Menghentikan Serangan Cyber: 4 Alasan Mengapa Perusahaan Harus Memikirkan Kembali Strategi Backup Mereka

By 18 January, 2022

Mempersiapkan backup merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan perusahaan. Hal ini membantu menjaga data penting, dan mengurangi kemungkinan data rusak atau dicuri. Berikut adalah 4 alasan memperbaiki strategi backup, bagi perusahaan yang tidak menyadari pentingnya perbaikan itu.

Data benar-benar merupakan sumber kehidupan bisnis modern. Tak perlu dikatakan, ini membuat cadangan menjadi bagian penting dari langkah-langkah keamanan perusahaan. Dengan meningkatnya ketergantungan pada data, semakin banyak organisasi telah menyadari pentingnya dan sekarang memiliki beberapa bentuk sistem cadangan.

Namun, apakah Anda yakin bahwa strategi cadangan perusahaan atau departemen Anda sudah cukup? Sayangnya, banyak strategi pencadangan data perusahaan belum mencapai tingkat “benar-benar andal” dan tidak mampu menghadapi semua risiko dan tantangan saat ini.

Pada artikel ini, kita akan melihat empat alasan mengapa perusahaan mungkin perlu memikirkan kembali strategi cadangan mereka sekarang.
 

  • 1. Risiko bencana data meningkat setiap tahun.

Perusahaan menghadapi risiko kehilangan data yang semakin besar. Untuk insiden data "normal" yang dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari, opsi pencadangan normal mungkin sudah cukup. Namun, langkah-langkah tersebut tidak akan cukup untuk menghadapi ancaman yang lebih besar, seperti bencana alam, pencurian, atau serangan dunia maya.

Di Jepang, yang rentan terhadap bencana alam, seperti gempa bumi, angin topan, kebakaran, dan banjir, kehilangan data untuk peristiwa yang tidak terduga seperti itu adalah kemungkinan yang pasti. Jika insiden data besar terjadi, itu dapat berdampak buruk pada bisnis Anda. Untuk perlindungan terbaik, setiap perusahaan harus mempertimbangkan untuk mengadopsi layanan pencadangan cloud.
 

  • 2. Ancaman serangan dunia maya semakin meningkat.

Sayangnya, serangan siber tidak lagi langka di dunia bisnis. Secara global, program malware baru yang tak terhitung jumlahnya terdeteksi setiap hari, dan 36% dari semua serangan siber menargetkan usaha kecil dan menengah (UKM). Menurut laporan Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo yang dirilis pada September 2021, 66% korban ransomware adalah UKM. Selain itu, 39% dari mereka yang diserang melaporkan bahwa biaya investigasi dan pemulihan melebihi 10 juta JPY. Buktinya jelas: serangan dunia maya adalah ancaman yang sangat nyata dan akan segera terjadi.


strategi backup yang baik
 

Studi kasus: Peretas mengirim email spam dari akun FBI

Tidak peduli seberapa baik Anda mengambil tindakan pencegahan, sayangnya, masih mungkin menjadi korban serangan cyber yang sudah dirancang dengan baik.

Pada 13 November 2021, peretas memperoleh akses tidak sah ke sistem email eksternal FBI (Biro Investigasi Federal Amerika Serikat), yang dianggap sebagai salah satu organisasi paling aman di dunia, dan mampu mengirim puluhan ribu email dari akun email FBI. Meskipun tidak ada malware yang dilampirkan ke email, seharusnya tidak mudah bagi peretas profesional untuk membobol sistem yang seharusnya aman.

Kejadian ini menunjukkan betapa pentingnya bagi UKM untuk melindungi diri mereka sendiri dengan backup yang aman.
 

Alasan tambahan untuk melakukan backup

Tindakan pencegahan serangan dunia maya bukan satu-satunya alasan Anda harus memiliki cadangan.
 

  • 3. Kegagalan perangkat keras tidak bisa dihindari.

Hard drive dan kaset tradisional, yang memainkan peran utama dalam pencadangan lokal banyak perusahaan, pada akhirnya akan mencapai akhir masa pakainya. Selain itu, hard drive adalah media perekaman yang sangat sensitif dan dapat dengan mudah gagal karena berbagai masalah.

Mengandalkan metode pencadangan yang berpotensi berisiko seperti itu sangat meningkatkan risiko kehilangan data. Untuk melindungi data Anda seaman mungkin, sangat penting untuk membuat lingkungan cadangan yang tidak hanya mengandalkan hard drive lokal.
 

  • 4. Kemajuan teknologi semakin cepat.

Teknologi dan tren berkembang dan berubah dengan kecepatan yang semakin cepat. Menurut sebuah studi tahun 2020 yang dilakukan oleh Dell Technologies, jumlah data yang dikelola oleh perusahaan telah meningkat sebesar 40% sejak 2018 dan sebesar 831% sejak 2016.

Manajemen data untuk perusahaan hanya akan terus meningkat secara eksponensial, dan untuk mengimbangi volume data dan kemajuan teknologi, perusahaan harus terus-menerus mengganti dan meningkatkan peralatan dan sistem mereka.

Oleh karena itu, memilih sistem cadangan yang fleksibel dan dapat diskalakan dapat sangat mengurangi waktu dan biaya keuangan untuk tetap diperbarui dan aman.

strategi backup
 

Backup harian: Penolong di saat darurat

Dalam satu studi kasus, tautan yang diklik dalam email spam menginstal perangkat lunak ransomware di komputer kantor. Segera, file perusahaan di server mereka dienkripsi dan tidak dapat diakses.

Penjahat dunia maya menuntut sejumlah besar uang dari perusahaan untuk mendapatkan kembali akses ke file. Namun, bahkan jika uang tebusan harus dibayarkan, tidak ada jaminan bahwa file tersebut benar-benar tidak terenkripsi.

Oleh karena itu, perusahaan menghubungi penyedia layanan pencadangan cloud mereka dan menanyakan apakah mereka dapat membantu. Untungnya, penyedia layanan pencadangan cloud berhasil memulihkan semua data, dan uang tebusan tidak dibayarkan.
 

Bagaimana menanggapi serangan cyber?

Jika komputer atau perusahaan Anda menjadi korban malware atau serangan ransomware, langkah pertama adalah menangguhkan program pencadangan reguler Anda. Jika Anda terus mencadangkan data Anda seperti biasa setelah infeksi, ada risiko file pra-serangan akan ditimpa oleh file yang terinfeksi atau terenkripsi.

Jika Anda telah mencadangkan untuk waktu yang lama, Anda akan membuat banyak salinan data Anda, yang masing-masing akan meningkatkan peluang keberhasilan memulihkan file Anda.

Sangat penting bagi Anda untuk bertindak sekarang untuk melindungi perusahaan dan data Anda dari ancaman dunia maya yang terus berkembang.


cloudmatika cloud backup

Cloudmatika Cloud Backup


Mengenai empat risiko yang dibahas sejauh ini, backup cloud adalah cara paling efektif untuk melindungi data dan perusahaan Anda. Bagi banyak perusahaan, ada kebutuhan mendesak untuk meninjau dan memperbarui strategi cadangan mereka.

Kami sangat menyarankan Anda mempertimbangkan Cloudmatika Cloud Backup untuk solusi pencadangan yang lengkap dan andal.

Cloudmatika Cloud Backup adalah solusi paling ampuh untuk melindungi data perusahaan Anda dari bencana alam, kegagalan perangkat keras, dan serangan dunia maya.

Tanpa pengetahuan teknis yang diperlukan atau instalasi yang rumit, layanan dapat dengan mudah diatur dalam lima menit dan siap untuk pemulihan data berdasarkan file per file.

Harga rendah Rp. 175.000/bulan (kontrak dua tahun) mencakup kapasitas 200 GB untuk satu PC dan hingga tiga perangkat seluler.

harga cloud backup


Untuk merasakan manfaat pencadangan berbasis cloud, silakan hubungi kami di bawah ini untuk uji coba gratis layanan Cloudmatika Cloud Backup dari Cloudmatika.co.id.

Lindungi data perusahaan dari awal dengan keamanan tingkat lanjut