10 Okt

Ini Dia Perbedaan Antara cPanel dengan Plesk. Mana yang Anda Pilih?

Hi Cloud Users,
Kali ini, Cloudmatika ingin memberikan info mengenai perbedaan antara kedua Control Panel yang sering digunakan di Indonesia, yaitu cPanel & Plesk. Masih banyak user di Indonesia yang masih belum tahu perbedaan antara keduanya itu.
Sebelumnya, buat Cloud Users yang belum tahu apa itu cPanel & Plesk, berikut ini pengertian cPanel & Plesk

cPanel/Plesk merupakan sebuah control panel web hosting yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. cPanel/Plesk dibuat untuk memudahkan pengguna atau pengelola hosting atau situs web dalam membuat, menginstall, dan memanajemen database, aplikasi, ataupun script.

Lalu Control panel itu untuk apa?
Control Panel digunakan untuk mengelola website yang ada di dalam server atau hosting. Dengan control panel, kita bisa melihat statistik, menginstall ataupun menghapus website, mengelola email, dan masih banyak lagi, yang pastinya berhubungan dengan pengelolaan website yang dimiliki.

Berikut ini beberapa perbedaan dan kelebihan cPanel dengan Plesk:

  • User Interface / Antarmuka Pengguna

    Secara tampilan, plesk memiliki tampilan yang bersih dan terpusat, sehingga lebih mudah digunakan dan memiliki fungsi dan tools yang terpusat, seperti pada instalasi aplikasi.
    Pada cPanel, untuk yang tidak terbiasa akan merasa sulit dalam memanage cPanel. Akan tetapi, jika sudah terbiasa maka cPanel akan mudah digunakan.

 

  • Tools dan Installer

    Secara tools, Plesk dan cPanel sama-sama memiliki banyak sekali tools yang berfunsi untuk melihat statistik, mengelola email, database, dan yang lainnya.
    Untuk installer, Plesk memiliki fitur otomatis install aplikasi atau CMS yang sudah diberikan secara terpusat.
    Berbeda dengan cPanel, yang biasanya menggunakan softacolus untuk otomatis install aplikasi atau CMS dan harus memiliki softacolus license untuk mengaktifkannya. Namun biasanya, penyedia memberikan cPanel yang sudah include dengan softacolus. Jadi tidak lagi memerlukan softacolus license untuk menggunakan otomatis install aplikasi atau CMS di cPanel.

 

  • Akses User

    Plesk memiliki satu login untuk administrator dan pengguna. Jadi dengan Plesk Control Panel, kemudahan membuat e-mail dan subdomain akan lebih terasa. Panel Admin di Plesk terlihat lebih professional.
    Pada cPanel, terdapat Web Host Manager (WHM) yang dapat mempermudah dalam pembuatan user dan memisahkan login dan hak akses dari masing-masing user.

 

  • OS Support

    Plesk dapat dijalankan di Sistem Operasi Linux ataupun Windows. Sedangkan cPanel, hanya berjalan pada CentOS, RedHat dan CloudLinux dan tidak bisa dijalankan pada OS Windows.

 

  • Menghapus Panel

    Menghapus cPanel tidak memungkinkan. Hal ini membutuhkan memformat server dan menginstal ulang sistem operasi.
    Plesk dapat dilakukan penghapusan dengan menjalankan script uninstall yang tersedia untuk Plesk tapi itu tidak dianjurkan.

 

  • Migrasi

    Kedua control panel ini, cPanel dan Plesk Control Panel memiliki kemudahan migrasi yang sama. Tapi tentu migrasi ini biasanya berlaku untuk control panel yang sejenis. Missal :
    cPanel ke cPanel dan atau Plesk ke Plesk.
    Migrasi antar control panel juga mungkin terjadi, tapi tentu tidak semudah migrasi dengan control panel yang sama.

 

  • Permintaan Dukungan

    Plesk memiliki dukungan formulir permintaan yang cukup rinci yang membutuhkan informasi yang lebih luas termasuk produk, versi produk, versi OS, lingkungan kerja dan masalah.
    Dalam cPanel terdapat akses ke layanan dukungan dari host Web Anda melalui email dengan cara memasukkan nama, alamat email Anda dan masalah.

 

Jadi, sekarang Cloud Users tidak perlu ragu lagi memilih Control Panel mana yang cocok. Kedua Control Panel tersebut merupakan control panel yang paling sering digunakan oleh users di Indonesia. Dengan melihat beberapa perbedaan dan kelebihan masing-masing Control Panel diatas, diharapkan Cloud Users tidak salah memilih control panel untuk diinstall di server Anda. Seperti dalam kasus menggunakan ASP.NET, maka control panel yang kompatibel yaitu Plesk, karena OS yang digunakan adalah Windows.

Kami juga menyediakan VPS+Plesk yang tidak perlu dilakukan instalasi secara manual, yang dapat Anda lihat disini:
Cloud VPS Indonesia + Plesk

Bagi Cloud Users yang ingin memanage cPanel pada Cloud kami, kami juga memiliki layanan untuk cPanel tersebut. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi mengenai cPanel:
https://www.cloudmatika.co.id/contact/

Share this

Comments (2)

hosting corporate
Januari 5, 2018 Reply

menarik sekali informasinya gan

biks
November 11, 2018 Reply

Yg cpanel baru belajar makek.. eh ada lagi yg namanya plesk.. kira2 lbih aman yg mana ya?

Leave a reply