11 Sep

Microsoft Exchange 2010 End Of Life, Zimbra Sebagai Pilihan Terbaik Email dan Kolaborasi Perusahaan Anda!

Hi Cloud Users! Microsoft Exchange 2010 adalah salah satu aplikasi enterprise email server yang paling banyak digunakan di Indonesia. IT Department yang bertanggung jawab terhadap manajemen Exchange 2010 saat ini menghadapi tantangan besar. Hanya dalam beberapa bulan, pada Januari 2020, Exchange 2010 akan secara resmi menjadi EOL atau “End Of Life” dan Microsoft akan berhenti melakukan support terkait layanan tersebut.

Informasi tersebut telah di release secara resmi pada official website Microsoft yang dapat dikunjungi melalui link berikut:
https://docs.microsoft.com/en-us/office365/enterprise/exchange-2010-end-of-support

Umumnya, setelah informasi tersebut di release orang-orang yakin mereka hanya memiliki 2 pilihan, yaitu: Upgrade ke Exchange 2016 atau melakukan migrasi ke Office 365. Tetapi kedua opsi tersebut akan menghabiskan biaya yang sangat mahal. Selain itu, setiap perusahaan yang menganggap serius perlindungan data perusahaan & pelanggan mereka tidak akan nyaman untuk memindahkan semua email mereka ke perusahaan asing dengan server yang berada di luar Indonesia (pusat data Office 365 terdekat adalah di Singapura, sedangkan di Indonesia tidak tersedia).

Namun, kami akan memberikan kabar baik dan memberikan pilihan lain sebagai solusi email server untuk perusahaan Anda! Selain dari ke dua opsi di atas, Anda juga dapat menggunakan layanan Zimbra Email. Perusahaan besar, UKM, pemerintah, universitas, dan lainnya di seluruh dunia telah menggunakan Zimbra untuk email server mereka. Dengan menggunakan Zimbra Email, total biaya yang dikeluarkan jauh lebih rendah dan fitur yang didapatkan lebih baik dibandingkan dengan Exchange. Sebagai contohnya pemerintah India yang telah menggunakan Zimbra lebih dari 1 juta pengguna.

Zimbra merupakan produk Synacor yang dimiliki oleh VMware. Sehingga dalam hal kepercayaan dan keandalan tidak perlu di ragukan lagi.

Banyak organisasi dan perusahaan yang menggunakan Outlook sebagai email klien dan membuka Outlook setelah tiba dikantor. Hal itu merupakan sebuah budaya kerja yang saat ini terjadi di Indonesia. Tampilan Zimbra yang user friendly memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan Zimbra melalui browser sama seperti halnya menggunakan Gmail.

Namun, untuk semua pengguna yang sudah biasa menggunakan Outlook, Zimbra memiliki MAPI yang berfungsi untuk mengintegrasikan dengan Outlook sebagai email dan kolaborasi yang memiliki fitur sama seperti server Exchange. Ini membuat transisi dari Exchange ke Zimbra sangat mudah digunakan oleh pengguna, sehingga tidak ada perubahan signifikatan dalam proses penggunaan email.

Yang menjadi pertimbangan department IT ketika ingin melakukan perpindahan ke system yang baru adalah proses migrasinya. Tetapi dengan Zimbra, proses migrasi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan alat yang tersedia dan dilakukan oleh tenaga yang professional untuk melakukan migrasi konten server Exchange Online ke Zimbra. Untuk proses migrasi dengan jumlah pengguna puluhan ribu atau lebih biasanya proses migrasi hanya dilakukan selama ahkir pekan. Integrasi Zimbra dengan Active Directory / LDAP termasuk dengan provisioning secara otomatis merupakan fitur tambahan untuk membuat proses & pengelolaan migrasi sehalus mungkin.

Di Cloudmatika, kami memiliki berbagai pilihan Zimbra yang sesuai dengan kebutuhan semua jenis Perusahaan besar. Kami menyediakan Software as a Service (SaaS) Zimbra yang di-host sepenuhnya dan memiliki cara kerja yang sama seperti Office 365 yang memiliki biaya berlangganan hanya dengan harga per mailbox. Perbedaan biaya antara Office 365 dengan layanan Zimbra kami yaitu, layanan kami mulai dari Rp 10.000/mailbox/bulan, sedangkan Office 365 atau Exchange Online mulai dari Rp 50.000/mailbox/bulan. Untuk beberapa perusahaan yang menginginkan layanan private, kami menyediakan server/cluster Zimbra yang dikelola sepenuhnya oleh tim kami dengan biaya bulanan yang kecil dan tidak memerlukan investasi/CAPEX.

Berikut ini contoh simulasi harga dari suatu perusahaan dengan 1000 mailbox:

Office 365/Exchange Online: 1000 x Rp 60.000 = Rp 60.000.000/Bulan

Cloudmatika Zimbra               : 1000 x Rp 10.000 = Rp 10.000.000/Bulan

Jika perusahaan memiliki kebutuhan lainnya termasuk konferensi online (Seperti Webex atau Skype untuk Bisinis ), biaya untuk edisi Zimbra tertinggi dengan semua fitur tersebut hanya Rp 25.000/mailbox/bulan, kurang dari setengah harga Office 365. Kami percaya apabila perusahaan Anda menggunakan Zimbra, maka perusahaan Anda dapat melakukan penghematan hingga Rp 50.000.000 per bulan. Sehingga dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif. Server Zimbra Cloudmatika berada di Indonesia sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap privasi dan perlindungan data Anda. Jika suatu perusahaan juga bermaksud untuk memindahkan file server fisik mereka ke sistem seperti Dropbox kolaboratif yang lebih modern, kami memiliki layanan Cloudmatika Filebox yang merupakan tambahan fitur yang sempurna untuk email anda.

Untuk perusahaan yang tetap harus menggunakan Exchange dan melakukan upgrade ke Exchange 2016, Cloudmatika menawarkan opsi untuk melakukan migrasi server Anda ke Cloud kami sebagai bagian dari proses peningkatan. Apabila perusahaan Anda ingin meningkatkan efisiensi Exchange Anda, maka dapat memindahkan on-premise Exchange ke infrastruktur Cloud kami, dan kami dapat menyediakan site-resiliency antara data center kami di Jakarta dan Cikarang. Keuntungan lainnya apabila Anda menggunakan Cloud kami terdapat pilihan untuk menggunakan model Lisensi SPLA, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk membeli lisensi, namun Anda hanya perlu mengeluarkan biaya bulanan yang kecil per pengguna dibandigkan untuk membeli lisensi daripada membeli lisensi dan mengeluarkan biaya yang banyak. Semua produk Microsoft dapat dilisensikan dengan biaya bulanan yang rendah ketika berjalan di Infrastruktur Cloud kami.

Hubungi tim Cloudmatika untuk mendapatkan rekomendasi dari tim kami mengenai proses migrasi ke Zimbra dan menggunakan cloud server Cloudmatika untuk Microsoft Exchange. Apabila anda belum pernah menggunakan layanan Zimbra, kami menawarkan uji coba layanan secara gratis.

Informasi EOL resmi dari Microsoft: https://docs.microsoft.com/en-us/office365/enterprise/exchange-2010-end-of-support

Share this

Leave a reply