Akibat Lupa Memperpanjang Hosting & Domain

By 08 July, 2020

CLOUDMATIKA BLOG | Apakah Anda sudah mengetahui istilah VPS Hosting dan domain? Sebagai pengguna internet, kedua hal ini tentu tidak asing lagi. Sebab nama domain yang Anda miliki tentu saja akan Anda ketik ketika Anda sendiri mengakses browser. Domain names menjadi nama yang unik untuk mengidentifikasi sebuah nama baik dari web server, email server, mau dengan server komputer yang mana terdapat pada jaringan internet.

Sudahkah Anda mengetahui fungsi dari nama domain? Fungsi utamanya adalah memberikan kemudahan pengguna internet untuk mengakses ke server. Penggunaan nama domain juga akan memudahkan kita untuk mengingat nama server yang akan di kunjungi. Bahkan tanpa mengenal IP Address yang biasanya memang memiliki deretan angka rumit. 

Sedangkan VPS Hosting merupakan bagian  penyimpanan atau berguna untuk menyimpan data yang di butuhkan dari sebuah website. Untuk VPS Hosting sendiri dapat di akses dengan menggunakan internet. 

Dengan adanya perkembangan internet sekarang, tentu saat ini kebutuhan domain dan juga VPS Hosting  meningkat secara drastis. Salah satu kebutuhan yang sering kita jumpai adalah penggunaan domain untuk promosi produk yang di jual oleh perusahaan. Bahkan salah satu yang lebih menguntungkan dari domain names adalah untuk kebutuhan promosi. Melakukan promosi dengan penggunaan domain & VPS hosting bisa menjadi salah satu investasi yang memiliki nilai jual tinggi. Hal ini karena domain yang kita miliki memiliki traffic tinggi, menjadikan banyak orang segera ingin mengambilnya. Terutama ketika kita tidak memperpanjang domain names tersebut. Bahkan akibat yang akan kita dapatkan juga sangat fatal. Maka dari itu pengguna domain wajib memperhatikan masa aktif domain juga VPS hosting yang di miliki bisnis Anda.

Berikut Beberapa Dampak Yang Terjadi Ketika Anda Lupa Memperpanjang  Hosting & Domain

Beberapa orang sering kali lupa memperpanjang masa aktif domain & VPS Hosting ialah karena kesibukannya. Bahkan lupa dalam cek email  akan berakibat jika hosting & domain  tidak di perpanjangan masa aktifnya. Perlu Anda ketahui, domain & hosting yang mana sudah Anda sia-siakan akan memiliki dampak yang sangat besar bagi Anda. Terlebih jika Anda memiliki website untuk bisnis, tentu saja sangat berakibat buruk untuk kita. 

Ada beberapa dampak buruk yang bisa terjadi karena Anda tidak segera memperpanjang domain & hosting adalah sebagai berikut ini:

Membuat Pengunjung Bingung & Reputasi Turun

Dampak yang terjadi ketika Anda lupa tidak perpanjangan domain atau VPS Hosting ialah membuat website yang kamu miliki tidak bisa di akses. Bahkan kerugian yang akan Anda dapatkan  juga sangat banyak sekali. Terutama jika website yang Anda miliki adalah sebuah toko online. Hal ini akan membuat pengunjung merasa bingung. Terutama jika pengunjung adalah pelanggan tetap dari website  Anda. Baisanya mereka akan sesegera mungkin membeli produk yang Anda jual. Namun karena nama domain & hosting tidak diperpanjang sehingga website Anda tidak bisa di akses. Tentu saja pelanggan memilih untuk mengakses ke website toko online sebelah. Hal ini yang menjadikan reputasi toko online Anda akan turun. Hal ini  akan sangat merugikan Anda sendiri. 

Peringkat SEO Mengalamai Penurunan 

Tidak hanya reputasi saja yang akan turun, namun peringkat SEO Anda  juga akan turun. Sangat di sayangkan jika website yang kita miliki sebelumnya adalah website profesional dengan fitur SEO namun tidak bisa di akses. Karena website yang Anda miliki tidak dapat di akses, secara otomatis peringkat SEO  juga akan turun secara drastis. Tentu kesempatan untuk bisa muncul di halaman satu google  akan sulit. 

Domain Bisa Di Ambil Pihak Lain

Jika sudah 5 hari domain & hosting kamu tidak juga diperpanjang, tahap selanjutnya yang akan terjadi adalah pending delete. Yang mana adalah penghapusan domain dari ICAAN database yang akan berlangsung selama 3-5 hari. Jika ini terjadi, tentu saja domain yang sebelumnya Anda miliki akan menjadi available yang membuat siapa saja bisa melakukan registrasi. Nah, domain yang tadinya tidak diperpanjang bisa di daftarkan lagi sebenarnya, hanya saja harus menunggu 80 hari dari tanggal expired.

Website Di Suspend Sementara

Jika Anda tidak melakukan perpanjangan domain, maka masa aktif dari website Anda  sudah habis. Pada umumnya masa aktif dari sebuah domain adalah 1 tahun. Namun domain yang beda, maka masa aktifnya  juga akan berbeda. Dimana ada dengan masa aktif 2-10 tahun juga. Semua tergantung dengan kontrak yang di pilih. Jika Anda  tidak segera melakukan perpanjangan domain sebelum tanggal expired domain & VPS Hosting. Maka domain yang Anda miliki akan di suspend sementara, menjadikan website Anda tidak bisa di akses. Namun ketika masih ada masa renewal grace period (30 hari), maka Anda bisa memperpanjang domain dengan harga yang normal. 

Tidak Bisa Menggunakan Email Domain Lagi

Secara otomatis ketika Anda tidak memperpanjang domain & VPS Hosting, maka fitur-fitur yang ada di dalamnya tidak bisa di akses termasuk email domain. Yang mana email domain menjadi salah satu fasilitas yang memang harus ada dalam web hosting yang Anda gunakan. Adanya email domain, Anda dapat mengirim dan membuat email tanpa harus menggunakan email Gmail atau Yahoo. Namun ketika Anda lupa atau tidak perpanjangan domain, maka Anda tidak lagi bisa membuat dan mengirim email. Dan ketika orang lain mengirim email ke email domain Anda, maka Anda tidak akan menerimanya. 

Harus Bayar Denda Karena Telat Pembayaran

Ketika sudah 45 hari Anda tidak segera melakukan pembayaran. Maka Anda  harus membayar denda 10x lipat dari masa perpanjangan domain Anda. Yang tentunya ini berlaku bagi siapa saja & hanya dengan waktu 5 hari saja untuk bisa melakukan pembayaran. Tentu dalam waktu 5 hari Anda tidak juga melakukan pembayaran maka akan masuk ke dalam tahap pending delete. 

 

Dapatkan VPS Hosting & Domain di Cloudmatika 

Nah itulah beberapa kerugian yang akan kita dapatkan ketika kita tidak segera melakukan perpanjangan VPS Hosting & Domain. Sangat fatal bukan akibat yang terjadi ketika kita tidak segera melakukan perpanjangaan. Nah agar Anda tidak lupa dalam melakukan perpanjangan VPS Hosting & domain, maka Anda dapat mempercayakan dengan Cloudmatika. Layanan penyedia hosting yang terpercaya dan berpengalaman dalam bidangnya. Dengan penggunaan data center Indonesia, Anda akan mendapatkan banyak pilihan juga. Kami  memberikan tawaran dengan harga yang lebih terjangkau, yang membuat Anda akan lebih hemat dalam biayanya. Kami  akan membantu setiap kebutuhan VPS Hosting Anda dengan sepenuh hati. Semua kebutuhan dan keperluan Anda akan terpenuhi secara mudah dengan cloudmatika. Informasi lebih lengkapnya, Anda dapat menghubungi customer service layanan kami. Percayakan kebutuhan VPS Hosting Anda hanya dengan cloudmatika. 

 

Hubungi Kami Untuk Mendapatkan Informasi & Penawaran 

Email        : sales@cloudmatika.com

Website    : www.cloudmatika.co.id

Telepon    : 021 28565201

Facebook : Cloudmatika 

Instagram : Cloudmatika

Linkedin   : Cloudmatika