02 Jul

2 Rumah Sakit Di Indonesia Lumpuh Akibat Ancaman Ransomware, Jangan Abaikan Serangan Oleh Ransomware

Berbagai serangan cyber baik  terhadap individu & bisnis  pada zaman modern ini merupakan sebuah bentuk  kejahatan serius. Pada  beberapa tahun terakhir ada beberapa  hal  terburuk yang  terjadi salah satunya  serangan ransomware.

Masih hangat dalam ingatan kita, serangan ransomware WannaCrypt atau WannaCry sempat membuat heboh masyarakat dunia, tak ketinggalan Indonesia. Bagaimana tidak, WannaCry sampai membuat salah satu perusahaan otomotif ternama di Indonesia  sampai menghentikan produksi di salah satu fasilitas produksinya selama sehari.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara kala itu mengatakan bahwa ada ribuan alamat IP di Indonesia yang terjangkit WannaCry. Salah satu contoh nyata yang mencuat ke publik adalah dua rumah sakit di wilayah Jakarta disebut kena serangan ransomware ini. Serangan Wanna Cry ini membuat pelayanan kedua rumah sakit tersendat.

Berdasarkan  laporan  Symantec, sejak tahun 2013  jumlah infeksi ransomware terus   meningkat setiap tahunnya. Sementara serangan terhadap pengguna individu telah menurun sejak 2018, tetapi terjadi hasil  yang mengejutkan justru disektor perusahaan terdapat kenaikan hingga  12%. Oleh karena itu Cloudmatika akan membagikan beberapa informasi mengenai modete pencegahan ransomware.

Perusahaan-Perusahaan besar kehilangan hingga  50 Juta USD  akibat Ransomware

Penyerang ransomware cenderung menargetkan perusahaan. Dikarenakan suatu perusahaan cenderung membayar tebusan yang lebih tinggi agar tidak kehilangan data- data mereka. Perusahaan yang menjadi korban baru-baru ini adalah pabrikan aluminium di Norwegia, Norsk Hydro. Pada bulan Maret tahun ini Mereka mengalami serangan ransomware yang mengakibatkan lumpuhnya jaringan komputer. Hasilnya ? mereka mengalami  kerugian luar biasa sebanyak  50 Juta USD.  


Apa Yang Terjadi Selama Infeksi Ransomware?

Saat infeksi ransomware terjadi, semua karyawan tidak dapat mengoperasikan komputer perusahaan, termasuk membuka file dan folder.Sebagai gantinya, akan ada sebuah pesan yang menuntut tebusan hingga dibayar, sehinga  semua akses untuk pekerjaan akan ditangguhkan.Namun, kemungkinan yang paling meresahkan adalah bahwa data anda tidak akan dipulihkan bahkan setelah tebusan dibayarkan.Tidak ada jaminan bahwa penyerang akan melakukan apa yang mereka katakan. Bahkan, sering ada kasus di mana data tidak dipulihkan bahkan setelah membayar sejumlah uang yang lumayan.Untuk perusahaan kecil dan menengah, kehilangan data  dapat merusak  kelangsungan bisnis mereka.

Layanan Baru Pencegahan Penyerang Mengakses Data


Karena ancaman ransomware telah berkembang, banyak layanan baru mulai menawarkan perlindungan terhadap pembajakan data.Fitur-fiturnya cenderung mencakup pemantauan log akses, firewall yang memblokir aktivitas yang  mencurigakan, deteksi kerentanan OS, dan perlindungan tambahan virtual tanpa biaya tambahan. Siapkan diri & perusahaan Anda  terhadap kerusakan yang berpotensi tidak dapat dipulihkan dengan  mempertimbangkan alat anti-ransomware ini.

Bersiap Dengan Segala Kemungkinan Yang Terjadi Dan Cadangkan Data Anda Ke Cloud  


Sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan dan melindungi terhadap segala kemungkinan yang disebabkan  serangan ransomware, dan sadari pentinganya untuk membackup data setiap hari. Jika serangan ransomware terjadi, memiliki cadangan data ada kemungkianan  antara tetap bertahan dan gagal. Jika penyerang menahan sandera data anda, anda tidak perlu membayar uang tebusan dikarenakan ada telah menyimpan data di tempat lain. Operasi dapat dilanjutkan segera dengan menggunakan data yang telah  dicadangkan di cloud anda.

Ketika anda mempertimbangkan layanan perlindungan ransomware, cloud adalah solusi paling aman karena penyimpanan data dilakukan di server eksternal. Cloudmatika  merupakan layanan yang dilengkapi sepenuhnya dengan Perlindungan Aktif, teknologi kecerdasan buatan (AI) yang melindungi  data dari serangan ransomware. Jika ada masalah, pemulihan data dapat diselesaikan hanya dalam beberapa menit.

Dapatkan Layanan Terbaik Cloud Di https://www.cloudmatika.co.id/

Share this

Leave a reply