DDOS Attack dengan DDOS Protection

By 04 October, 2022

DDoS Attack merupakan sebuah usaha penyerangan dengan cara mengirimkan ribuan bahkan jutaan permintaan sekaligus kepada suatu server untuk membuat sumber daya pada server menjadi tidak bekerja secara efisien atau bahkan lumpuh (down). Tidak hanya menyerang sebuah website, biasanya DDoS juga dapat dikirimkan oleh seseorang kedalam berbagai jenis dari jaringan seperti router, mail server, web server, dan berbagai aplikasi server lainnya.

Serangan DDoS adalah salah satu jenis serangan yang paling umum menyerang sebuah website. Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah website untuk memiliki sistem keamanan DDoS protection untuk memastikan website tersebut bisa berfungsi dengan mana. Untuk lebih memahami mengapa Anda membutuhkan DDoS protection, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Apa itu DDoS Attack (Distributed-Denial-of-Service attack)?

DDoS Attack merupakan sebuah usaha penyerangan dengan cara mengirimkan ribuan bahkan jutaan permintaan sekaligus kepada suatu server untuk membuat sumber daya pada server menjadi tidak bekerja secara efisien atau bahkan lumpuh (down). Tidak hanya menyerang sebuah website, biasanya DDoS juga dapat dikirimkan oleh seseorang kedalam berbagai jenis dari jaringan seperti router, mail server, web server, dan berbagai aplikasi server lainnya.

Baca Juga: Pahami Apa Itu Cyber Attack dan Cara Mencegahnya Pada Website Anda

DDoS Attack sendiri sangat populer dan paling sering digunakan untuk menyerang dan membuat suatu web server down seketika atau bahkan lumpuh dan tidak dapat diakses. Ada banyak sekali jenis-jenis serangan DDoS yang sering digunakan oleh penyerang, diantaranya:
  • TCP SYN Floods
  • TCP FIN Floods
  • TCP RST Floods
  • TCP Fragment attacks
  • TCP Syn Spoofed
  • HTTP GET Floods
  • HTTP Post Floods
  • HTTP XMLRPC PingBack attacks
  • HTTP HEAD Floods
  • HTTP Cache Control
  • HTTP SSL Saturation
  • Slowloris
  • ICMP Floods
  • Brute Force
  • TCP Ack FloodsPing of Death
  • DNS NXDomain Floods
  • Amplified DNS DDoS
  • RUDY
  • Smurf dan serangan lainnya


Mengapa Anda harus Waspada Terhadap Serangan DDoS?

Baik bisnis besar atau kecil wajib waspada terhadap serangan DDoS. Khususnya oleh bisnis kecil karena umumnya bisnis kecil akan memiliki sistem keamanan siber yang minim atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali.

Beberapa laporan mengatakan bahwa serangan DDoS dapat merugikan sebuah perusahaan mulai dari 50 ribu hingga 120 ribu dolar (atau 700 juta hingga 1 triliun). Angka kerugian ini tidak hanya berasal dari potensi berhenti total operasi website atau sistem jaringan perusahaan Anda namun juga dari potensi terjadinya serangan ransoware.

Baca Juga: Beragam Cara Mengatasi Ransomware dengan Cepat dan Tepat

Selain dari segi materi, bisnis Anda juga berpotensi terkena berbagai efek samping dari serangan DDoS sebagai berikut ini:


1. Rusaknya Reputasi

Rusaknya reputasi sendiri adalah salah satu efek samping utama dari segala jenis serangan cyber. Ketika pelanggan tahu bahwa website atau bisnis Anda telah berhasil diretas dan lumpuh akibat serangan siber, maka tentu kebanyakan dari mereka akan berpikir bahwa website atau bisnis Anda sendiri bukanlah tempat yang aman untuk bertransaksi.

Ketika pelanggan atau calon pelanggan Anda tidak lagi melihat website atau bisnis Anda sebagai sesuatu yang terpercaya, ada kemungkinan mereka tidak akan lagi bertransaksi di sana. Hal ini kemudian dapat berdampak pada pemasukan bisnis Anda sendiri.


2. Kebocoran Data

Jika serangan DDoS yang Anda alami diikuti oleh serangan ransomware, maka bukan tidak mungkin Anda harus membayar lebih mahal, baik dari segi finansial serta reputasi perusahaan, akibat ancaman kebocoran data.

Kebocoran data ini, jika terjadi, dapat melukai bisnsi Anda sedemikian besar yang dapat membuat orang-orang enggan bertransaksi lagi dengan bisnis Anda yang kemudian dapat mengurangi pendapatan perusahaan Anda secara drastis.

Kerugian, baik materi serta reputasi ini dapat menjadi lebih mahal ketimbang Anda menggunakan web application firewall dari awal. Itulah alasan mengapa Anda harus memperhatikan keamanan siber perusahaan, baik perusahaan Anda masih kecil sekalipun.


Mengantisipasi Serangan DDoS dengan DDoS Protection

Terkadang, seseorang tidak memperdulikan sisi keamanan sebuah website mereka dan cenderung merasa bahwa website mereka telah aman dari serangan DDoS tanpa fitur DDoS Protection. Pada nyatanya, sebuah serangan DDoS tidak hanya mengacu kepada resource yang dimiliki oleh server, namun juga kerentanan atau celah yang terdapat pada suatu website.

Cloudmatika menyediakan Web Application Firewall berbasis Cloud untuk masyarakat di Indonesia dalam mengamankan websitenya dari segala serangan DDoS. Web Application Firewall dihadirkan di Indonesia untuk membuat masyarakat merasa lebih mudah dalam mengantisipasi dan juga mencegah segala bentuk serangan DDoS yang datang. Dengan fitur yang lengkap dan juga keamanan yang terjamin, membuat para developer tidak perlu takut lagi akan serangan-serangan DDoS yang ditujukan kepada websitenya.


Apa Keunggulan Web Application Firewall dari Cloudmatika?

Beberapa keunggulan Cloudbric DDoS Protection yang harus diketahui oleh masyarakat di Indonesia untuk melengkapi sistem keamanan pada website mereka, diantaranya:


1. Cepat dan Mudah Digunakan

Web Application Firewall dari Cloudmatika sangat mudah untuk digunakan. Hanya dengan 1 klik, Anda bisa langsung mulai melindungi website Anda dari berbagai macam serangan siber, seperti DDoS. Anda juga dapat memantau keamanan secara langsung (real time) serta menghlangan serangan apapun secara cepat.


2. Tampilan yang Intuitif

Anda tidak membutuhkan pengetahuan IT yang mendalam untuk menggunakan Web Application Firewall dari Cloudmatika. Anda tinggal mengatur pengaturan yang tersedia dan Anda bisa langsung melupakannya. Anda akan menerima laporan yang mudah dimengerti sehingga Anda bisa tenang ketika tahu website Anda aman dari serangan DDoS.


3. Teknologi Mutakhir

Web Application Firewall dari Cloudmatika memiliki logika yang didukung oleh PentaSecurity. Logika ini dapat mengenali serangan-serangan yang sudah dimodifikasi serta serangan yang tidak dikenal sebelumnya dengan akurasi yang sangat tinggi.  Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa semua lalu lintas yang sah dapat masuk dengan mudah ke dalam website Anda sambil terus memblokir lalu lintas yang berusaha merusak website Anda.


4. Gratis SSL

Saat menggunakan Web Application Firewall dari Cloudmatika, Anda juga akan mendapatkan sertifikat SSL 'Let's Encrypt' secara gratis. Anda juga tidak perlu menginstallnya secara terpisah; domain Anda akan langsung terlindung ketika menggunakan Web Application Firewall. 

Itulah dia penjelasan tentang DDoS protection dan mengapa Anda harus menggunakannya. Segera gunakan Web Application Firewall dari Cloudmatika untuk melindungi bisnis Anda dari serangan DDoS yang dapat merusak bisnis Anda dalam jangka panjang.
 

Whatsapp Chat Chat Kami Disini